14 Tanda HP Kamu Disadap, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Mengetahui HP Kamu Telah Disadap Orang Lain

14 Tanda HP Kamu Disadap, Bagaimana Cara Mengatasinya? | foldertips.com – Penyadapan HP adalah pemantauan percakapan telepon dan komunikasi via internet yang dilakukan oleh pihak ketiga ataupun lawan bicara dengan cara rahasia.

Dengan teknologi ini, artinya percakapan telepon dan data internet dapat direkam dan dipantau secara tidak resmi tanpa sepengetahuan pihak yang disadap ataupun direkam oleh salah satu pihak yang melakukan penggilan telepon.

Penyadapan telepon sebenarnya dikontrol secara ketat dan pada umumnya dilarang dengan alasan privasi. Namun bisa juga dilegalkan untuk alasan tertentu sesuai dengan hukum yang berlaku di negara yang bersangkutan (wikipedia).

Ada 2 jenis metode penyadapan HP yang biasa dilakukan, yaitu..

#1. Menggunakan Alat Sadap Berdasarkan Frekuensi Telepon.

alat penyadap telpon
ATIS Gueher Gmbh

Alat sadap ini bernama ATIS Gueher Gmbh, dibuat oleh Jerman. Alat seharga Rp 1-4 Milyar ini tidak dijual bebas, biasanya hanya dimiliki oleh lembaga antikorupsi.

#2. Penyadapan Menggunakan Aplikasi (Software) Yang Diinstall di HP

Penyadapan menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah dan murah. Banyak aplikasi sadap yang beredar di internet mulai dari yang premium hingga yang gratisan.

Contohnya : SpyHuman atau PhoneBackup

Tapi kelemahan, kamu harus memasang aplikasi ini langsung ke HP target, tidak bisa jarak jauh.

Langkah-langkahnya biasanya :

Meminjam HP target » Install Software Penyadap » Pengaturan Software Penyadap » Masuk ke Admin Software Penyadap untuk memantau data hasil sadapan.

Apa saja tanda-tandanya jika ponsel kamu disadap?

Sebelum mengetahui hal tersebut, sebaiknya ketahui dulu sejarah penyadapan telepon.

Sejarah Awal Penyadapan Telepon

Penyadapan telepon mulai dilakukan oleh lembaga penegak hukum sejak ditemukannya alat perekam percakapan telepon pada tahun 1890-an melalui penyadapan saluran telepon.

Pada awalnya, komunikasi suara jarak jauh dilakukan secara eksklusif oleh sistem “pertukaran-sirkuit”. Pertukaran percakapan telepon akan menghubungkan kawat untuk membentuk sirkuit berkesinambungan dan memutuskan kawat ketika panggilan berakhir.

Sementara layanan telepon lainnya seperti penerus panggilan dan penjawab pesan ditangani oleh operator manusia.

Hingga akhirnya pada tahun 1965, Bell Labs mengembangkan sistem komunikasi telepon terkomputerisasi pertama, yang menggantikan teknik penyadapan standar.

Di Amerika Serikat, penyadapan telepon telah dilakukan di bawah perintah beberapa Presiden, terkadang juga disertai dengan surat perintah Mahkamah Agung.

Pada tanggal 19 Oktober 1963, Jaksa Agung Robert F. Kennedy, yang menjabat di bawah pemerintahan John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson, memberi kewenangan pada FBI untuk menyadap komunikasi dari Martin Luther King, Jr.

Pada tahun 1970-an, serat optik menjadi media baru alat telekomunikasi. Garis-garis serat optik yang panjang, tipis, dan bisa mentransmisikan sinyal melalui sinar laser, dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan radio, dan biayanya juga lebih murah.

Dari tahun 1990 hingga saat ini, sebagian besar komunikasi antar lokasi dilakukan melalui serat optik. Penyadapan telepon pertama kali dilakukan melalui kawat – secara fisik disisipkan melalui saluran antara operator dan pengguna telepon – yang membawa sinyal menuju alat pendengar dan perekam.

Penyadapan telepon baru-baru ini dipasang di tempat saluran penyadap yang menangani percakapan yang masuk. Wikipedia.

Nah sekarang sudah tahu kan metode penyadapan HP dan sejarahnya..

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah HP kamu disadap orang lain?

Ketahui tanda-tandanya berikut ini..

Cara Mengetahui HP Kamu Telah Disadap Orang Lain

Cara Mengetahui HP Kamu Telah Disadap Orang Lain

Seperti sudah saya bahas sebelumnya, metode penyadapan itu ada 2 cara, maka tanda-tandanya pun berbeda.

#1. Tanda HP Disadap Dengan Frekuensi Telepon

Kalau kamu bukan orang penting, mungkin kamu tidak akan mengalami hal ini, karena metode ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

Tapi gapapa kita bahas saja untuk menambah wawasan..

Jika smartphone kamu disadap dengan metode frekuensi telepon, maka :

  • Ada suara berdengung panjang, suara lawan bicara seperti berada di lorong yang bergema.
  • Bila kamu menelepon ke nomor-nomor tertentu akan putus setiap beberapa menit, padahal tidak sedang di luar kota.
  • Terdapat delay waktu penyampaian SMS, bahkan cukup banyak SMS tak sampai. Namun kedua soal ini bisa juga diakibatkan karena buruknya layanan operator.
  • Sulit sekali menelepon ke nomor-nomor tertentu. Bahkan saat jika nomor yang akan ditelepon berada di samping kita secara fisik dan bisa dilihat HP-nya baik-baik saja (sinyal penuh dan tidak sedang menerima panggilan lain).
  • Ada suara aneh semacam “cklik” atau “nut” sesaat sebelum nada sambung (atau NSP) berbunyi.
  • Sering ada suara lain semacam induksi ala PSTN saat menelepon dari HP ke sesama nomor HP. Pertanyaannya, apakah induksi bisa terjadi pada telepon seluler yang nirkabel?
  • Kemudian bisa terjadi pada saat menelepon seseorang malah tersambung ke nomor orang lain.

Itulah tanda-tanda kalau HP kamu disadap dengan teknologi frekuensi telepon dari jarak jauh.

#2. Tanda HP Disadap Dengan Aplikasi (Software)

Berbeda dengan tanda-tanda jika HP disadap melalui aplikasi, akan lebih mudah untuk mengetahuinya.

Apa saja tanda-tandanya?

Simak ulasan berikut ini..

  • Jika baterai HP kamu lebih boros dari biasanya padahal jarang digunakan, kamu patut curiga. Karena cara kerja aplikasi penyadap smartphone bekerja dengan mengirim informasi ke server aplikasi penyadap secara terus menerus. Hal ini menyebabkan baterai smartphone kamu jadi lebih boros.
  • Selain itu, kamu patut waspada apabila paket internet atau kuota kamu lebih cepat habis dari biasanya. Padahal pemakaian kamu normal-normal aja. Ini terjadi karena aplikasi penyadap membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data informasi hasil sadapannya ke server aplikasi penyadap.
  • HP kamu terasa lebih lemot dari biasanya. Hal ini diakibatkan dari point 1 dan 2 di atas.
  • Coba perhatikan, jika kamu tidak sedang menggunakan smartphone kamu beberapa saat, HP kamu terasa panas. Ini terjadi karena 3 point di atas tadi. Smartphone sedang bekerja untuk melakukan proses penyadapan.
  • Saat digunakan untuk menelepon orang lain, kamu mendengar bermacam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa berubah-ubah sendiri.
  • Bila terdengar bunyi yang tak wajar dari ponsel saat sedang tak digunakan, kemungkinan HP kamu sedang bekerja, berfungsi sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya.
  • Saat HP digunakan berkomunikasi, biasanya ponsel tiba-tiba mati, sinyal tiba-tiba turun atau suaranya mendengung.

Itulah beberapa tanda yang bisa kamu ketahui jika HP atau smartphone kamu telah disadap orang lain menggunakan software.


Status Hukum Penyadapan Handphone

Penyadapan telepon secara resmi dikontrol secara ketat di kebanyakan negara untuk menjaga privasi, kebanyakan di negara-negara berkembang.

Secara teori, penyadapan telepon umumnya memerlukan persetujuan pengadilan dan biasanya hanya disetujui jika penyadapan tersebut bertujuan untuk mendeteksi tindakan kriminal atau kegiatan subversif yang menghalangi penegakan hukum.

Penyadapan telepon yang ilegal atau tidak sah dianggap sebagai tindak pidana.

Namun, di beberapa negara, seperti Jerman, pengadilan akan menyetujui penyadapan ilegal tanpa persetujuan pihak lain, meskipun pihak yang disadap juga bisa mengajukan tuntutan.

Di Amerika Serikat, di bawah Undang-undang Pengawasan Intelijen Asing, badan-badan intelijen federal bisa mendapatkan persetujuan untuk melakukan penyadapan dari Pengadilan Pengawasan Intelijen Asing Amerika Serikat, atau dalam keadaan tertentu bisa juga disetujui oleh Kejaksaan Agung tanpa persetujuan pengadilan. (wikipedia)

Tips Jika Kamu Curiga Telah Disadap Orang Lain

Jika kamu curiga bahwa HP kamu telah disadap orang lain, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah :

#1. Chat Dengan Secret Chat Telegram

Saya sudah mencoba berbagai aplikasi sadap baik yang gratis maupun berbayar, tapi tidak ada yang bisa menyadap Telegram jika menggunakan fitur Secret Chat.

Aplikasi sadap tetap bisa mengetahui bahwa kamu sedang mengirim atau menerima chat dari Telegram, tapi tidak bisa membaca apa isi dari percakapan Telegram kamu. 

Aplikasi spy hanya akan membaca “You have a new message..”

#2. Backup Data Penting Dan Lakukan Factory Reset

Aplikasi sadap memiliki keamanan tersendiri yang mencegah korban untuk menemukan dan menghapus aplikasi tersebut. Mulai dari menyembuhkan icon atau membuat nama aplikasi mereka seolah-olah aplikasi sistem yang membuat korban tidak curiga, seperti misalnya “System Secure”

Bahkan seperti aplikasi SpyHuman, sama sekali tidak bisa di-uninstall kecuali kamu tahu kode rahasia yang hanya dimiliki oleh si penyadap.

Jadi..

Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan aplikasi sadap yang ditanam pada smartphone kamu adalah dengan melakukan factory reset. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk membackup data-data penting kamu. 

Demikian artikel 14 Tanda HP Kamu Disadap, Bagaimana Cara Mengatasinya?.

Semoga bermanfaat..!

About Admin 113 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

4 Comments

Tinggalkan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! Jika masalah kamu terpecahkan atau punya pengalaman berbeda, tinggalkan jejak agar dapat membantu pengunjung lain.


*