Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI

Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI

Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI | foldertips.com – Setelah lama dihantui rasa penasaran dengan fitur Second Space MiUI 8 milik Xiaomi ini, akhirnya sekarang bisa juga mencicipi bagaimana rasanya menggunakan fitur Second Space ini.

Tentu setelah harus bersabar menunggu harga Xiaomi MiC 4 turun dulu.. Hehehe..

Apa Itu Second Space Pada MiUI?

Second Space adalah salah satu fitur keren dari MiUI 8 milik Xiaomi. Dengan Second space, kamu bisa melakukan dua setup yang berbeda namun pada satu smartphone yang sama.

Jadi serasa menggunakan dua handphone pada perangkat smartphone yang sama.

Kalau belum paham juga, fitur ini mirip seperti User Account pada Windows. Ada user administrator dan user biasa. Nah, setiap user bisa memiliki pengaturan, tampilan dan aplikasi yang berbeda tergantung dari keinginan si pengguna masing-masing.

Hal ini sebenarnya mirip dengan Android Versi 5.0 (Lollipop) ke atas dimana telah memperkenalkan fitur “Users”  untuk membuat akun lain dalam satu smartphone yang sama.

Tapi apakah “Second Space” yang ditawarkan MIUI 8 sama dengan fitur “Users” pada Android 5.0?

It’s totally different..!!

Di Android system, kita bisa membuat akun dan mengkustomisasinya dengan theme, fonts, background dan wallpaper yang berbeda. Namun semua akun masih bisa mengakses semua aplikasi, data dan foto-foto pada akun yang lain. Artinya tidak ada security dan privacy pada sistem ini.

Berbeda dengan “Second Space”, kita benar-benar hampir seperti memiliki handphone lain pada smartphone yang sama. Di Second Space, kita bisa login dengan MI account yang berbeda, Google account atau account apapun yang berbeda dengan “Space” lain.

Dan masing-masing akun tidak bisa mengakses data pada Space lainnya. Termasuk foto dan aplikasi.

Kereenn abiis.. !!

Fitur Second Space ini bekerja seperti aplikasi Virtual Dekstop pada Windows. Ada Windows di dalam Windows.

Diagram yang dibuat oleh GR33dyBlackie ini mengilustrasikan bagaimana Second Space bekerja. Anggap total memory adalah 1.5GB, sebelum mengaktifkan Second Space, dibutuhkan sekitar 700 sampai 800 MB untuk MiUI ROM. Sisa sekitar 400 s.d 600 MB jika hanya menggunakan satu Space saja.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

 

Setelah Second Space diaktifkan, sistem memory pada MiUI akan saling berbagi dan menjaga keseimbangan penggunaan RAM agar sistem tetap bisa berjalan dengan lancar (perlu ingat bahwa RAM dan sisa memori tetap dan tidak bisa bertambah).

Sehingga RAM yang tersedia pada Space 1 yang tadinya 600 MB akan turun menjadi sekitar 200 MB, karena 400 MB telah dialokasikan ke Space 2.

Sementara memory yang tersedia (MIUI ROM Android Based), yaitu sekitar 700MB s.d 800MB tidak berpengaruh. Karena memori yang diambil oleh Space 2 berasal dari Space 1, bukan dari sisa memori. Sehingga tidak terjadi penurunan drastis terhadap performa dari smartphone kamu.

Namun untuk mempertahankan kinerja smartphone tetap maksimal, pengembang ROM MIUI memasang batasan untuk menjalankan aplikasi yang sama misalnya WeChat di kedua Space.

Jika ada aplikasi yang sama diinstal di kedua Space, maka aplikasi tersebut akan saling berbagi area data yang sama namun tetap bisa menjaga privasi pada masing-masing Space.

Referensi from Original Post By : GR33dyBlackie.

Saat saya menuliskan artikel ini, MIUI 8 yang telah dirilis adalah versi Global 8.0.50 Stable. Namun tidak seperti yang dirumorkan sebelumnya, bahwa MIUI 8 akan menggunakan basis Android 6 atau Marshmallow.

Nyatanya smartphone Xiaomi Mi4 C yang saya dapatkan sekarang, menggunakan MiUI Global 8 Stable namun basis Androidnya masih Android 5 Lollipop.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

Update :
Ternyata ROM yang saya dapatkan adalah ROM abal-abal atau ROM distributor..

Itu perkenalan mengenai Second Space MiUI 8, selanjutnya kita bahas cara penggunaannya.


Bagaimana Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI?

Bagaimana Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI?

Untuk bisa menggunakan fitur second space ini, kamu harus mengupdate OS Xiaomi ke versi MiUI 8.

Masuk ke menu Setting » Second Space » Turn On Second Space;

Kemudian smartphonemu seakan-akan mati sebentar.. Tapi sebenarnya tidak mati. Proses seperti mati ini hanya sekali saja, nanti setelah Second Space aktif, untuk men-switch dari Space 1 ke Space 2 hanya perlu waktu sekejap saja.

Setelah memilih Turn On Second Space, kamu akan masuk ke pengaturan awal untuk Space 2.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

Atur password untuk Space 2, harus berbeda dengan password pada Space 1.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

Import foto, data atau aplikasi yang kamu inginkan, jika tidak ingin mengimport, langsung klik Next saja.

Setelah selesai, dalam sesaat kamu akan masuk ke Homescreen Space 2.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

Terlihat ada penambahan aplikasi yaitu Move data, Manage, dan Switch.

Manage

Aplikasi Manage berfungsi untuk melakukan pengaturan seperti mengganti password, menambah fitur fingerprint (bagi yang mendukung fingerprint), mengatur notifikasi, shortcut sampai menghapus space, dan banyak lagi.

Move Data

Move data berfungsi untuk memindah data dari Space 1 ke Space 2 atau sebaliknya. Di sini kita juga bisa mengatur mana saja aplikasi yang bisa dipakai di Space 1 atau Space 2 atau bahkan dikeduanya.

Harus diingat bahwa kamu harus hati-hati ketika memindahkan aplikasi terutama game dengan pengaturan » hanya untuk dipakai di Second Space saja, maka aplikasi tersebut akan kehilangan semua datanya yang berada pada Space 1.

Switch

Seperti namanya, fungsi dari Switch ini adalah untuk berpindah dari Space 1 ke Space 2 atau sebaliknya.

Bagaimana Cara Untuk Berpindah Dari Space 1 ke Space 2 Atau Sebaliknya?

Untuk berpindah antar space ada 2 (dua) cara, yaitu :

Cara Pertama :

Pada Second Space, secara default ada icon aplikasi Switch pada homescreen, namun tidak ada pada Space 1.

Aplikasi Switch ini adalah metode standar untuk berpindah antar Space jika kamu sedang berada pada Space 2. Setiap berpindah space, kamu akan dimintai password, pattern atau fingerprint untuk verifikasi.

Cara Kedua :

Cara pindah space yang kedua adalah dengan memasukkan password, pattern atau fingerprint yang telah disetting pada masing-masing Space ketika membuka handphone yang sebelumnya dalam keadaan terkunci (lock screen).

Contoh:

Space 1 passwordnya adalah abcd, sedangkan Space 2 passwordnya efgh. Jika kamu ingin membuka Space 2 ketika handphone dalam keadaan terkunci, maka kita tinggal unlock dengan kode efgh, lalu secara otomatis kita akan menuju ke Space 2. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana Cara Menghapus Second Space ?

Masuk ke Space 1, dari Setting » Second Space, kemudian klik tanda tong sampah pada pojok kanan atas.

Cara Menggunakan Fitur Second Space MiUI 8 Xiaomi

Kemudian pilih Delete, maka Second Space akan terhapus.

Demikian Cara Menggunakan Second Space Xiaomi MiUI

Share jika bermanfaat..

About Admin 148 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! Jika masalah kamu terpecahkan atau punya pengalaman berbeda, tinggalkan jejak agar dapat membantu pengunjung lain.


*