Kenali Ciri-Ciri ROM Abal-Abal Atau ROM Distributor Xiaomi Disini

Ciri-Ciri ROM Abal-Abal Atau ROM Distributor Xiaomi

Kenali Ciri-Ciri ROM Abal-Abal Atau ROM Distributor Xiaomi Disini | foldertips.com – Banyak smartphone Xiaomi yang beredar di Indonesia masih menggunakan ROM distributor atau biasa disebut ROM abal-abal, karena biasanya perangkat Xiaomi yang masuk ke Indonesia tidak lewat jalur resmi atau biasanya bergaransi Distributor.

Mengapa tidak melalui jalur resmi?

Salah satunya disebabkan karena Xiaomi harus mematuhi aturan pemerintah melalui Kemenperindag yaitu apabila vendor ponsel menjual Ponsel 4G di Indonesia harus memenuhi kandungan lokal (TKDN) sebanyak 30 %.

Jadi kalau kamu membeli smartphone Xiaomi baik secara online maupun offline bergaransi selain TAM/Erajaya & Trikom, bisa dipastikan kemungkinan besar menggunakan ROM Abal-Abal. Smartphone Xiaomi yang masuk melalui jalur non-resmi umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Mengapa Distributor menggunakan ROM Abal-Abal?

Karena smartphone Xiaomi bergaransi distributor kebanyakan memodifikasi ROM China yang kamu beli dengan alasan yang perkirakan sebagai berikut..

  • Smartphone tersebut tergolong baru (new release) dan belum mempunyai ROM Global, yaitu ROM yang mempunyai Bahasa Indonesia. Dengan alasan inilah maka Distributor memodifikasi ROM tersebut (biasanya ROM China) agar memiliki Bahasa Indonesia dan Google Play Store.
  • Distributor tidak ingin banyak refund karena MIUI ROM selalu update per minggu jika dari ROM Dev, atau sebulan sekali dari ROM Stable, maka ROM Distributor umumnya dibuat menggunakan versi yang sangat tinggi atau bahkah diluar rilisan resmi versi MIUI yang ada sehingga tidak bisa menerima update OTA dari MIUI.
  • Sebagian smartphone Xiaomi belum bisa memenuhi syarat TKDN sehingga jaringan 4G nya dikunci oleh vendor. Agar tidak banyak komplain dari pengguna awam, maka dibuatlah ROM abal-abal agar bisa mendukung jaringan 4G.

Namun tahukah kamu bahwa ROM seperti ini sangat rawan?

Selain disisipin iklan yang mengganggu, kamu juga tidak tahu apakah disisipin script untuk mengintai isi smartphone atau tidak?

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas ciri-ciri ROM Abal-Abal (ROM Distributor) Xiaomi agar setelah membeli smartphone Xiaomi, kamu bisa memastikan apakah smartphone Xiaomi-mu sudah menggunakan ROM resmi atau ROM Distributor.

Bagaimana cara mengeceknya?

Simak penjelasan berikut ini..


Ciri-Ciri ROM Abal-Abal Atau ROM Distributor Xiaomi

Ciri-Ciri ROM Abal-Abal (ROM Distributor) Xiaomi

#1. Versi ROM

ROM distributor adalah ROM yang diberikan oleh distributor, biasanya ROM ini adalah ROM China yang dioprek sedemikian rupa sehingga memiliki Google Playstore dan ada Bahasa Indonesia-nya, sehingga seolah-olah seperti ROM Global.

Ciri-ciri ROM abal-abal bisa dilihat dari versi ROM-nya. Biasanya terdiri lebih dari 4 digit angka, bahkan beberapa kasus bisa sampai 6 atau 8 digit..

Contoh : 8.0.50.0.

Untuk melihat versi ROM, masuk ke Settings » About phone;

Ciri-Ciri ROM Abal-Abal (ROM Distributor) Xiaomi
ROM Abal-Abal

Jika ROM kamu terlihat seperti di atas, ada kode CN dan lebih dari 4 digit, namun ada Google Play Store dan Bahasa Indonesianya, sudah pasti ROM kamu ROM Distributor.

Selanjutnya cek jumlah titiknya. Versi resmi bentukan miui jika diamati hanya ada 3 titik baik yang ROM Stable/Beta ataupun Developer. Jika versi Xiaomi kamu sampai 4 titik atau lebih, kamu patut curiga, kemungkinan besar itu ROM Distributor.

Untuk lebih jelasnya bisa cek ROM Xiaomi kami di en.miui.com/download.html.

#2. Aplikasi Yang Tersedia

Pada ROM distributor atau ROM abal-abal, secara pre-installed (atau sudah ada dari bawaan) terdapat aplikasi yang “ga jelas”, misalnya Clean Master, Du Battery Saver, UC News yang seharusnya tidak ada kecuali kamu install sendiri.

Anehnya lagi, aplikasi ini tidak bisa dihapus karena sudah tertanam di ROM (Read Only Memory) pada saat dilakukan flashing ROM ke Xiaomi kamu.

Ada aplikasi yang bisa saya uninstall seperti UC News, tapi beberapa saat kemudian akan muncul lagi dengan sendirinya. Selain itu sering terpasang aplikasi-aplikasi lain yang tadinya tidak ada dan tidak pernah kita install, misalnya aplikasi pemutar video versi China dan apabila di-uninstal, akan kembali lagi..

Aplikasi dari Google yang tersedia hanya Google Play Store, tidak ada Gmail, Maps, Hangouts, Play Music dan aplikasi Google lainnya. Tidak ada Google Keyboard, keyboard yang digunakan adalah aplikasi pihak ketiga seperti Kika Keyboard.

Selain itu, sering muncul pop-up atau notifikasi iklan yang sangat-sangat mengganggu.. Parahh…!

#3. Update

Namanya juga ROM abal-abal, tidak akan pernah mendapatkan push notifikasi update sama sekali meskipun berulang-ulang kamu check ketersediaan update.. 🙂

#4. Stabilitas Dan Keamanan

Apabila dilihat dari segi stabilitas dan keamanan, ROM abal-abal ini jelas sangat tidak stabil dan tidak aman. Selain tidak stabil juga sangat boros baterai, smartphone cepat panas, sering meng-install aplikasi sendiri dan sangat boros kuota.

Keamanannya sangat diragukan, banyak dijejali banyak bloatware, rentan virus, belum lagi adware yang sangat mengganggu.

Itulah kenapa terkadang sering muncul iklan saat melihat notifikasi. Bahkan parahnya, iklan tersebut juga bisa muncul di halaman Home.

Nah sudah tau kan ciri-cirinya?

Sekarang Cek ROM Xiaomi kamu jangan sampai menggunakan ROM Distributor atau ROM abal-abal..

Jika menggunakan ROM abal-abal, segera ganti dengan ROM Global atau Custom ROM. Baca panduannya pada artikel 3 Cara Flashing (Update) ROM Official Xiaomi (Semua Tipe).

Demikian artikel Kenali Ciri-Ciri ROM Abal-Abal Atau ROM Distributor Xiaomi Disini,

Semoga bermanfaat..!

About Admin 148 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

2 Comments

Tinggalkan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! Jika masalah kamu terpecahkan atau punya pengalaman berbeda, tinggalkan jejak agar dapat membantu pengunjung lain.


*