Cara Melacak Smartphone Yang Hilang Dengan Find My Device

Cara Melacak Smartphone Yang Hilang Dengan Find My Device | foldertips.com – Tidak hanya iPhone, saat ini Android juga dibekali aplikasi Find My Device yang bisa melacak keberadaan smartphone kamu apabila hilang.

Aplikasi Find My Device ini dirancang untuk membantu pemilik melacak Smartphone, Tablet, dan Smartwatch dengan Android Wear yang hilang di suatu tempat atau mengatur ulang (reset), mengunci dan menghapus data pada perangkat yang dicuri.

Sebelum menjadi Find My Device, sebenarnya fitur melacak smartphone android yang hilang ini telah ada pada versi sebelumnya, tapi namanya masih Android Device Manager.

Setelah berganti menjadi Find My Device, Google menambahkan beberapa fitur terbaru pada aplikasi pelacak smartphone ini.

Berikut adalah fitur terbaru dari Find My Device :

  • Dapat kamu manfaatkan untuk mencari lokasi smartphone android kamu saat ini atau lokasi GPS terakhir dari perangkat Android yang hilang;
  • Dapat menampilkan status baterai dan WiFi;
  • Tampilan antarmuka baru dengan sentuhan Material Design;
  • Jika perangkat Android yang hilang tersebut tidak aktif atau tidak dapat diakses, maka aplikasi akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui. Tentu saja, fitur ini sangat berguna jika ternyata kamu hanya lupa meletakkannya di mana.

Cara Melacak Smartphone Yang Hilang Dengan Find My Device

Untuk menghindari resiko kehilangan smartphone dan data penting, sebaiknya kunci layar smartphone kamu menggunakan password atau PIN. Hal ini akan mempersulit orang yang mencuri atau menemukan smartphone kamu sehingga kamu punya waktu lebih untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang tersebut.

Langkah-langkah menggunakan Find My Device :

#1. Menggunakan Smartphone Android

Pinjam HP Android temen kamu, download dan install aplikasi Find My Device pada smartphone teman kamu;

  • Login menggunakan akun Google yang kamu gunakan pada perangkat smartphone yang hilang;
  • Setelah berhasil masuk, tunggu beberapa saat. Aplikasi akan melacak lokasi terakhir perangkat yang hilang;
  • Hasilnya kamu bisa mengetahui lokasi terakhir dan apakah perangkat online atau offline, lengkap dengan informasi baterai;
  • Sekarang, kamu bisa mengetahui keberadaan perangkat kamu yang hilang tersebut.

Gunakan fitur Play Sound agar perangkat smartphone kamu mengeluarkan suara yang sangat keras, apabila diperlukan. Selain untuk menakut-nakuti si pencuri, fitur ini juga bisa dimanfaatkan siapa tau ternyata smartphone kamu hanya tercecer saja di rumah atau kost-an kamu.. 🙂

Manfaatkan fitur Enable Lock & Erase untuk mengunci otomatis smartphone dan menghapus seluruh data yang ada pada smartphone kamu.

#2. Menggunakan Browser

Buka alamat https://www.google.com/android/devicemanager;

Login dengan akun Google yang kamu gunakan pada perangkat smartphone yang hilang.

Tunggu beberapa saat sampai Google Find My Device terhubung ke smartphone kamu.

Setelah itu, pada halaman Map, kamu bisa melihat lokasi terakhir dimana smartphone kamu yang hilang tersebut.

Melalui browser, kamu juga bisa menggunakan fitur Play Sound dan Enable Lock & Erase seperti di atas.

Demikian semoga bermanfaat..