Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Xiaomi Snapdragon Non UBL

Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Xiaomi Snapdragon Non UBL

Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Xiaomi Snapdragon Non UBL | foldertips.com – Bootloop adalah suatu keadaan dimana system android kamu tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat mengakses menu utama atau Homescreen.

Ada 3 jenis bootloop pada pada perangkat smartphone, yaitu :

  • Bootloop ringan » ketika HH dinyalakan, HH dapat masuk ke Menu utama namun hang dan restart kembali;
  • Bootloop sedang » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/CWM;
  • Bootloop berat » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat mengakses menu recovery/CWM.

Yang saya bahas pada artikel kali ini adalah mengatasi bootloop semua Xiaomi dengan processor Snapdragon Qualcomm pada tingkat sedang dan berat selama smartphone Xiaomi kamu masih bisa mengakses Mode Fastboot (bukan Mode Recovery) meskipun dalam keadaan locked bootloader.

Saat melakukan uji coba flashing dan mengonta-ganti ROM pada smartphone Xiaomi, rasa khawatir saya sedikit berkurang karena ada metode mudah jika terjadi bootloop pada smartphone Xiaomi saya. Yaitu dengan menggunakan ROM Fastboot dan di-flashing menggunakan MiFlash Tools.

Jika kamu juga mengalami hal yang sama, ikuti panduan berikut ini untuk mengatasi bootloop pada smartphone Xiaomi tipe apapun.


Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Xiaomi Snapdragon Non UBL

Cara Mengatasi Bootloop Semua Tipe Xiaomi Dengan Fastboot ROM

Kondisi Bootloop » Smartphone Xiaomi Snapdragon dalam keadaan bootloop dan bootloader masih terkunci namun bisa masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol Vol Down + Power secara bersamaan.

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Pastikan baterai smartphone kamu full charged atau minimal 50%;
  • Kabel USB original;
  • Laptop Windows 32bit atau 64 bit (sebaiknya gunakan yang 64 bit jika ada).

Bahan Yang Dibutuhkan :

Jika sudah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan-bahan di atas, ikuti langkah berikut..

Install MiFlashTools,

cara instal miflashtool miui9

Klik tombol Next > hingga proses selesai sampai Close.

Jika muncul notifikasi seperti ini beberapa kali, pilih Install this driver anyway.

cara instal miflashtool miui9

Notifikasi peringatan ini muncul karena publisher dari USB driver MiFlashTools tidak dikenal oleh Windows.

Selanjutnya ekstrak dan install QDLoader HS-USB Driver,

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

klik Next hingga proses selesai.

Jika sudah selesai instalasi, sebaiknya restart dulu PC/Laptop kamu.

Setelah itu..

Jalankan MiFlashTools dengan cara buka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe.

Berikut ini tampilan aplikasinya..

cara instal miflashtool miui9

Sambungkan perangkat Xiaomi ke laptop menggunakan kabel USB Original.

Matikan smartphone, masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Vol Down + Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Buka folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery

Untuk memastikan bahwa Xiaomi kamu terkoneksi dengan mode Fastboot, ketik perintah..

fastboot devices

langkah pemasangan twrp

Jika terdapat angka dan huruf beberapa digit, artinya Xiaomi kamu berhasil berada pada mode Fastboot.

Kembali ke MiFlash Tools, klik Refresh.

Jika smartphone Xiaomi kamu terdeteksi oleh MiFlash, akan muncul kombinasi angka dan huruf..

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Jika tidak terdeteksi jangan dilanjut, kemungkinan drivers belum terinstall dengan benar.

Jika sudah terdeteksi, lanjut ke langkah berikutnya.

Kembali ke Command Prompt, ketik perintah..

fastboot oem edl

mode edl mi4c

Dalam sesaat, layar smartphone kamu akan mati dan biasanya ditandai dengan notifikasi lampu warna merah berkedip-kedip. Jangan khawatir, smartphone kamu berada dalam mode EDL..

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan bahwa driver Qualcom HS-USB QDLoader telah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.

mode edl mi4c

Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna. Jangan lanjutkan prosesnya, install kembali Driver HS-USB QDLoader kemudian restart PC/Laptop kamu.

Jika driver Driver HS-USB QDLoader sudah terpasang dengan benar, kembali ke MiFlash Tools.

Klik Refresh,

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Maka smartphone Xiaomi kamu akan terdeteksi sebagai COMx (tergantung dari PC/Laptop kamu, bisa jadi COM5, COM10, dll).

Selanjutnya, klik select dan arahkan ke folder dimana kamu meletakkan hasil ekstrak dari Fastboot ROM yang telah kamu unduh pada bahan di atas tadi.

mengatasi bootloop mi4c

Kemudian klik OK.

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

mengatasi bootloop mi4c

Tunggu hingga proses selesai dengan ditandai status “flash done” seperti gambar berikut ini..

mengatasi bootloop berhasil

Jika sudah, smartphone Xiaomi kamu akan restart otomatis dan masuk ke Homescreen. Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat.

Tadaa…!

Sekarang smartphone Xiaomi kamu sudah berfungsi dengan normal kembali..

Silahkan setup ulang perangkat Xiaomi kamu..

Troubleshooting

Gagal Masuk Ke Mode EDL

Pada kasus tertentu, ada bug dimana perintah “fastboot oem edl” tidak berjalan. Bisa diakibatkan karena perintah tidak dikenali atau terkadang tidak berhasil membuat smartphone masuk ke mode EDL.

Jika terjadi demikian, unduh dan ekstrak fastboot_edl.7z letakkan (replace) file hasil ekstrak pada folder c:\adb kemudian jalankan (double clicks) file edl.cmd seperti berikut..

gagal masuk fastboot oem edl

Maka otomatis smartphone kamu akan masuk ke mode EDL ditandai dengan layar smartphone yang mati. Lebih jelasnya baca artikel 5 Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon).

Demikian Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Xiaomi Snapdragon Non UBL.

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama melakukan flashing dan update Xiaomi serta referensi dari Flashing Guide en.miui.com. Saya berhasil melakukan uji coba pada perangkat Mi4C, Mi5 dan Redmi Note 3 Pro saya sendiri. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

About Admin 170 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

60 Comments

  1. hp saya xiaomi 5 ..
    kondisi hp saya restart pada logo tapi kadang masih bisa masuk homescreen dan setelah beberapa saat mati kembali dan stuck di logo lagi .. apakah itu bootlop atau masalah dihardware ?

    • Abis ngapain gan?

      Pasang ROM aslinya pake Mi Flash Tools ga bisa jg ya gan?

      Bootloop ada softbrick dan hardbrick.. Sebaiknya ditangani sm yg profesional aja gan biar diperiksa lebih lanjut..

  2. Udah sesuai prosedur. Tpi di hp nya tidak mati dan tidak ada lampu merah. Yg ada cuma logo mi mati dan hidup. Terus di miflas nya malah tidak terdeteksi

  3. gan,,,, kok setelah oem edl hp saya kan mati,,, terus setelah di rifres bukan nya muncul comx kok malah ngilang gan ,,,, terus abis masuk mode fastboot ada lagi,,,, itu kenapa ya gan????

  4. bang tolong bantu, Redmi4x saya bootlop, stuck di LoGO MI, stlah saya cb psang TWRP jd bootlop 🙁
    tolong bang tutor dan alat tempurnya.
    mksh byk smga sukses sllu bang.

  5. mohon Minta pencerahannya bang, saat proses flashing muncul error object reference not set to an instance of an object. smartphone xiaomi 4x saya bootloop setelah relock bootloader kondisi setelah pasang twrp.

    • sudah 4 ROM saya coba dan sudah menggunakan 2 laptop tapi tetap belum bisa bang. masih tertahan di error object reference not set to an instance of an object. di tutorial yang abang tulis ini waktu buka folder c:\adb ada file twrp.img sedangkan di saya tidak ada. apakah itu berpengaruh?

  6. BRO!!!! KEREN BANGET!!!
    Thank you banget pedomannya!! Ane dari semalem uda pusing dan setres pertama kali ngalamin yang namanya Bootloop yang agak parah ga bisa masuk recovery mode pulaaaa… tapi perlahan ngikutin arahan dari bro, sambil berdoa, eh berhasil ngupdate tuh Xiaomi 5 taun lalu yang pake ROM abal2 5 digit jadi sekarang langsung pake ROM Global Stable 4 digit…. Lancar Jaya MIUI 8 pulaaaa… hahaha,, thank you brooo!!!!

    • Coba dijelaskan lebih rinci lagi gan.. HP-nya apa, bootloopnya kenapa, terus apa langkah-langkahnya sudah sesuai.. Apa proses flashing-nya berhasil?

  7. gan kalo punya ane mi4i habis update bawaan. keadaaan hp sudah root+twrp. pas update bawaan tiba2 masuk ke twrp trus error. lha sekarang tidak bisa masuk fastboot maupun recovery maupun ke home. ada solusi kah?
    diiinternet kebanyakan harus pake fastboot, punya saya fastboot saja tidak bisa

    • Kl update OTA psti masuk TWRP gan kl udh pasang TWRP.. Meski mati coba colokin ke PC terdeteksi ga sebagai mode EDL ditandai dgn COM di Miflash? Ane prnh alami di Mi4C ga bs masuk Recovery dan fastboot, tp ttp terdeteksi di PC. Kl ga terdeteksi cb baca artikel saya 5 cara masuk mode EDL, gunakan cara 4-5..

  8. Redmi 4A tadinya mentok dilogo MI kemudian mati setiap dihidupin, saya flash pake rom global stabele proses sukses tapi masih tetep sama salah dimananya ya gan mohon pencerahannya

    • Flashing-nya pakai apa gan? Coba pakai MiFlash Tools.. Kalau belum UBL pakai metode EDL mode.. Kalau ga bisa juga sepertinya masalah hardware..

  9. Gan tlong bntu.. saya flash lwat fastboot kok gagal trus yah tpi klo lwat vol – + volm + sama power sukses tapi stlah sukses masih bootlop ajah.. mhon pncerahannya…

  10. Smartphone saya Mi4i, statusnya saat ini restart terus menerus tanpa henti. Tetap bisa menampilkan logo mi, tapi setelah itu restart kembali. Saya sudah coba lakukan fastboot, dengan menggunakan ROM terbaru ferrari_global_images_V8.5.3.0.LXIMIED_20170926.0000.00_5.0_global_b78a1d6d23.tgz dan proses flash berhasil.
    Hanya saja begitu saya hidupkan kembali, proses bootloop tetap terjadi. Apakah mimin pernah mengalami hal yang sama? ada solusi min?

    • Belum pernah ngalami yang seperti ini gan.. Tp sampai mati ga bisa nyala pernah. Cuma tetap terdeteksi di PC pada mode edl. Setelah flashing ulang g ada masalah lagi.

      Emg kenapa awalnya kok bisa sampai kyk gitu gan?

      • Awalnya device terlalu panas, sehingga tiba-tiba restart sendiri. Pasca itu normal kembali, tetapi terkadang tiba-tiba restart sendiri dan setelah itu terjadi bootloop. Biasanya kalau bootloop pasti saya fastboot, karna saya juga punya beberapa varian xiaomi lainnya. Tapi untuk kasus ini, sudah berhasil fastboot tetapi tetap bootloop.

        Apa mungkin karna battery ya? kira-kira ngaruh ndak?

  11. bang hp mi4c saya kok pas lagi flashing ada tulisan cant receive hello packet, error
    itu kenapa yaa? tolong bantuan nya terimakasih banyak

    • bisa gan. kl udh ubl tinggal flashing aja pake rom fastboot plus miflash tools. kl msh locked bootloader hrs lwt edl mode kyk cara pada artikel ini.

  12. #ask
    gan hp ane redmi note 4g dual sim, haanya bisa masuk recovery sama fastboot mode, ane udah flash pake mi pc suite gagal, lewat mi flash ggal,nah ane make cara agan ini pas masukin “fastboot oem edl” failed gan, padahal udah ane replace sesuai tutor agan,, ada solusinya gan???

    • Ga jelasnya dmn gan? Kl installnya tinggal next2 aja. Ntar kl HH nya udh di mode EDL, lgsg terdeteksi di device manager sebagai Qualcomm.

Tinggalkan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! Jika masalah kamu terpecahkan atau punya pengalaman berbeda, tinggalkan jejak agar dapat membantu pengunjung lain.


*