Mengapa Partisi Hardisk Dimulai Dengan Huruf C ?

Mengapa Partisi Hardisk Dimulai Dengan Huruf C ? | foldertips.com – Pernahkah kamu mengamati struktur hardisk PC atau laptop sobat?

Mengapa partisi hardisk dimulai dengan huruf C: drive ?

Pernahkah kamu bertanya-tanya?

Mengapa Partisi Hardisk Dimulai Dengan Huruf C ?

Dimana A: drive?

Mengapa partisi tidak dimulai dengan “A”, padahal “A” adalah huruf pertama dari alphabet.

Yuk kita cari tau alasannya.

Alasannya adalah karena drive A: dicadangkan untuk floppy disk pertama dan drive B: dicadangkan untuk floppy disk kedua.

Mari kita lihat konsepnya.

Dulu, komputer hanya menggunakan floppy disk, belum ada yang namanya hardisk. Jadi OS nya pun disimpan di dalam floppy disk. Nama OS-nya adalah Microsoft DOS.

Versi awal, PC IBM hanya menggunakan 1 floppy disk. Jadi kalau sobat ingin memisahkan data sobat dan OS-nya, sobat harus membeli 1 buah lagi floppy disk.

Kemudian IBM mulai memproduksi PC yang menggunakan dua floppy drive A dan B. Drive A digunakan untuk menyimpan sistem operasi DOS dan drive B digunakan untuk menyimpan data selain OS. Design ini terus berlanjut dan akhirnya menjadi standar yang diterima secara global.

Baca Juga:

    Ketika hardisk mulai diperkenalkan, maka hardisk kebagian huruf C, karena A dan B sudah terpakai, tidak peduli apakah komputer tersebut secara fisik berisi floppy drive atau tidak. Secara bertahap banyak software juga dibangun berdasarkan arsitektur yang sama. Mereka menganggap drive C: sebagai hard drive utama yang berisi sistem operasi.

    Hanya sistem operasi Microsoft Windows mengkategorikan drive C, D, E dll. Sistem operasi lain tidak menggunakan konvensi penamaan yang sama.

    Begitu ternyata sejarahnya..

    Share jika bermanfaat..