Kode OTP Tokopedia, Trik Jika Nomor Handphone Tidak Aktif

Kode OTP Tokopedia, Trik Jika Nomor Handphone Tidak Aktif | foldertips.com – Kamu mungkin pernah mengalami kejadian seperti saya. Belanja di tokopedia, sudah melakukan proses pembayaran, namun saat checkout tiba-tiba muncul permintaan OTP seperti gambar di bawah ini.

OTP Tokopedia

OTP Tokopedia

Sebelum kita bahas lebih lanjut, pahami terlebih dahulu, OTP itu apaan sih ?

Kode OTP (One Time Password) adalah kode yang dikirim oleh pihak Tokopedia untuk memastikan penarikan dana benar dilakukan oleh pemilik akun. Kode OTP juga dibutuhkan saat kamu login atau menambahkan akun rekening baru dan menarik dana ke rekening baru tersebut.

 

Kode OTP ini akan dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang sudah terverifikasi. Jika kamu belum melakukan verifikasi nomor handphone, Kode OTP akan dikirimkan lewat email.

Hhhmm.. Kalau nomor handphone yang didaftarkan masih aktif sih ga masalah, tinggal kirim saja OTP nya ke nomor handphone yang terdaftar. Nah yang jadi masalah, gimana kalau nomor handphone-nya sudah tidak aktif ? Atau seperti yang saya alami, nomor handphone yang terdaftar tertinggal di kampung halaman.

What? Akhirnya ya tidak bisa konfirmasi/Verifikasi OTP di tokopedia.

Baca Juga:

    Sudah dicoba berulang lagi login dan logoff, tetap minta OTP. Coba buka lewat browser smartphone, minta OTP juga, ga bisa ngapa-ngapain deh kalau tidak bisa konfirmasi / Verifikasi OTP nya.

    Kalau saya perhatikan, sebenarnya status pembayaran berhasil karena ada notifikasi ke email bahwa pembayaran sudah berhasil dan seller telah mengirimkan barangnya. Cuma yang dikhawatirkan, ketika barangnya sampe di tangan, kita tidak bisa konfirmasi kalau barangnya sudah diterima, kan kasian sellernya.. Hehe 🙂

    Akhirnya saya coba dengan clear history dan clear cache browser pada browser. Kalau tidak tahu caranya, ikuti langkah ini.

    1. Saya menggunakan browser google Chrome, pada ujung kanan atas, klik tanda titik tiga vertikal untuk membuka Setting.
      Kode OTP Tokopedia, Trik Jika Nomor Handphone Tidak Aktif
    2. Kemudian pada kolom Search, ketikkan Cache untuk mencari setting Cache.
      Kode OTP Tokopedia, Trik Jika Nomor Handphone Tidak Aktif
      Setelah ketemu, klik Clear browsing data…
    3. Kemudian akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini, klik Clear browsing data,
      Kode OTP Tokopedia, Trik Jika Nomor Handphone Tidak Aktif

    Nah setelah itu, saya coba login kembali, dan ternyata berhasil. Tidak ada permintaan untuk memasukkan OTP lagi di akun saya.

    Setelah berhasil login, buru-buru deh remove nomor handphone yang terdaftar kemudian ganti dengan yang baru.

    Namun harus sobat ketahui, clear cache disini akan menghilangkan history browser, jadi situs-situs apa saja yang pernah kamu kunjungi akan hilang dari daftar simpan. Namun tidak termasuk user dan password yang tersimpan pada browser kamu.

    Aman deh.. 😛

    Mungkin kamu ada yang mengalami hal serupa, bisa mencoba trik di atas jika nomor handphone tidak aktif lagi ketika tokopedia meminta OTP. 🙂

    Jika langkah di atas tidak berhasil, satu-satunya cara adalah dengan menghubungi Customer Care Tokopedia..

    Customer Care Tokopedia akan membantu mereset kode OTP, sehingga kamu dapat melakukan perubahan nomor handphone.

    PT Tokopedia (Tokopedia.com)
    Alamat : Graha Handaya, Unit Q-S, Jl. Raya Perjuangan No.12A, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta , Kode Pos: 11530
    CS Via Website: m.tokopedia.com/contact-us.pl
    CS Via Telepon: (021) 8064 – 7333 / (021) 5369 – 1015
    CS Via Email: contact@tokopedia.com

    Pada saat mengajukan permohonan reset, kamu akan diminta untuk melampirkan foto KTP dan foto halaman pertama buku rekening yang biasa kamu gunakan.

    Apabila Anda sudah berhasil login, segera ganti nomor handphone Anda dengan nomor yang masih aktif di menu Pengaturan di perangkat komputer (PC/ laptop). Permintaan Anda akan diproses dalam 1×24 jam dan akan diinformasikan via email.

    Demikian semoga bermanfaat..