6 Langkah Awal Menyelamatkan HP Yang Basah Terkena Air

Langkah Awal Menyelamatkan HP Yang Basah Terkena Air

6 Langkah Awal Menyelamatkan HP Yang Basah Terkena Air | foldertips.com – Belakangan ini telah hadir beberapa tipe smartphone yang memiliki kemampuan tahan terhadap air pada kedalaman tertentu, misalnya Sony Xperia Z, Sony Xperia Go, HTC Butterfly, Lenovo A660, Motorola Defy+ dan Samsung Galaxy Xcover 2. Meskipun kebanyakan dari smartphone ini tidak memberikan garansi jika smartphone mati terkena air.

Meski begitu, kenyataannya smartphone anti air ini dapat memberikan rasa aman yang “lebih” terutama jika penggunanya tak sengaja menjatuhkannya pada genangan air, terkena hujan ataupun kecemplung di kamar mandi.

Namun sayangnya, tidak semua smartphone memiliki kemampuan ini..

Nah bagaimana jika smartphone kamu yang tidak tahan air secara tak sengaja kecemplung dalam genangan air, westafel atau parahnya lagi ke dalam kloset?

Jangan panik terlebih dahulu, pahami tutorial berikut sebagai langkah awal menyelamatkan smartphone yang basah terkena air.


Langkah Awal Menyelamatkan HP Yang Basah Terkena Air

Langkah Awal Menyelamatkan Smartphone Yang Basah Terkena Air

Jika kamu bertindak cepat dan tepat, besar kemungkinan smartphone yang tercebur ke air masih bisa diselamatkan.

Hal-hal berikut dapat kamu lakukan untuk untuk meminimalisir kerusakan dan menyelamatkan smartphone yang terjatuh ke dalam air.

#1. Segera Angkat HP Dari Air Dan Segera Matikan

Ya sudah tentu segera angkat smartphone kamu dari genangan air kemudian matikan karena membiarkan smartphone tetap menyala bisa mengakibatkan korslet pada komponen di dalamnya sehingga bisa mengakibatkan kerusakan yang parah.

Jangan terburu-buru untuk memeriksa apakah smartphone masih berfungsi atau tidak. Bersabarlah terlebih dahulu hingga smartphone benar-benar kering.

#2. Lepaskan Casing, Baterai, SIM Card Dan Memory Card

Segera setelah mengangkat smartphone dari air dan mematikannya, lepas casing belakang smartphone serta cabut baterai, SIM Card dan Memory Card agar smartphone benar-benar aman dari daya listrik yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada komponen smartphone.

Keringkan baterai, SIM Card dan Memory Card menggunakan kain kering dan bersih secara perlahan.

#3. Keringkan HP Dengan Kain Bersih

Kemudian setelah melepas casing, baterai, SIM Card dan Memory Card, segera keringkan smartphone dengan mengelapnya dengan kain kering yang bersih.

Tiup pada bagian slot micro USB, lubang headset, loudspeaker, tombol dan bagian lain yang memungkinkan air terperangkap di dalamnya. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan, usahakan agar air tidak semakin terperangkap ke dalam pada saat membersihkan smartphone.

#4. Gunakan Vacum Cleaner Atau Hair Dryer

Jika dirasa air yang terperangkan cukup banyak atau smartphone tercemplung cukup parah, gunakan vacum cleaner dengan kekuatan sedang untuk menyedot air keluar dari smartphone.

Selain vacum cleaner, kamu juga bisa menggunakan hair dryer dengan suhu sedang dan mengeringkannya dari jarak 40 cm. Hati-hati jangan sampai smartphone jadi kepanasan yang malah mengakibatkan komponen smartphone jadi rusak.

#5. Rendam Di Beras

Jika dirasa tahap pengeringan awal sudah cukup, ambil beras secukupnya dan rendam smartphone kamu di dalam beras selama sehari semalam. Bungkus beras dan smartphone ke dalam plastik yang kedap  udara.

Langkah Awal Menyelamatkan Smartphone Yang Basah Terkena Air

Hal ini dilakukan karena beras memiliki kemampuan menyerap air dan kelembaban yang terperangkap di dalam smartphone.

Setelah 24 jam ambil smartphone kamu dari wadah plastik dan periksa kembali kelembaban smartphone. Jika smartphone dirasa masih memiliki air di dalamnya tempatkan kembali handphone di kantong beras untuk 24 jam berikutnya.

#6. Pasang Kembali Baterai, SIM Card dan Memory Card

Jika dirasa sudah cukup, pasang kembali baterai serta kartu SIM dan coba nyalakan smartphone. Jika smartphone tidak langsung menyala, coba cas terlebih dahulu kemungkinan baterainya habis karena tidak digunakan beberapa hari.

Setelah melakukan pengecasan, coba nyalakan kembali smartphone. Jika masih tidak menyala kemungkinan besar baterai rusak karena terkena air. Coba pinjam baterai smartphone teman kamu kemudian coba nyalakan kembali.

Jika masih tidak menyala juga, yaa pertimbangkan untuk membawa ke tukang service smartphone, artinya smartphone kamu sudah tidak bisa diselamatkan lagi dengan cara dikeringkan, harus ditangani oleh tukang service yang profesional.

Demikian 6 Langkah Awal Menyelamatkan HP Yang Basah Terkena Air.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 318 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.