Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro/SE (Kenzo/Kate)

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro/SE (Kenzo/Kate)

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro (Kenzo) | foldertips.com – Pada saat saya mencoba melakukan flashing ROM MIUI 9 Global Beta menggunakan TWRP dalam kondisi locked bootloader, ada langkah terlewati sehingga Redmi Note 3 Pro saya jadi tidak bisa masuk ke Homescreen sama sekali, hanya berkedip di logo MI kemudian mati kembali, namun untungnya masih bisa masuk ke fastboot mode.

Kondisi ini yang disebut dengan bootloop atau softbrick.

Bootloop adalah suatu keadaan dimana system android kamu tidak dapat melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat mengakses menu utama atau Homescreen.

Ada 3 jenis bootloop pada pada perangkat smartphone, yaitu :

  • Bootloop ringan » ketika HH dinyalakan, HH dapat masuk ke Menu utama namun hang dan restart kembali;
  • Bootloop sedang » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/CWM;
  • Bootloop berat » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat mengakses menu recovery/CWM.

Yang saya bahas pada artikel kali ini adalah mengatasi bootloop Xiaomi pada tingkat sedang dan berat selama Xiaomi kamu masih bisa mengakses mode fastboot (bukan Mode Recovery) meskipun dalam keadaan locked bootloader.

Jika hardbrick, baca artikel Cara Mengatasi Redmi Note 3 (Kenzo) Hardbrick / Mati Total / Unbrick Test Point.

Jika kamu juga mengalami hal yang sama, ikuti panduan berikut ini untuk mengatasi bootloop di Redmi Note 3 Pro/SE dengan kondisi bootloader masih terkunci (locked bootloader).


Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro/SE (Kenzo/Kate)

Cara Mengatasi Bootloop (Softbrick) Redmi Note 3 Pro Non UBL

Kondisi bootloop » Redmi Note 3 Pro/SE keadaan locked bootloader tidak bisa masuk ke Homescreen dan Recovery Mode tapi masih bisa masuk ke Fastboot Mode dengan menekan tombol Power Up + Vol Down.

Bagi pengguna Kenzo, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bootloop adalah dengan menggunakan ToolKit Mengatasi Permasalahan Saat Flashing Redmi Note 3 Pro (Kenzo) dengan Menu 6.

Jika masih gagal.. !

Lanjut menggunakan metode flashing ulang berikut ini..

Persyaratan sebelum melakukan flashing :

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan :

Setelah memenuhi syarat dan mengunduh bahan-bahan di atas, ikuti langkah selanjutnya..

Install QDLoader HS-USB, klik Next hingga proses selesai.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Selanjutnya Install MiFlashTools, baca tutorialnya di Cara Menggunakan Mi Flash Tools di Xiaomi [Kupas Tuntas].

Setelah selesai instalasi, sambungkan Redmi Note 3 Pro/SE ke PC/Laptop menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas baik.

Matikan smartphone, masuk ke mode Fastboot dengan menekan tombol Vol Down + Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Untuk memastikan bahwa Redmi Note 3 kamu terkoneksi dengan mode fastboot, buka folder c:\adb kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here..

Cara Backup Dan Restore IMEI (Partisi EFS) HP Android Tanpa PC

ketik perintah..

fastboot devices

langkah pemasangan twrp

Jika terdapat angka dan huruf beberapa digit, artinya Redmi Note 3 kamu berhasil berada pada mode fastboot.

Setelah berhasil masuk ke mode fastboot, jalankan MiFlash Tools dengan klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe yang berada di folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash.

Klik Refresh,

redmi note 3 pro bootloop

Jika Redmi Note 3 Pro kamu terdeteksi, akan muncul kombinasi angka dan huruf seperti berikut..

Selanjutnya letakkan berkas hasil ekstrak fastboot-edl.7z pada folder c:\adb kemudian jalankan (double klik) file edl.cmd.

Dalam sesaat, layar smartphone kamu akan mati dan lampu notifikasi berwarna merah akan berkedap-kedip. Jangan khawatir, smartphone kamu berada dalam mode EDL..

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan bahwa driver Qualcom HS-USB QDLoader telah benar-benar berhasil terinstal ditandai dengan tidak adanya tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.

Cara Flashing ROM China Mi4C Nougat Ke Custom ROM

Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna atau kamu belum menonaktifkan driver signature, baca caranya di Cara Menonaktifkan (Disable) Driver Signature Enforcement Windows 7/8/10.

Jika sudah berhasil, lanjut ke langkah selanjutnya.

Kembali ke MiFlash Tools, klik Refresh.

Maka kode device yang tadinya berupa angka dan huruf acak akan berubah menjadi COMX, tergantung dari PC/Laptop kamu.

Selanjutnya pilih select, dan arahkan ke folder dimana kamu menyimpan hasil ekstrak dari ROM Kenzo tadi.

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro (Kenzo) Non UBL

Klik OK.

Pada opsi di bagian bawah MiFlash, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.

flashing dengan metode fastboot

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro (Kenzo) Non UBL

Tunggu beberapa saat hingga proses flashing selesai ditandai dengan status “flash done” dan result “success” yang memakan waktu kurang lebih 238 detik pada smartphone saya.

Jika sudah, smartphone Xiaomi kamu akan restart otomatis. Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat.

Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop.

Tadaa..!

Sekarang Redmi Note 3 Pro/SE kamu sudah kembali normal. Silahkan lakukan setup ulang hingga masuk ke Homescreen.

redmi note 3 pro bootloop

Bagi pengguna Redmi Note 3 Pro, sinyal 4G bakal hilang setelah flashing ROM, untuk meng-unlock-nya, baca tutorialnya di sini » [UBL] / [NON UBL].

Demikian Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro/SE (Kenzo/Kate).

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Redmi Note 3 Pro saya dengan ROM Global 8.5.6.0. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 327 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

161 Comments

  1. thanks gan.. berhasil, sebelumnya mau update miui 9 tutorial dari agan gak taunya bootloop. nyari dari blog lain pd gak berhasil, tapi setalah sy ikuti tutorial agan ini berhasil.. top dah.

  2. Om ane kan abis flash ke 8.0.1.0 kan berhasil pas ane nyalain muncul logo MI terus ngerestart sendiri balik lagi ke logo MI terus terusan, itu kenapa ya? Ada solusi ga om?

  3. gan hh ane bootloop krn gagal flash lewat twrp, trus sekarang mau ane flash lewat miflash, tp driver hh ane ga kedetect sm laptop, tp masuk mode fastboot bisa

  4. masuk mode edl sm fastboot sama aja gan,kabel usb dipake hh laen bisa, tp hh ane ga bisa…apa harus bongkar hh trus test pin ya gan? biar kedetect, bukannya itu buat hh yg matot?

    • Nah iya kl test point untuk yang matot..

      Ane prnh pny Mi4C yang matot gara-gara eksperimen tapi masih bisa terdeteksi di PC sebagai Qualcomm tanpa test point. Jadi bisa diflashing ulang dan hidup kembali.

      Kl tanda pentung kok kyknya karena masalah driver ya.. Bukan di HH-nya. Udah coba pakai Mi PC Suite belum sebagai driver? Atau coba pinjem laptop temen..

  5. kemaren ane udah coba gan pake mi pc suite, nihil hh ane ga kedetect di pc suitenya, oh iya gan ane bbrp kali jg ganti pake laptop laen sm aja, tiap usb ane colok ke laptop muncul pop up “USB Device Not Recognized”

    • Kl “USB Device Not Recognized” dan udah ganti laptop gt apa ada kena masalah di hardware ya gan.. Entah IC USB di HH nya mgkn.. Ane blm prnh ngalami kl ga terdeteksi gt..

  6. kak admin mau tanya
    saya kok setelah klik edl.cmd, driver udah kedetect di device manager, tapi di miflash pas di refresh malah kosong, gak ada bacaan COMX,
    itu knapa ya kak?

  7. Permisi kak admin mau tanya. tutorial diatas dijalankan laptop keadaan udah keinstal xiaomi android USB driver apa belum?
    Mohon pencerahannya

  8. Maaf kak admin tanya lagi. Ketika melakukan flashing apakah laptop harus koneksi ke internet??
    Saya pemula kak admin pengen belajar ngoprek sendiri soalnya capek dibohongi konter mulu mohon dimaklumi ya.

  9. Kak admin saya ada masalah sedikit.
    Kan semalem saya flash dengan rom 8.5.6.0 lalu saya update miui 8.5.7.0 lewat ota udah download 1,1GB tp kok miui masih 8.5.6.0 ya??
    Ada solusi gak kak admin??

  10. ijin gan, semua langkah yang agan kasih sudah dilakukan semua tapi setelah di flash xiaomi aneh tidak masuk masuk homescreen. mohon petunjuknya gan?

  11. Gan,, kenzo ane d.cas tadi subuh jam 4, pas pagi jam 7, malah mati.
    Pas ane hidupin, cuma mi 1x restar lg, bgtu trus smpe 3x restar baru mati.
    Gmna tuch bang

  12. gan,, ane mau nanya. apakah save user data beresiko buat hp? apakah save user data dapat menyimpan aplikasi serta akun yang terdaftar juga? apakah setelah flashing save user data dapat di flash lagi dengan clean all untuk menyelamatkan data saja? maaf gan banyak tanya. terimakasih

  13. gan hh ane bootloop setelah gagal flashing.. cuma tulisan mi titik 3 dibawah… masuk ke fasboot ga bisa.. kl di pencet power + vol down.. restart trus balik lagi ke tulisan mi titik 3 dibawah… mohon pencerahan gan..

  14. gan setelah selsai semua kok lama bgt di logo mi 30-1jam tapi ada logo android titik 3 jalan, gmn gan mohon pencerahannya..

  15. Allhamdulillah Bosq Hp ku punya nyawa lagi ……the best dah buat situ ane doa in semoga agan sukses….. 😀
    btw 4G aman kah ??

  16. Gan saya udh download semua bahan diatas. trus ikutin langkah2 nya, tapi pas di tekan flash malah eror gan kenapa ya? trus ane download rom fasboot diataskok g ada folder image nya ya? cmn ada file kenzo global image.

  17. makasih gan hp saya sekarang sudah kembali hidup lagi. tapi ketika saya buka instagram / youtube kok videonya gak bisa di putar/play ya gan? mohon pencerahannya. soalny penting sekali
    terima kasih 🙂

  18. makasih gan hp saya sekarang sudah kembali hidup lagi. tapi ketika saya buka instagram / youtube kok videonya gak bisa di putar/play ya gan? mohon pencerahannya. soalny penting sekali
    terima kasih

    • andro saya udah fix semua hbis bootloop, ROM ny udah global MIUI 9, mohon di balas gan soalnya penting skali, tapi sesudah instal audionya kok tidak keluar suaranya ya?
      solusinya gimn gan?

  19. gan, ini saya sudah menunggu sampai 30 menit belum masuk homescreen, hanya muncul logo sama 3 titik terus kemudian muncul proses loading instal. seperti itu berulang ulang.

    apakah memang seperti itu?

  20. flashing gan, karena hbs bootlop. blm ada twrp nya, posisi hh msh locklooader.

    untuk fix 4g apakah instal hrus lewat twrp atau ada cara lain gan.

  21. Halo gan mau nanya

    kalo HH sudah posisi UBL dan terinstal YWRP ZCX apakah bisa mengikuti cara agan yang ini?

  22. thanks gan tutornya, folder tips emang terbaik. mulai dari ubl, twrp, sampai flashing lengkap n terpercaya. tetap berjaya yah bang. klo bisa tambahin kontennya bang. kayak jalan tikus. kalo ada lowongan kerja hub gw bang. gw asal sulut. nanti kt buka cabng konter disini. 082193618283. saya support trus bang. folder tips teteap jaya.

    • Makasi feedbacknya gan.. Terima kasih tawarannya gan, ane ngeblog karena senang aja.. Bukan pekerjaan utama.. Blog ini saya urus sendiri gan makanya kontennya ga bisa sebanyak jalantikus. Kl jalantikus kan sudah media, bukan blog lagi dan dikelola oleh banyak orang..

  23. gan alhamdulillah sudah bisa. saya ulangi metode diatas. terus sekarang kan sudah muncul update OTA miui 9 di redmi 3 pro. cara saya update nya gimana yah. soalnya sy sudah coba install lewat twrp tapi malah bootloop

  24. bang mau tanya? ini kan kenzo ane baru ane reboot , tadinya normal” aja , tapi kali ini kok malah mentok di logo cosrum ya? apakah itu yang dinamakan softbrick?

  25. Ketika di klik FLASH Muncul Error
    Remote : Critical Partition Flashing is not allowed

    kenapa yaa ?
    – Saya pakai Win10 64bit

  26. terima kasih gan artikelnya sangat membantu, sebelum itu mau bertanya kmarenkan saya flash via fastboot dari rom china 8.0.5.0 ke rom global stable 8.5.6.0 kok bug pas di soundnya ya? solusinya gmn gan terima kasih

    • Klpun itu bug, susah ditelurusi gan.. Krn di hp agan kyk gt tp di hp yg lain belum tentu.. kl mmg bug cb ganti Rom lain lah gan..

      • gk kluar soundnya gitu kirain emang rusak atau apa, yah boleh coba lagi dah yg mana toh masih banyak pilihan versi. thanks gan ?

  27. Gan hh ane kan mau di flash, udah ikutun tutorial, waktu klik edl nya, hh yg dari fastboot malah jadi nyala ke logi mi, mohon pencerahannya gan

  28. Mau nanya Gan,sesuai arahan di atas sdh berhasil semua, tapi begitu di nyalin HHnya cuman ada logo mi trus restart lagi begitu berulang2,tak sampai splash logo yg ada titik tiga,kira2 adanya ya Min.trimakasih

  29. Pas progress sampe ke 9 detik eror gan, nongol tulisan “object reference not set to an instant of an object” di statusnya, solusi?

  30. gan kemaren ane dapat kasus kenzo bootloop, ane coba flash pake rom V8.5.6.0.MHOMIED_20170822.0000.00_6.0_global, status tapi hh masih bootloop, terus ane coba lagi pake rom global, masih sama bootloop juga, apakah ane kudu coba rom cina juga gan? mohon infonya, barangkali agan pernah nemu kasus yang sama, sebelumnya ini kenzo udah oper servican dari tempat lain.

  31. apakah saya harus coba rom china gan? karna kedua rom global stable dan global dev udah saya coba tapi ngak berhasil.

  32. saya coba instal TWRP, twrp cuma sampai logo alien ware (Recovery Project 3.0.2-X by BY-XM) dibarengi blue led blinking. apakah kasus agan pernah nemu kasus seperti saya, apakah ini trouble di hardware ya gan? kalau menurut agan problem di hardware biar saya eksekusi hardwarenya. thx!

    • Ga prnh ngalami gan stuck di logo alien, yang ada stuck di logo Mi. Apakah hardware atau bukan kurang paham gan, kemungkinan partisi Recovery- nya corrupt..

  33. gan, kalau udah ke detect d cmd, tapi pas refresh di miflash ny muncul length cannot be less than zero it gmn gan?

  34. Gan ane udh sukses flashing. Tp knp ttp ga mau masuk ke homescreen ya. Hh masuk logo trus restart lagi dan begitu terus. Ane khawatir emmc lemah.

  35. salam gan

    Proses Step by step DONE,

    endingnya, X Redmi N3 saya tidak restar secara otomatis, jadi saya restar manual, logo MI dan tulisan android serta 3 titik dibawah sdh muncul, tapi loadingnya lama banget bro, sdh hampir 2 jam.

    mohon pencerahan dan solusinya bro.

    terimakasih sebelumnya. artikelnya sangat membantu.

  36. Gan kok pas flasing muncul tulisan object reference not set to an instance of an object? gmn ya gan,udah saya ulang2 trus mode edlnya sampe2 gabisa masuk fastboot lagi:( solusi gan emergency:’)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.