4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap

4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap

4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap | foldertips.com – Read Only Memory (ROM) merupakan tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file system) yang berbentuk Chip-IC yang berada di perangkat smartphone kamu. 

Jadi secara umum, baik stock ROM maupun custom ROM bisa diartikan sebuah file system yang berbentuk software-firmware yang berada di IC ROM yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih sesuai keinginan (tentunya tetap berbasis versi firmware asli/stock ROM) dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut.

Seperti ROM Xiaomi, merupakan ROM Android murni AOSP (Android Open Source Project) yang kemudian dimodifikasi oleh developer Xiaomi sesuai kebutuhan dan keinginan mereka sehingga terciptalah ROM baru yaitu MIUI.

ROM Xiaomi yang dirilis ke publik terdapat 2 jenis jika dilihat dari metode penggunaannya, yaitu Recovery ROM dan Fastboot ROM.

Apa perbedaannya, simak penjelasan berikut..!

Perbedaan Recovery ROM dengan Fastboot ROM

Recovery ROM dalam MIUI adalah ROM yang berekstensi .zip, sementara Fastboot ROM selalu berekstensi .tgz/tar.

Pada dasarnya fungsi dari kedua ROM di atas sama saja, yaitu untuk melakukan flashing pada perangkat Xiaomi kamu, namun berbeda dalam penggunaanya.

Recovery ROM digunakan pada proses flashing dengan Recovery Update dan System Update. ROM ini sifatnya mengupdate, jadi pada kondisi normal data-data kamu tidak akan terhapus.

..sedangkan Fastboot ROM, digunakan pada proses flashing menggunakan PC/Laptop dengan bantuan MiFlash Tools. ROM ini sifatnya seperti menginstall ulang (clean install), jadi kamu akan kehilangan seluruh data di Internal Storage kamu.

Fastboot ROM juga berguna untuk memperbaiki perangkat Xiaomi kamu yang mengalami bootloop.

Nah, jadi jangan salah pilih ROM ya..

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu jangan sampai kuota jebol gara-gara mengunduh ROM yang salah.

Sebelum mengupdate ROM, pahami dulu hal-hal sebagai berikut agar tidak salah dalam pemilihan ROM, cara update atau flashing-nya.

  1. Apakah Xiaomi kamu menggunakan ROM Distributor (ROM abal-abal) atau ROM Resmi? Cek di sini;
  2. Apakah bootloader sudah di unlock atau belum? Lihat cara cek-nya di sini.
  3. Apakah Xiaomi kamu memiliki mode fastboot? Pahami ini » Semua Xiaomi yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon (SD) memiliki mode fastboot, sementara untuk Xiaomi lama dengan processor Mediatek tidak memiliki mode fastboot kecuali Redmi Note 2 ke atas. Untuk mengecek apakah Xiaomi kamu memiliki mode fastboot matikan smartphone kemudian nyalakan dengan menekan tombol Power+Vol Down, atau baca di sini.

Setelah mengetahui kondisi smartpone kamu saat ini, sekarang saatnya mengetahui cara flashing / update yang tepat untuk Xiaomi kamu.


4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap

Cara Flashing (Update) ROM Semua Tipe Xiaomi

Flashing dilakukan jika ingin mengupdate ROM jika ada pembaharuan firmware dari Xiaomi atau jika ingin mengganti/downgrade ROM ke tipe yang kamu inginkan (Global, China, Stable, Developer).

Metode flashing Xiaomi ada 4 cara, yaitu :

  1. System Update;
  2. Recovery Update;
  3. Fastboot Update;
  4. Fastboot EDL Mode Update.

Apa perbedaannya dan metode mana yang tepat untuk Xiaomi kamu?

Simak penjelasan berikut..!

  • Update ROM melalui System Update dan Recovery Update hanya bisa dilakukan dari ROM yang lebih rendah ke ROM yang lebih tinggi dengan tipe ROM yang sama. Contohnya dari ROM Stable ke ROM Stable, ROM Developer ke ROM Developer atau dari ROM Beta ke ROM Beta tanpa harus unlock bootloader. Meskipun ada beberapa pengguna Xiaomi yang berhasil mengupdate dengan tipe ROM yang berbeda misalnya dari ROM Stable ke Beta atau dari ROM Stable ke ROM Developer. Jadi silahkan coba sendiri pada device kamu. Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti ini..
    Meng-update ROM melalui metode System Update dan Recovery Update
    Proses perpindahan ROM ini akan menghapus data-data pada Internal Storage kamu, jadi sebaiknya backup data penting terlebih dahulu.
  • Jika update dilakukan dari ROM Distributor (ROM Abal-Abal), hasil yang didapat bisa berbeda tergantung dari versi “ROM Palsu” yang diberikan oleh Distributor. Pada beberapa kasus sering terjadi kegagalan (Can’t verify update), namun banyak juga yang berhasil, termasuk saya pada perangkat MI4C, Redmi Note 3 Pro SD dan Mi5. Kalau gagal biasanya akan muncul notifikasi sebagai berikut..
    muncul error "Can't verify update"Lebih jelasnya baca artikel Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Resmi Xiaomi.
  • Metode Fastboot Update hanya bisa dilakukan jika Xiaomi kamu sudah unlock bootloader. Metode ini digunakan untuk update ke tipe ROM yang berbeda baik ke versi yang lebih tinggi atau lebih rendah dengan menggunakan ROM Fastboot (misalnya dari MIUI 8 Stable ke MIUI 9 Global Beta). Metode ini merupakan alternatif ketiga jika kamu gagal menggunakan metode System Update dan Recovery Update;
  • Metode Fastboot EDL Mode Update adalah langkah update terakhir yang harus ditempuh jika Xiaomi kamu masih locked bootloader (bootloader terkunci). Metode ini juga biasa digunakan untuk mengatasi Xiaomi yang mengalami bootloop (hardbrik/softbrick);
  • Jika ROM saat ini ROM Distributor dan tidak bisa melakukan update dengan System Update dan Recovery Update, kemudian kamu juga tidak bisa melakukan unlock bootloader (karena ROM abal-abal), maka satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah melalui metode Fastboot EDL Mode Update.
  • System Update dan Recovery Update tidak akan menghilangkan data yang ada di Xiaomi kamu. Namun tetap saya sarankan agar selalu melakukan backup data penting terlebih dahulu. Sementara metode Fastboot Update dan Fastboot EDL Mode Update akan menghilangkan semua data yang ada. Metode ini mirip dengan instal ulang, kira-kira begitu.

Catatan :
Langkah pertama dan kedua di atas (System Update dan Recovery Update) bisa dilakukan tanpa bantuan PC/Laptop, artinya kamu langsung mengunduh ROM melalui smartphone dan mengelola file-nya melalui aplikasi Explorer.

#1. Cara Flashing Dengan System Update

Unduh ROM Official Xiaomi di http://en.miui.com/download.html

Sesuaikan dengan tipe Xiaomi kamu.

Cara Aman Mengganti Rom Distributor Ke Rom China Mi4C Nougat

Setelah selesai mengunduh, buat folder baru dengan nama ‘downloaded_rom’ pada Internal Storage Xiaomi, kemudian salin file hasil download tadi ke dalam folder tersebut.

Selanjutnya, jalankan aplikasi Updater atau bisa juga melalui Settings » About Phone» System updates (icon paling bawah)

cara update install miui 9

Kemudian ketuk titik tiga pada pojok kanan atas, pilih Choose update package.

Cara Flashing Dengan System Update

Selanjutnya masuk ke folder ‘downloaded_rom’, pilih file ROM yang telah kamu unduh tadi.

4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap

Setelah itu, secara otomatis Xiaomi akan mulai mengupdate dan melakukan restart hingga proses selesai.

Setelah selesai update, perangkat kamu akan boot dan memulai dengan ROM versi yang kamu install tadi. Saat pertama menyala akan memakan waktu lebih lama dari biasanya, ini normal.

Sampai pada tahap ini, proses update ROM Xiaomi menggunakan System Update selesai.

#2. Cara Flashing Dengan Recovery Update

Unduh ROM Official Xiaomi di http://en.miui.com/download.html.

Setelah selesai di download, ganti nama file ROM menjadi update.zip (u huruf kecil);

Misal :

Sebelumnya

miui_MI4c_V8.2.3.0.NXKCNEC_a80a794f89_7.0.zip

ganti menjadi

update.zip

Jika kamu tidak mengganti nama file, akan muncul error Can’t Verify Update File..

Selanjutnya, salin file update.zip tadi dan letakkan di Internal Storage, jangan letakkan di dalam folder apapun.

cara update install miui 9

Kemudian masuk ke Recovery Mode, ada 2 cara :

#Cara Pertama : Menggunakan Tombol Vol Up + Power.

Matikan smartphone, kemudian nyalakan dengan menekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan. Tahan beberapa saat hingga muncul logo Mi kemudian lepaskan;

#Cara Kedua : Melalui Aplikasi Updater.

Jalankan aplikasi Updater, kemudian ketuk tanda titik tiga pada pojok kanan atas, pilih Reboot to Recovery mode.

Cara Aman Mengganti Rom Distributor Ke Rom China Mi4C Nougat

Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume atas/bawah untuk memilih menu, dan tombol Power untuk OK.

Pilih Install update.zip to System kemudian tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi.

cara flashing melalui recovery mode

Pilih YES.

Dalam sesaat sistem akan mengupdate Xiaomi kamu, tunggu hingga proses selesai.

cara flashing melalui recovery mode

Jika sudah, pilih Back kemudian pilih Reboot. Maka Xiaomi akan restart kemudian masuk ke Homescreen.

Setelah selesai update, device akan boot dan memulai dengan ROM versi yang kamu install tadi, saat pertama menyala akan memakan yang waktu lebih lama dari biasanya.

Sampai pada tahap ini, proses flashing atau update ROM Xiaomi menggunakan Recovery Mode telah selesai.

Perhatian!
Metode ini hanya tersedia untuk perangkat Xiaomi lama, sementara Xiaomi terbaru sudah tidak ada Mode Recovery dengan pilihan Install update.zip to System.

#3. Cara Flashing Dengan Metode Fastboot Update

Cara ketiga ini berbeda dengan cara pertama dan kedua di atas, bahkan ROM yang digunakan pun tidak sama, yaitu Fastboot ROM. Flashing menggunakan metode Fastboot Update adalah metode yang harus digunakan jika kamu gagal menggunakan metode pertama dan kedua di atas.

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Pastikan baterai Xiaomi dalam keadaan full charged atau minimal 50%;
  • Kabel USB Original atau yang berkualitas baik;
  • PC/Laptop dengan OS Windows 7 ke atas dengan menonaktifkan driver signature.

Persyaratan sebelum update :

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • MiFlashTools versi 20170425 (MiFlash ini sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi kamu tidak perlu install driver lain lagi.)
    download mi flash tools official
  • ROM Fastboot Xiaomi (Global/China/Dev) (Cari ROM Fastboot sesuai tipe Xiaomi kamu. Ganti nama file .tgz/tar menjadi berakhiran .zip kemudian ekstrak dan letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi).
  • Install Xiaomi Android USB Driver, berguna sebagai driver ADB Interface dan Bootloader Interface;

Jika sudah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan-bahan di atas, ikuti langkah selanjutnya..

Install MiFlashTools, baca tutorialnya di Cara Menggunakan Mi Flash Tools di Xiaomi [Kupas Tuntas].

Setelah selesai instalasi, jalankan MiFlashTools dengan cara buka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe.

Akan muncul tampilan aplikasi MiFlash seperti gambar di bawah ini..

cara instal miflashtool miui9

Selanjutnya sambungkan Xiaomi ke PC/Laptop menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas baik.

Matikan smartphone, masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Vol Down + Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Kemudian pada MiFlash Tools, klik Refresh.

Jika Xiaomi terdeteksi, maka akan muncul kombinasi angka dan huruf kira-kira seperti berikut..

cara instal miflashtool miui9

Selanjutnya, klik Select dan arahkan ke folder dimana kamu meletakkan hasil ekstrak dari ROM yang telah kamu unduh tadi.

Kemudian klik OK.

Pada opsi di bagian bawah MiFlash Tools, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.

flashing dengan metode fastboot

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

Tunggu hingga proses selesai dan muncul Status : flash done.

Jika sudah, smartphone Xiaomi kamu akan restart otomatis. Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Sampai tahap ini, Xioami kamu telah berhasil di update.

#4. Cara Flashing Dengan Metode Fastboot Mode EDL Update

Metode ini adalah langkah terakhir jika kamu gagal menggunakan ketiga metode di atas. Metode ini digunakan bagi pengguna Xiaomi yang ROM-nya masih locked bootloader atau bagi pengguna Xiaomi yang menggunakan ROM abal-abal dan stuck tidak bisa melakukan update melalui System Update atau Recovery Update.

Parahnya lagi, proses update juga tidak bisa dilakukan dengan metode Fastboot Update karena ROM-nya masih locked bootloader, sementara mau meng-unlock bootloader, selalu gagal karena masih menggunakan ROM Distributor. Nyebelin kan?

Perhatian!
Cara ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang masih awam dengan komputer atau oprek-oprek Android. Jika belum terbiasa, sebaiknya jangan lakukan trik ini. Tapi jika kamu nekat, pahami terlebih dulu maksud dari tutorial ini sebelum mempraktikkannya, selanjutnya kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Tutorial yang saya berikan di bawah ini hanya berlaku untuk Xiaomi dengan processor Snapdragon dari Qualcomm, bagi pengguna Mediatek, baca ini.

Peralatan yang dibutuhkan :

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • MiFlashTools versi 20170425 (MiFlash ini sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi kamu tidak perlu install driver lain lagi.)
    download mi flash tools official
  • ROM Fastboot Xiaomi (Global/China/Dev) (Cari ROM Fastboot sesuai tipe Xiaomi kamu. Ganti nama file .tgz/tar menjadi berakhiran .zip kemudian ekstrak dan letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi).

Jika sudah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan-bahan di atas, ikuti langkah berikut..

Install MiFlashTools, baca tutorialnya di Cara Menggunakan Mi Flash Tools di Xiaomi [Kupas Tuntas].

Selanjutnya ekstrak dan install QDLoader HS-USB Driver,

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Klik Next hingga proses selesai.

Setelah itu, jalankan MiFlashTools dengan cara buka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash dan klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe.

Berikut ini tampilan aplikasinya..

cara instal miflashtool miui9

Sambungkan Xiaomi ke laptop menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas.

Matikan smartphone, masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Vol Down + Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Selanjutnya buka folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here..

Cara Backup Dan Restore IMEI (Partisi EFS) HP Android Tanpa PC

Untuk memastikan bahwa Xiaomi kamu terkoneksi dengan mode fastboot, ketik perintah..

fastboot devices

langkah pemasangan twrp

Jika terdapat angka dan huruf beberapa digit, artinya Xiaomi kamu berhasil berada pada mode Fastboot.

Selanjutnya ketik perintah..

fastboot oem edl

mode edl mi4c

Dalam sesaat, layar smartphone kamu akan mati dan biasanya ditandai dengan notifikasi lampu warna merah berkedip-kedip. Jangan khawatir, smartphone kamu berada dalam mode EDL.

Jika gagal masuk mode EDL, baca artikel 6 Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon).

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan bahwa driver Qualcom HS-USB QDLoader telah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.

mode edl mi4c

Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna atau kamu belum menonaktifkan driver signature.

Jika driver Driver HS-USB QDLoader sudah terpasang dengan benar, kembali ke MiFlash Tools.

Klik Refresh,

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Maka Xiaomi kamu akan terdeteksi sebagai COMx (tergantung dari PC/Laptop kamu, bisa jadi COM5, COM10, dll).

Selanjutnya, klik select dan arahkan ke folder dimana kamu meletakkan hasil ekstrak dari Fastboot ROM yang telah kamu unduh pada bahan di atas tadi.

mengatasi bootloop mi4c

Kemudian klik OK.

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

mengatasi bootloop mi4c

Tunggu hingga proses selesai dengan ditandai status “flash done” seperti gambar berikut ini..

mengatasi bootloop berhasil

Jika sudah, Xiaomi kamu akan restart otomatis.

Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Tadaa…!

Sekarang Xiaomi kamu telah berhasil di update ke ROM yang kamu inginkan.

Gagal Masuk Ke Mode EDL

Pada kasus tertentu, ada bug dimana perintah “fastboot oem edl” tidak berjalan. Bisa diakibatkan karena perintah tidak dikenali atau terkadang tidak berhasil membuat smartphone masuk ke mode EDL.

Jika terjadi demikian, unduh dan ekstrak fastboot_edl.7z letakkan (replace) file hasil ekstrak pada folder c:\adb kemudian jalankan (double clicks) file edl.cmd seperti berikut..

gagal masuk fastboot oem edl

Maka otomatis smartphone kamu akan masuk ke mode EDL ditandai dengan layar smartphone yang mati.

Catatan :
Lakukan Hapus Data/Cache (Wipe data Factory Reset) jika melakukan downgrade atau ganti tipe ROM misal China » Global atau Global » China.

Tapi kalau dari ROM Developer/Beta ke ROM Stable dan sebaliknya selama update ke versi yang lebih tinggi dan tipe ROM masih sama, bisa tanpa melakukan Wipe Data. Namun jika masih ditemukan banyak aplikasi yang force close (error), lakukan Factory Reset.

Perhatian!
Keempat langkah di atas hanya digunakan untuk flashing atau update menggunakan ROM resmi atau ROM Official Xiaomi. Jika ingin menggunakan custom ROM, harus menggunakan TWRP Recovery.

Demikian 4 Cara Update / Flashing ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap.

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama melakukan flashing dan update Xiaomi serta referensi dari Flashing Guide en.miui.com. Saya berhasil melakukan uji coba pada perangkat Mi4C, Mi5 dan Redmi Note 3 Pro saya sendiri. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Pada devices tertentu, bisa saja sinyal 4G hilang!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 318 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

250 Comments

  1. saya menggunakan mi max 2, coba flash pake cara #2. Melalui Aplikasi Updater tp setelah masuk proses recovery mode tidak ada pilihan “instal update zip to system”. Mohon pencerahannya Gan….

    • Metode ini hanya tersedia untuk perangkat Xiaomi lama, sementara Xiaomi terbaru sudah tidak ada Mode Recovery dengan pilihan Install update.zip to System.

  2. Gan…saya berencana mengganti rom global stable 8.5.6.0 yg sdh fix 4g tanpa UBL ke rom china, sy menggunakan redmi note 3 pro Qualcomm (3/32), cara yg mana ya yg cocok utk mengganti ke rom china?

        • Gini gan, ane prnh coba kalau udah pasang TWRP dan Fix 4G, setiap ganti ROM itu harus selalu pakai Fix 4G. Jadi kalau agan mau ganti ke ROM China, bisa pakai TWRP tapi tetap lakukan Fix 4G, kalau ga bisa bootloop.

          Kalau ga mau fix 4G (karena ROM China ga butuh ini), harus lewat metode EDL Mode + Mi Flash Tools menggunakan ROM Fastboot..

          • Boleh step by step nya gan metode EDL Mode + Mi Flash Tools menggunakan ROM Fastboot dg kondisi xiaomi sy seperti yg sdh sy jelaskan?

          • sama kyk pemasangan TWRP gan. Tp file twrp nya ga perlu. kemudian ROM yg digunakan ganti ROM china yg agan mau. kemudian cara ini akan menghilangkan TWRP.

            kalau mau aman dan simpel sih flash pakai TWRP aja tp jangan lupa lakukan fix 4G sebelum masuk ke homescreen.

            kalau boleh tau ganti ke rom china kenapa gan?

  3. Ganti ke rom china karena ngg mau ribet utk install fix 4g gan setiap ada update rom, selain itu setelah beberapa waktu menggunakan fix 4g n rom 8.5.6.0 kok saya tidak bisa masuk ke line menggunakan alamat email yg sdh terdaftar dan tdk masuk ke aplikasi beep’n go, padahal sebelumnya baik2 saja gan…

  4. Min, ini perangkat saya:
    1. Xiaomi MI5 (beli online, jadi ROM nya abal-abal / MIUI 7)
    2. Laptop HP Presario 64 bit win 8.1 ram 8GB core i3)

    Setelah saya perlajari, saya pakai flashing metode 4.
    Semua perintah saya lakukan kecuali download ROM nya adalah ROM MIUI 9, seperti yang Mimin berikan optional di paragraf2 akhir. Saya download lah MIUI 9 Xiami MI5 di link itu.

    Step per step perintah lancar, sampai pada akhirnya klik “flash” di aplikasi MiFlashnya, terjadi error. Saya bingung, apakah kesalahan saya ada di ROM yang salah atau ada step saya salah atau memang HP saya tidak bisa diflash.

    Mohon pencerahannya Min…

    • Sori baru kebaca komentarnya..

      Coba periksa ROM yang diunduh, apakah ROM Fastboot (.tgz/tar) atau ROM Recovery (.zip)? ROM yang diunduh seharusnya ROM Fastboot berekstensi .tgz atau .tar bukan ROM Recovery (.zip)

      Kalau hasil unduhan berekstensi .tar, perlu di ekstrak 2 kali gan. Hasil ekstrak pertama biasanya menghasilkan 1 file aja, rename kembali dengan menambah .zip kemudian di ektrak lagi. Letakkan hasil ekstrak pada folder tanpa spasi.

      Setelah itu coba lakukan flashing ulang dan jangan salah memilih folder.

  5. gan mau tanya ,saya kan pengguna baru xiaomi nih, hh sya mi4c, petama beli rom nya abal” dri distributor yg banyak iklan menggangu, trus sya pakai cara agan yg flash via update ke rom china official, nah berhasih kan, beres tuntas gak ad iklan sama rom ny stabil ,,, nah di forum xiaomi kan mi4c dapet update ke miui 9 ,, tapi itu kan yg versi devloper,nah apakah saya bisa update dari rom miui china official ke rom miui 9 devloper via update recorvery ?
    posisi hh sya blum di unlockbootloader
    terima kasih……

    • normalnya ga ada bg. tp ga selamanya bs menggunakan cara pertama misalnya krn sblmnya rom abal2 atau update dr stable ke dev dan sebaliknya.

  6. Gan, kalo miui stable sama developer bedanya apa sih gan?
    Di versi developer Ada aplikasi Yg ga jelas kaya di stable ga?
    Dan lebih baik yang mana?

  7. Bang aku punya masalah ni updatetannya ada di pemberitahuan tapi pas aku buka kok nggak bisa di update, di updaternya (sistem uptade) ada tulisan “no update available” aku pencet try again juga sama mohon bantuannya bang

  8. Can’t verify update
    Current version is illegal, only allowed to flash the latest stable version.
    Ini kenapa ya gan? ane mau update ke MIUI9 redmi note 4x qualcom lewat cara pertama malah keluar tulisan begini

  9. Ane pake Mi4c coba cara 1 setelah reboot versi ROM ga berubah berarti gagal ya Gan?
    dan pake cara ke-2 juga ga bisa berarti harus pake cara ke-3 ya?
    Dari 7.10.26 mau ke 7.11.9

    • Loh gan, kok bisa sampe ke 7.10.26 caranya gimana? Normalnya bisa dari 7.10.26 bisa ke 7.11.9

      Kl tetap gagal iya harus pakai cara ketiga..

  10. gan mi4c rom ane miui global 7.3|stabil 7.3.2.0.0(LXKCNDD) msh unlock bootloader, jika diupdate miui 9 Xiaomi.EU pake cara no 4 bisa tidak?
    terimakasih, maaf msh pemula

  11. iya gan.
    punya ane juga abal2 nih. 8.2.5.0.0 mamcnea.
    cara 1. ud download lama, can’t verified
    cara 2. pas dimasukin recovery yg muncul pcsuit
    cara 3. mau UBL, pake 1001 cara ttp stuck di 50%
    tinggal 1 jurus trsisa, cm ragu aj gan.
    klo misal gagal, cara 5 ga ad ya gan?
    duh, jd patah semangat. ngliat HH tmn ane pada miui9 smua, pny ane abal2 sndri. hehe

    • Wah iya neh susahnya kalau ROM Abal-Abal, memang ROM kutukan.. Cara 4 ini juga ternyata ga bisa untuk beberapa HP Xiaomi terbaru.. HP apa gan?

        • Wah gan.. Ane jg pny Redmi 4X, ga bs masuk mode EDL sblm UBL.. Security-nya Xiaomi meningkatkan utk HP keluaran terbaru.. Jadi langkah 4 pun ga bisa di HP ane. Tapi HP ane garansi resmi, jadi dapet Rom asli dan bs UBL.

  12. gan mau tanya,, saya baru beli Xiomi Mi 5X. nah room nya kan abal2. terus udah bisa unlockbootloader, dengan bukti twrp berhasil di instal kemudian saya download room terbaru http://bigota.d.miui.com/V9.0.3.0.NDBCNEI/miui_MI5X_V9.0.3.0.NDBCNEI_2d6f6aceb1_7.1.zip
    saya instal melalui twrp, tapi keterangan failed gan. tarus saya hidupkan HH nya udah ga bsa lagi. mentok di logo MI. di flash dengan mode oem edl juga ga masuk dia gan. jadi solusi nya gimana ya? tks sudah membantu

  13. Keterangan di CMD sudah
    Device Unlocked : True
    tapi setelah di lakukan flash dengan langkah no. 3 kteranangan seperti ini Unspecified error (0x80004005:error:cannot load ‘F\Android\Data’:No Error)
    gimana itu gan

      • Oke sukses maknyus gan. tks infonya
        tapi ada permasalahan lain. setelah berhasil sinyal 4G nya hilang ya gan, di setting di *#*#4636#*#* pilih LTE only, tapi hilang sinyal nya, kenapa ya gan? tks

    • MI4C dan Mi5 ane bisa gan.. Sbnrnya yg buat gagal itu kan versi nya.. Kl distributor buat jauh di luar versi yg ada (terlalu tinggi), iya ga bisa krn dianggap udh update terbaru. Jadi mmg dicoba2 gt la gan…

  14. Oke sukses maknyus gan. tks infonya
    tapi ada permasalahan lain. setelah berhasil sinyal 4G nya hilang ya gan, di setting di *#*#4636#*#* pilih LTE only, tapi hilang sinyal nya, kenapa ya gan? tks

  15. Gan, saya mau nanya saya udah download Rom yang full rom, tapi untuk fast boot saya belum download apa kah berpengaruh untuk fast boot nya ?

    • Loh gan.. tergantung metode update nya.. Kl ROM fastboot pake mi flash, kl ROM Recovery (.zip) via updater. Jadi ga perlu dua2nya diunduh..

  16. Min saya udh pake cara 1, tampilan pas booting gambar logo nya udh miui 9 (petir biru). To pas udh masuk ttp miui 8. It kenapa ya min? Mohon petunjuknya hehe

  17. Gan numpang tanya, punya sy redmi note 3 pro, rom yg tidak ada masalah dgn jaringan 4G apa ya? Rom skrg 8.0.6.0 tapi tidak pernah dapat info untuk update, apa yg salah ya?

  18. gan rom ane miui global 7.3|stabil 7.3.2.0.0(LXKCNDD) lolipop diupdate cara 1 gagal, lok pake cara 4 download rom fastbootny miui 9 stable china apa miui 8. Rencana mau flash cara 4, trs ganti miui 9 multirom?

    • Pakai MIUI 8 Gan, jangan MIUI 9 China Stable, ROM ini belum bisa dipasang TWRP, bisa bootloop. Stlh flashing dengan cara 4 MIUI 8, pasang TWRP kemudian flashing ke MIUI 9 MultiROM.

  19. Gan saya update pakai cara No 4, setelah masuk edl hh tidak kebaca di PC “Unknown USB Device (Device Descriptor Request Failed” udah Q coba cara agan tapi tetap G bisa di Windows 10/ 8, mohon solusinya Gan (Xiaomi MI4C) Tks

  20. Om.. Xiaomi saya redmi pro sepertinya menggunakan Rom abal2, apa yg harus saya lakukan. Om.. misal saya ganti Rom global stabil bisa kah? Saya baca artikel anda sepertinya cara yg ke 4,cuma saya mau tanya.. itu untuk proc Qualcomm sedangkan punya saya mediatek,ada kah solusi om? Soalnya redmi pro saya kurang maksimal,ada aplikasi2 tertentu yg tidak bisa saya gunakan maksimal. Atas penjelasannya saya ucapkan. Terimakasih

    • Loh kl Pro hrsnya Qualcomm. Kl mediatek tools yg digunakan beda om.. Pake SP Flash.. Ane ga ada tutorial nya krn ga pny Xiaomi yg mediatek.. Googling aja om..

  21. gan nanya lg, he…
    rom mi4c ane miui 8(lolipop) 6.6.17 beta, china dev, pengen update multiroom, misal sdh ubl trs gmn gan, instal twrp yg apa gan?, trims..

    • Ga bs gan dr lgsg.. Kl udh UBL flash dulu ke MIUI 8 Nougat pake Mi Flash Tools, kemudian pasang TWRP Nougat dan update ke MultiROM MIUI 9.

  22. Mantabs tutorialnya, lengkap. Membantu banget nih dimintain tolong buat ganti rom abal-abal reno 3 pro.
    Makasih Gan. Sekalian nanya. Kalau RENO 3 PRO ROM ABAL-ABAL yang paling rekomended pakai metode yang mana? Kalau bisa sih yang gak pakai UBL. Makasih.

  23. Trims artikel nya gan, akhirnya Xiaomi mi4c normal kembali…selamat tinggal ROM Abal-abal…..
    sekali lg trimakasih gan……

  24. Gan hp saya kan Xiaomi redmi 3 pro(prime) ram 3/32 abis upgrade yang tadi nya Rom bawaannya ke MIUI 8 global 8.5.3.0 laimied terus masalah nya Gaada 4g nya,ini mau ganti Rom enaknya yang apa gan dan MIUI berapa terus ganti Rom nya yang gapake PC soalnya gapunya laptop ?

  25. Gan…artikel xiomi di atas sudah di kupas tuntas metode flash dari dasar hingga expert.. Perfect !!!

    Gan ane mau request gan di web agan…buatkan donk handphone samsung gan kisi kisi flashing seperti artikel xiomi di atass yg dikupas secara detail sempurna..thanks gan semua ilmu yg bermanfaatnya..semoga berkah

  26. Gan ane sudah coba pake cara 1 dan 2 tp kog gak bisa ya, keterangannya Error applyng update, itu kenapa ya?? mohon pencerahannya hp ane redmi 2 MIUI 7.0 I STABIL 7.0.9.0.0 (KHJCNCI)

      • Kl donlot nya lwt idm biasanya ekstensi nya .tar, kl ini diekstrak hasilnya cm 1 file aja.. 1 file ini di tambahin .Zip kemudian diekstrak lg. Hasil ekstraknya byk file..

        Atau bs jg yg diunduh bukan ROM fastboot (.tgz), tp ROM Recovery (.Zip)

        Atau bs jg salah pemilihan lokasi file hasil ekstrak..

        Intinya wkt flashing ga nemu file flash_all.bat nya.

  27. gan hp ane redmi 3s dan menggunakan ROM abal2 dan ane mau pindah ke ROM resmi hrs menggunakan cara 4 ya ? soalnya udah coba buka ubl tpi stuck di 50%

  28. Permisi, mau nanya, ane baru beli Mi 5x miui 8.5 stabil 8.5.6.0.0, katanya sih rom distributor, saya mau update via updater gak bisa, terus pakai cara yg mana gan biar bisa update ke miui 9 yg resmi dan aman gitu, takutnya Malah Logo doang nanti

  29. Gan help, ane mengalami kendala saat proses flashing error dan bacaanya (object reference not set to an instance of an object) itu gmna gan mengatasinya? Hh ane redmi 3s blm ubl dan rencana mau ganti rom dr distributor ke resmi. Sempet ada kendala jd utk msk download mode tp sukses pake cara vol up + power walaupun gk ada kelap kelip. Thx gan sebelumnya and perlu bantuannya (tp hhnya tidak bootlop)

  30. Gan setelah pake mi flash cara ke 2 error bacaanya jd gini. The filename, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0x80070007:b Open progammer “MPRG*.hex

  31. Bang, HH ane Redmi 4 prime posisi di miui 8 global stable, mau up ke miui 9 global stable lewat app updater.. Abis download mau instal kok ada warning cant verify gitu kenapa ya? Posisi msh prawan blm root/ubl/oprek.

  32. Assalamualaikum, ane mau tanya nih gan redmi note 3 pro ane habis ane update rom nya ke versi 9.2.3.0 (MHOMIEK) stable nah 4Gnya ke lock, kalo ane pindah ke rom china V8.5.5.0 (MHOCNED) stable itu 4G nya bakal muncul? Kalo muncul ane mau pindah ke rom china aja, untuk pindah dari rom global stable ke china stable sendiri itu bisa lewat updater? Ditunggu respon nya gan. Terima kasih

  33. Hi gan. Mau minta pencerahannya nih.
    Saya pake redmi 3s, Saya iseng mau coba update Android biar jadi version Oreo/8.1. Berhasil nih ceritanya, Dan si miui nya itu ilang gan. Ada cara ga untuk ngembaliin si miui nya? Thanks gan sebelumnya.

  34. Assalamu’alaikum… mau nanya mas.. Sy pake redmi 5+, hp sy eror gr2 update rom stable miui 9.2.6.0 via ota.. Donlod pertama gagal d 90 persen, donlod kedua lancar… Pas instal ternyata gabisa, muncul tulisan kecil di layar bawah: this miui version cannot installed….diatasnya ada 3 pilihan gede2 tulisannya wipe data, reboot to system, sama connect mi assistan… Sdh tak coba gaisa balik awal… Tetep masuk di mode itu… Coba flash pake mi flash, ada tulisan could not find flash_all.dat,. Fastboot bisa kok, ke detect jg di mi flashnya… Mohon responnya… Hiks

    • Karena proses pertama gagal gan.. Kyknya jaringan ga stabil jadi ROM nya corrupt. 3 pilihan itu mode Recovery. Flash pake Mi Flash ga bisa karena belum UBL.

      Kalau masuk mode EDL bisa ga? Menggunakan langkah 4 artikel ini..

      • Sy coba tahan power sama vol down, masuk mode fastboot, muncul gambarnya fastboot jg… Trus trnyata sy slh download, yg sy downlod rom recovery, harusnya kn yg rom fastboot yg format tgz.. Nah uda tak donlod nih yg tgz, flash jalan, cm baru bbrp detik muncul kode2 sama tulisan “flash modem error” klo cara ke 4 blm dicoba, masih belum paham… Hhee malah rencana mau minta dibetulin langsung nih sama agan… Wkwkwkwk… Hiks hiks

  35. Jadi intinya gini bang ya..
    Kalo belum UBL, cuma bisa pake cara ke 4 ya kalo misal hp bootloop..?
    Miflash buat win XP apa ada?

  36. Gan. Ane blm sempet nyoba cara yg harus konek ke pc/laptop. Soalnya xiaomi ane ga bisa konek ke pc. Udh download miui usb setting. Udh setting usb debugging. Tp msh ga bisa ke baca di pc. Udh install pc suit jg ga kebaca. Gmn ya gan??? Fix. Xiaomi ane masuk kategori kudu di benerin pake cara 4 soalnya

  37. gan make cara 1 gk bisa gan, gak ngaruh apapun, kalau make cara 2 harus plugg ke pc terus pas udh di plugg gk terjadi apa apa belum masuk recovery modenya

  38. Jelas sekali artikel dan tutorial nya mungkin nti ane coba tutor no.3 ,
    kebetulan HH ane redmi note 4x snapdragon lg bootloop izin bookmark dulu,
    yg mau ane tanyakan HH ane sebelum bootloop udah UBL+Root dan trpasang twrp,
    apakah setelah flashing by miflash masih tetap UBL kondisi ini HH?
    Makasih banyak sebelum nya

    • Bisa kali gan kl udh UBL.. Wkt flash pilih clean all biar ttp UBL dan hapus baris tertentu biar data ttp aman.. Cari di blog ane ttg cara mengatasi bootloop biar lbh jelas..

  39. Gan… Ane dah UBL HH Reno 4x ane,ane udah nyoba install recovery nya ternyata masih gagal. Ane mau coba flashing HH ane. Setelah baca yg metode ke 3, di akhirnya ada tanda klo hp nya bootloop. Penyebab bootloop ya apa ya gan?

  40. Maaf mlenceng dikit.. hp sy xiaomi mi 4a trus d pke buat karaoke tuh pke joox dan pke headset samsung, trus klyar suara ky radio stiap kali tken apk atau kirim wa. Sdh sy cb saran dr bberapa web untuk update rom udh smpe 2x update smpe miu 9 msih kresek” klo miunya ini spertinya china krna codenya CN, trus klo pake cara di atas apakaj bisa buat ngatasin untuk ngilangin suara kresek” saat wa putar vidio dan pencet apk d hp saya..? Di forum miu sruh cb d flash..? Trimakasih

  41. min hp sy xiaomi mi4i sudah sy flash (fastboot) kok masih saja bootloop, sy pake win7-32bit dan win8-64bit sudah gonta-ganti stockroom masih saja bootloop mohon pencerahannya…

  42. Gan, mau tanya hp saya mi 5 dengan versi miui 8.0.2.0 (MAAMIDG) global 8.0
    Jika saya mau update ke miui 9 dengan cara pertama apakah harus update dulu ke versi 8 yang terakhir atau gimana?
    Dan yang kedua jika update dengan cara pertama bagaimana dengan file yang kita perbarui akan tertumpuk banyak cache atau tidak?
    Terimakasih

  43. Gan hp qu mi3 garansi distributor versi 8.*.*.* begitu di update langsung bootloop, dan klaim garansi malah skrang v 7.0.5.0 apakah hp tidak bisa di update?. Trimakasih

  44. gan ane mau tanya gan, posisi HP ane Redmi note 3 qualqom 2/16 sekarang kan udah di MIUI terbaru 9.2.4.0 yang global stable ya, sudah UBL dan pasang TWRP.
    nah yang ane mau tanya jika ane hanya ingin melakukan flashing HP / install ulang pake cara FASTBOOT ke ROOM yang SAMA apakah tidak apa apa, karena saya berasa ne system ada berasa corrupt sedikit karena banyak yang aneh dalam pengoperasianya, dan jika sudah terjadi flash apakah TWRP saya akan hilang atau gmn?
    Terima kasih.

  45. Mau tanya gan, maaf ini sy msh awam, punyaq redmi 2 biasa miui 7.1.3.0. Stable, trs sy liat updater kok lngsng disuruh update ke miui 9.2.3.0. Stable, kira2 bisa nggx gan update dr 7 lngsng ke 9, dan bkal trjd mslh nggak ???

  46. maaf ini gan tny lg, kalo di update ke miui 9, androidnya jg ikut ke update dr kitkat ke lollipop/marshmallow nggak gan ???

  47. Gan redmi 5 plus saya suka freeze touchscreen kt tmn rom saya abal2, gmn cara update ke rom yg resmu gan?
    Kira2 kalo update hilang ga signal 4g saya karna bnyk cerita tmn abis update hilang signal 4g..
    Mohon wejangannya

  48. min, saya habis flash rom global dari rom china berhasil dan redmi 5 plus saya work 100%, kemudian saya ingin relock agar lebih aman dari malware dsb, tapi setelah di relock, kok stuck bootloader?

  49. maaf gan ternyata ane salah faham, kirain klo ada titik 3 brrti bootlop, ternyata sukses gan,,
    thx tutornya, si reno ane udh nyala lagi..

  50. Hp sy redmi 3s 3/32 gan .. Pake rom miui 9.5.1.0 global stabil malmifa
    Cuma ad kendala di mic bawah,klo ad telp lawan bicara gk bs dgr suara..tp klo diloadspeaker br bs dengar gan.
    Solusinya gm y gan

  51. Bang… Xiaomi Mi5 Abang berhasil pake cara yg mana? Dan itu Abang update Rom dari Rom apa ke Rom apa? Saya user Xiaomi Mi5 Rom abal2 7.3.4.0.0

        • Dari ROM abal-abal (ane lupa versinya) ke ROM MIUI 8 Global Stable saat itu, sekarang sudah di ROM MIUI 9 Global Stable..

          • Kalo saran Abang buat Mi5 saya yg sekarang masih pake Rom abal2 7.3.4.0.0 pake cara pertama (system update), download nya Rom MIUI versi brp? Kemarin saya download yg MIUI 9.2.1.0 global stabil gabisa… Terus download lagi MIUI 8.5.3.0 global stabil tetep gabisa Bang

          • Versi abal-abal agan yang ngaco banget jadi ga bisa dengan cara pertama.. Agan coba flashing via EDL mode, langkah 4..

  52. Gan mau tanya,,kalo redmi 5 plus saya mau diganti rom resmi dari rom abal² apakah bisa pakai langkah 1?kondisi hp tidak bisa ubl padahal waktu dites sudah unlock tapi di hh status masi ke lock,,apa harus pakai langkah 4?

      • gan hp saya sudah ganti rom official china global stable,, kalo mau ganti rom global stable via updater bisa nggak ya? kondisi hp belum UBL

  53. Gan sy mw unlock bootloader trus hrus ganti rom ke dev china tp kok gk bisa ya flasing lewt via updater. Mhon pencerahannya gan..

  54. Gan punya saya Rom global asli bukan ya?
    MIUI global 9.5|Stabil
    9.5.18.0(ODGMIFA)
    Itu asli bukan gan? Soalnya 5 digit kan?
    Global bukan

  55. gan kalo pindah dari miui 9 ke miui 7 bisa gak pake recovery mode?pliis gan jawab,saya baru tau kalo miui 9 di mi4c bermasalah,pas main ML pasti selalu force close

  56. Ass wr wb mas, punya saua MIUI GLOBAL 8.0 stabil 8.0.1.0 0 (MHQCNDG) ini abal abal ya gan? Kalo mau versi global untuk redmi pro gimana ya? Atau cuma ada rom chinanya? Terus kalo cuma ada rom Chinanya gimana cari rom globalnya?

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.