Cara Cek Mengetahui Kode Ekor Berapa Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu

Cara Cek Mengetahui Kode Ekor Berapa Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu | foldertips.com – Jika kamu membeli Redmi 2/Prime dari distributor resmi di Indonesia, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Redmi 2/Prime dengan kode HM2014817 (ekor 17) karena memang hanya tipe ini yang dipasarkan di tanah air. Tapi akan berbeda jika membeli dari distributor tidak resmi, kamu akan mendapatkan kode ekor yang acak.

Bahkan hampir semua seller online tidak bisa memenuhi permintaan kamu untuk request kode dengan ekor tertentu.

Saya sudah coba menghubungi beberapa seller namun hampir semuanya tidak bisa memberikan Redmi 2/Prime dengan kode HM2014813 (ekor 13) yang saya minta. Sampai akhirnya saya menemukan satu pelapak yang bersedia memberikan Redmi 2/Prime dengan ekor 13.

Tapi setelah barang diterima, saya cek di belakang box tertulis kode HM2014811, berikut gambarnya..

cek kode ekor redmi 2 prime

Lah..

Padahal saya mintanya Redmi 2/Prime dengan kode 2014813.

Saya coba hubungi seller kembali, seller bilang bahwa tulisan di kotak itu cuma stiker saja, smartphone di dalamnya adalah tipe ekor 13 sesuai dengan IMEI.

Akhirnya saya coba buka box untuk melihat langsung kode ekor yang berada di belakang baterai.

Mari kita lihat…!

cek kode ekor redmi 2 prime

Nah lo..!

Kok bisa berbeda semua, jadi mana yang benar? Saya pun tak tahu… Hahaha..

Kl begitu, bagaimana mengetahui kode yang benar secara hardware dari Redmi 2/Prime kalau kasusnya seperti ini?

Lanjut baca artikel ini..


Cara Cek Mengetahui Kode Ekor Berapa Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu

Cara Cek Mengetahui Kode Ekor Berapa Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu

Normalnya, cara mengecek kode ekor pada Redmi 2/Prime adalah dengan melihat kode yang tertera pada box belakang Redmi 2/Prime kamu (seperti gambar di atas).

Jadi seharusnya kode pada kotak belakang harus sama dengan kode pada stiker di belakang baterai.

Jika sama, harusnya kamu tak perlu ragu lagi..

Selain cek fisik, kamu juga bisa menggunakan software CPU-Z atau Device ID yang bisa di unduh melalui Google Play Store.

Namun CPU-Z dan Device ID juga tak bisa dijadikan patokan utama pengecekan kode ekor Redmi 2/Prime ini.

Mengapa?

Sudah saya uji, setiap saya ganti ROM atau ganti file modem, maka kode Model device di CPU-Z atau Device ID juga berubah..

Lihat ini..

Cek rekor Redmi 2 dengan CPU Z

Kalau kejadiannya seperti ini, lalu cara apalagi yang bisa digunakan untuk mengecek kode ekor Redmi 2/Prime kamu?

Uji coba yang saya lakukan adalah memahami karakteristik dari smartphone Redmi 2 Prime yang saya miliki.

Setelah membaca artikel Mengenal Kode Ekor Xiaomi Redmi 2/Prime (Penyebab Sinyal Hilang), maka bisa kita pahami bahwa Redmi 2/Prime ekor 13 itu ROM aslinya adalah ROM China disini » 红米手机2.

Jadi apabila saya memasang ROM Global dan sinyal hilang, artinya Redmi 2 Prime saya bukan ekor 17 (pasaran Indonesia).

Jika saya flashing file modem NON-HLOS.bin milik ekor 11 (pasaran global) tetap tidak ada sinyal, artinya Redmi 2 Prime saya bukan ekor 11.

Nah pada saat saya flashing mengunakan file modem milik ekor 13, ternyata sinyal langsung muncul tanpa masalah. Kemudian untuk memastikan lagi, saya coba flashing menggunakan ROM aslinya Redmi Prime HM2014813 ternyata sinyal juga muncul.

Jadi dari uji coba saya di atas bisa saya simpulkan bahwa Redmi 2 Prime saya ini adalah Redmi 2 Prime HM2014813 (ekor 13).

Nah begitu juga sebaliknya, jika kamu memiliki Redmi 2/Prime, coba flashing dengan file modem ekor 13 atau ekor 11/17, file modem mana yang berhasil memunculkan sinyal maka bisa dipastikan tipe smartphone kamu adalah sesuai file modem yang sukses mengembalikan sinyal.

Demikian Cara Cek Mengetahui Kode Ekor Berapa Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

6 Comments

  1. Memamgnya kelebihan ekor 13 apa,Mas? Setahu saya kalau ROM China … orang Indonesia pasti kesulitan dengan bahasa ? Saya baru 3 hari mencicipi redmi2 prime. Saya pun membeli yang “versi distributor”, kebetulan seller memberi saya “ekor 11”. Saya belum faham istilah “ekor” pada redmi2. Karena di komunitas redmi 1s tidak dikenal istilah itu ? Ada baiknya juga bila Mas berkenan memberikan informasi tentang “cara klaim garansi HH distributor”. Redmi2 prime saya memang belum menunjukkan gejala “error” yang krusial. Hanya saja jika terlalu lama tidak dioperasikan suka mati sendiri walau battery mencukupi. Untuk penanggulangannya, saya menonaktipkan mode screen saver. Terima kasih atas infonya, sangat membantu untuk pemilik baru redmi2.

    • Ekor 13 banyak pilihan jaringannya mas termasuk bisa Smartfren.. “Hanya saja jika terlalu lama tidak dioperasikan suka mati sendiri walau battery mencukupi” ini kayaknya dialami hampir semua pengguna seri Redmi 2 yang beli di Indonesia termasuk saya Mas.. Kyknya ada part yang sudah ga asli lagi. Kalau di HH saya itu kameranya palsu..

  2. thanks bgt gan sangat membantu , di belakang bagian batrai untung aja ekornya sama2 angka 13 jadi gak repot2 ? semoga sukses terus

  3. om kasus saya redmi 2 kode 2014812 di stiker hp maupun body, namun di kardus 201411, di stiker kardus 201412 barusan beli 2nd distributor the one. Nah ternyata jaringan tidak muncul 4g, ini sebenarnya kode 12 untuk negara mana dan bisa suport 4g gak

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.