Cara Update / Flashing Mi 4C Ke ROM MIUI 9 Global Xiaomi.EU

Cara Update / Flashing Mi 4C Ke ROM MIUI 9 Global Xiaomi.EU

Cara Update / Flashing Mi 4C Ke ROM MIUI 9 Global Xiaomi.EU | foldertips.com – Beberapa waktu lalu Xiaomi telah merilis MiUI 9 yang dikabarkan memiliki segudang fitur baru untuk memanjakan penggunanya terutama dalam hal peningkatan kinerja serta fitur-fitur baru seperti Image Search, Smart Assistant, Smart App Launcher, dan Split Screen Mode.

Lebih jelasnya kamu bisa baca di 20 Fitur Terbaru MiUI 9 Yang Keren Banget, Cekidot Gan!

Perangkat Xiaomi yang pertama kali mendapatkan update MiUI 9 Global Beta ROM adalah Redmi Note 4/4X dan Xiaomi Mi 6.

Pada putaran kedua, bagi kamu pengguna Mi4C juga sudah bisa menikmati keunggulan dari MIUI 9 ini. Tapi, tentunya lagi-lagi tidak ada ROM versi Global-nya, hanya ada ROM versi China. Ya.. karena Xiaomi Mi4C memang dipasarkan hanya untuk negara asalnya saja, yaitu China, bukan untuk belahan dunia lainnya.

Bagi kamu yang gerah menggunakan ROM China karena tidak ada Google Play Store-nya, ganti ROM kamu dengan ROM Global Xiaomi.EU MiUI 9.

Apa itu ROM Global Xiaomi.EU?

ROM Xiaomi.eu adalah ROM Official China yang dimodifikasi oleh Developer ROM MIUI Europe sehingga menjadi seperti ROM Global atau ROM International.

Ini komunitas-nya » https://xiaomi.eu/community/

Apa kelebihannya?

Tentunya seperti ROM Global, ada Google Play Store dan Google Apps lainnya sehingga kamu tidak perlu ribet dengan Waiting for Wi-Fi atau harus ribet menginstall aplikasi dari Google Play Store yang masih bermasalah di Android Nougat.

Namun ROM ini tidak ada Bahasa Indonesia-nya.

ROM Xiaomi.Eu ini memiliki versi stable dan versi developer dengan update yang sangat cepat. Kelebihan lainnya, Smartfren 4G LTE dapat berjalan dengan baik pada ROM ini..

Bagaimana caranya, ikuti panduan berikut ini..


Cara Update / Flashing Mi 4C Ke ROM MIUI 9 Global Xiaomi.EU

Cara Update/Flashing Xiaomi Mi4C Ke ROM Global MiUI 9

Untuk mengganti ROM Mi4C ke ROM Global Xiaomi.EU MIUI 9, pertama kali kamu harus meng-update ROM MI4C kamu ke ROM MIUI 8 based Android Nougat, jika memaksakan dari ROM Lollipop, device kamu bisa bootloop.

Baca cara update ROM Xiaomi di artikel 4 Cara Update (Flashing) ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap.

Tapi jika saat ini ROM MI4C kamu sudah MIUI 8 Nougat, langsung saja pasang TWRP di bawah ini..

Langkah Update / Flashing Ke ROM Global Xiaomi.EU MIUI 9 Via TWRP

Cara ini hanya berlaku jika saat ini Mi4C kamu menggunakan ROM dengan based Android Nougat baik ROM Global ataupun Custom ROM yang telah unlock bootloader.


Persyaratan sebelum melakukan flashing :

Bahan yang dibutuhkan :

Jika sudah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan-bahan di atas, ikuti langkah berikut ini..

Langkah Update / Flashing Menggunakan TWRP Recovery

Setelah masuk ke TWRP Recovery Mode, scroll ke kanan pada Swipe to Allow Modifications, selanjutnya pilih Wipe.

Cara Update/Flashing Xiaomi Mi4C Ke ROM Global MiUI 9

Scroll ke kanan pada “Swipe to Factory Reset”, tunggu proses hingga selesai. Kemudian pilih Back.

Cara Update/Flashing Xiaomi Mi4C Ke ROM Global MiUI 9

Kemudian pilih Install, dan pilih ROM yang telah kamu salin pada internal storage kamu.

Cara Update/Flashing Xiaomi Mi4C Ke ROM Global MiUI 9

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, kemudian pilih Reboot to system..

Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Setelah beberapa detik pada saat booting yang muncul hanya logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Tadaa…!

Sekarang Mi4C kamu telah beralih ke ROM Global Xiaomi.EU MIUI 9.

Cara Update/Flashing Xiaomi Mi4C Ke ROM Global MiUI 9

Demikian Cara Update / Flashing Mi 4C Ke ROM MIUI 9 Global Xiaomi.EU.

Share jika bermanfaat..

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Mi4C saya sendiri. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick / Hardbrick Xiaomi MI 4C (Libra) untuk mengatasinya.


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 245 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

256 Comments

    • Serius gan? Ane skrg pake ROM yg sama aman2 aja gan.. Coba di factory reset dulu sekali gan..

      Edit..

      Oh sori gan ane ga fokus.. Hahaha.. sip kl gt..

  1. gan tadi rom base sy lolipop, trs sy flash pake cara ke 1 sukses, tp mi4c sy jd ga kedetek di pc. trs cb install twrp, pas ketik adb devices ga detek, tp pas sy masukin mode fastboot hh sy, trs sy ketik fastboot devices bru kedetek, trs install twrp muncul pesa sukses, trs sy cb buka yg muncul mi recovery, klo bisa kasih tau ap ya penyebab nya ga bisa masuk twrp?

      • uda ane install gan dr link yg ente kasih, tp tetep pas ane ketik adb devices ga muncul 8 angka tanda udh konek.

        trs ane masuk fastboot manual dg tekan up + power, trs ane ketik fastboot devices bru muncul 8 angka itu, trs ane ketik fastboot flash recovery twrp.img trs muncul sukses spt tutor, tp pas ane masuk recovery yg muncul cm mi recovery ga muncul twrp. mohon gan kasih solusinya, ane pengen make miui 9 gan

    • Iya bener juga.. Haha.. Pake perintah dikomentar ane di atas bisa lgsg masuk ke TWRP secara otomatis tanpa tekan tombol, ane baru coba jg..

  2. slsai install twrp biasanya ane reboot dlu, entah knp ane ga reboot dlu Dr mode fastboot lngsung tkan up + power Dan tadaa bs masuk twrp. Haha

  3. Nuhun kang Admin, miui9_eu nya sukses. saya ada cerita sedikit ni.
    awalnya sih ga bisa di instal miui9_eu, karena 4C saya udah keburu di update ke miui9 dev_china. Jadi ga UBL padahal sebelumnya udah UBL waktu di miui8. Trus ga bisa di install TWRP nya. Udah buntu banget, mau dibalikin miui8 ga bisa.
    Ternyata Miui9 tuh cara UBL nya harus pake miflash_unlock-en-2.3.803.10 yang terbaru. Setelah itu baru bisa install TWRP 3.1 nya dan langsung instal miui9_eu. DONE!!!

    • Kalau pakai MultiROM yang base Androidnya Nougat bisa langsung Gan, tapi kalau Lollipop ga bisa, pasti bootloop. Harus upgrade dulu ke Nougat.

  4. Gan, mi4c ku masih miui 7.1 stable china official. Pengennya instal miui 9 eu.
    Langkah2 nya gimana gan, apa sama dengan langkah kedua?

  5. gan, kalo udah diupdate ke ROM MIUI 8 Stable Nougat dari ROM Custom bootloadernya ke lock ga? seandainya ke lock ada ga cara unlock bootloadernya tapi tidak melalui sms?
    thanks..

    • Udah pernah ngeunlock lwt SMS gan? Kl udh tinggal di unlock lagi pakai mi unlock tools, tinggal sekali klik aja ga perlu request lagi.

      • kalo mw ganti ke ROM Global Xiaomi EU MiUI 9 kan harus dari ROM Official Xiaomi MiUI 8 Nougat, masalahnya setelah di flash ke ROM Official Xiaomi MiUI 8 Nougat bootloadernya jadi kekunci, sedangkan syarat upgrade ke ROM Global Xiaomi EU MiUI 9 harus unlock bootloader. ada ga cara unlock bootloader miui 8 nougat tanpa melalui sms.. ? kalo downgrade ke ROM libra 6.7 bukannya tetap harus upgrade dulu ke ROM Official Xiaomi MiUI 8 Nougat gan supaya bisa upgrade ROM Global Xiaomi EU MiUI 9? jadi muter2.. 🙁

  6. Gan, ane posisi skrg miui 9, 7.8.14 beta.
    NgeLAG,boros batre, cpat panas.
    Mau coba yg agan punya ni,
    Tp mau lewat TWRP.
    bisa d.bantu gan…
    Romnya yg untuk TWRP

  7. Bisa kalau berhasil menggunakan System Update atau Recovery Update. Tapi kalau gagal ya harus pakai fastboot update dan sudah UBL.

    • Ane pernah flashing langsung dari Xiaomi.eu Lollipop ke EU MiUI 9 kondisi UBL, bootloop gan.

      Sepertinya karena TWRP-nya ga cocok untuk Nougat. Kalau TWRP-nya cocok (versi 3.1.1.1), ane belum pernah coba.

      Makanya di artikel ini kalau mau aman ane saranin update dulu ke ROM MIUI 9 Official (resmi), baru flashing ke Xiaomi.eu MiUI 9.

  8. mas,saya dulu udah download file yang bisa update via updater ( mungkin stable version miuinya) jadi,perlu ngikutin langkah diatas atau bisa langsung?

  9. Gan mu nanya nih, posisi rom china di 7.9.21 miui 9. Kalo mau ganti jd miui 9 eu bisa pake langkah yg ini atau downgrade ke miui 8 dulu? Kalau downgrade pake twrp yg mana yh cocok buat miui 9 rom china?
    Terimakasih

    • Blm ada yang cocok TWRP utk Mi4C MIUI9 China Gan, jadi downgrade dulu ke MIUI 8.5 pake ROM Fastboot kemudian pasang TWRP trus flashing ke ROM ini..

  10. gan, saya flash libra imagesnya kok dapet error ini
    :error:error: cannot load ‘F:\Flash’:No such file or directory

    ada solusi?
    apa harus di drive C?
    makasih

  11. Sebelumnya emang udah UBL resmi ya?

    Kl UBL resmi biasanya stlh ganti ROM baru terus login Mi Account otomatis lgsg ke unlock lagi gan..

    Kalau masalah gagal UBL, ane belum pernah ngalami selain yang ane tulis di troubleshooting disini.. https://www.foldertips.com/android/cara-unlock-bootloader-xiaomi/

    MiFlash Tools-nya sendiri juga ga tau error-nya apa ya.. unknown error (-1) Gimana dung..

    Coba flashing ulang lah gan ROM-nya, atau ganti pakai ROM Latest China Developer Version.. Tapi harus mode EDL karena belum UBL statusnya..

  12. gan.. kok pas Ekstrak file Fastboot ROM Xiaomi Mi4C (berakhiran .TGZ), sudah di rename menjadi berakhiran .zip kemudian ekstrak, tapi malah keluar winrar.diagnostic messages (unexpected end of archive & the file is corupt).. apa file fastboot room nya harus download ulang lg ya?

      • sudah gan berhasil download. tp pas diekstrak kok ga sama kayak yg digambar, padahal filenya bener .tgz & udah dirubah .zip . diekstrak cuma jd satu file

          • sudah berhasil gan.. tp pas adb devices, ga detect, jd pke cara yg ‘fastboot boot twrp.img’ di adb.. nah permasalahan nya tinggal terakhir nih om, setelah selesai install rom di twrp recovery mode, dan reboot system muncul jendela unmodified system partition “keep system read only?”. apa gw swipe to allow modifications aja?

          • Iya emang gitu om.. Wkt pertama kali masuk TWRP muncul itu.. Swipe to allow modification aja..

            ADB devices ga kedetek krn blm mengaktifkan atau mengijinkan USB Debugging.

  13. gan ane udh berhasil flash pake cara ke dua. nah pas masuk tahap pertama ga ke detect mulu sama adb nya. pas saya ketik adb devices selalu
    *daemon not running. starting it now on port 5037*
    udh usb debug udh oem unlock juga.
    terimakasih

  14. Maaf ni bang.. ni q sekedar sharing & tanya..

    klo menurut atikel” yg q baca.. mi 4c ini masih gak kebagian MIUI versi global resmi.. hanya versi cina aja.. apa benar bgitu?

    Trus klo emang ada.. ini versi global resmi ya gan..?? Mohon pencerahannya.. thx.. 🙂

    • Bukan ga kebagian bang, memang ga ada ROM Global-nya karena Mi4C ini cuma untuk pasaran China aja, jadi cuma ada ROM China.

      Ini bukan versi resmi, tapi ROM China yang dioprek sama komunitas Xiaomi.EU agar bisa seperti ROM Global MIUI pada umumnya. Tampilannya sama persis kyk MIUI Global.

      Kalau mau yang ada ROM Globalnya itu MI4Ci

      • okey terimakasih gan penjelasannya.. terus ini sya uda ngikutin cara lengkap yg diatan yg nomer 2 gan. soalnya kan masih lolipop. nah masalahnya ni gan..
        waktu step mi flashnya ini, sudah saya pencet flash.. boom.. waktu pertengahan muncul

        “[10:40:54]:error:error: cannot load ‘E:\miui’: No such file or directory…

        error pada apa ya gan.. padahal saya uda lakuin semuanya perintah yg agan jelaskan.. tolong bantuannya gan.. 🙁

        untung hp gak bootlop gan.. tp error2an kadang lemot.. hehe

        • Kl error-nya kyk gitu, salah letak file hasil ekstrak kyknya gan.. atau file-nya ga lengkap mgkn corrupt wkt didownload..

          Kl error2 kyknya bukan pengaruh itu, kalau proses flashing udah berjalan dan ternyata gagal harusnya bootloop..

          Itu kyknya wkt mau mulai flashing, file-nya ga ditemukan..

          • bisa jadi iya sih gan.. untuk proses download dan extract winrar gak ada masalah sih gan.. tp coba saya pastikan download lagi file2 nya..

            untuk khusus penempatan file kan gak harus di tempatin di folder khusus kan gan??

          • Engga gan.. Bisa dimana aja..

            Coba liat di tutorial gan, hasil ekstraknya gimana ada saya tampilkan screenshot-nya..

  15. Sama persis sama yg di screenshoot gan.. gak ada bedanya..
    Dr mana yg salah ya gan.. ??
    Apa harus pake laptop lain?
    Atau saya harus ulangi lagi gan dr awal?

    Klo yg sya pake win 8.1 64 bit, Ada lapto yg versi 32 bit win 7.. takut bootloop gan..

  16. gan itu diatas step nya harus flash ke rom stable 8.5.1 dlu kalo base nya dari lollipop, tp di tutorial ubl disarankan rom developer untuk ubl, yang mana yg bnr gan?

    • Ane berhasil UBL dengan ROM Stable gan. Wkt flashing ke ROM MIUI 9 juga ane dari ROM Stable. Ane ga berani nulis kalau belum prnh ane coba berhasil apa engga..

      Kalau masalah UBL, ane saranin pakai ROM dev untuk meminimalisir kegagalan atau kalau sudah gagal terus pada saat UBL.

      Kalau mau coba yang Dev silahkan aja gan asal Nougat, bukan Lollipop..

    • Ga bisa Gan.. Bootloop. Ane udh coba berulang x dengan berbagai versi TWRP ga bisa jg..

      Ke MIUI 9 itu ROM sebelumnya harus Nougat, sementara ROM yg sudah UBL adanya Lollipop.

  17. Saya ceritakan dari awal saja.
    Pertama saya melakukan yang ditulis agan CARA AMAN MENGGANTI ROM DISTRIBUTOR KE ROM OFFICIAL MI4C CHINA.
    Karna tidak ada playstore kemudian saya GANTI ROM MI4C CHINA KE ROM GLOBAL EU (BHS INDONESIA) TANPA UBL. Tadinya mau diupdate ke MiUI 9 namun tak kunjung dapat sms persetujuan.
    Saya kekeh pengen MiUI 9, status xiaomi milik saya sekarang MiUI 8 dengan base Android Lollipop dan ternyata UBL.
    Kalo diupdate ke MiUI 9 kan saya harus mengikuti langkah 1 terlebih dahulu di tulisan CARA UPDATE/FLASHING XIAOMI MI4C KE ROM MIUI 9 GLOBAL BETA.
    Nah kalo saya update ke MiUI 8 Nougat, status nya gimana ? tetep UBL atau enggak gan ? Takutnya gak UBL jdi gak bisa update ke MiUI 9 deh.
    Terimaksih gan, jadi curhat 😀
    Kalo lagi sibuk gk apa apa gk perlu dibales sekarang, nyantai ajaa.
    Mohon pencerahannya, sekali lagi terimakasih 🙂

    • Pertama, kenapa Agan ga tau kalau ternyata sudah UBL? Beli second ya? Nah akun yang terdaftar telah mendapat persetujuan UBL tersebut punya ga? Kalau punya ya aman Gan..

      Kalau saat ini pakai Android Lollipop, ga bisa ke MIUI 9 gan.. Ane udah coba dengan berbagai versi TWRP pasti bootloop. Satu-satunya cara adalah dengan mengupdate ke ROM Nougat dulu.

      Setelah update ke ROM Nougat, nanti statusnya jadi locked bootloader lagi. Tapi kalau sudah punya akun yang telah mendapatkan persetujuan UBL (agan bilang ternyata sudah UBL), ya tinggal di unlock lagi aja pakai MiUnlock Tools tinggal sekali klik, ga perlu meminta persetujuan lagi.

      Setelah update ke MIUI 8 Nougat > UBL dengan MiUnlock > selanjutnya tinggal flashing ke ROM MIUI 9 Global Beta.

      Yang jadi masalah itu kalau ternyata status UBL-nya menggunakan ROM yang telah UBL, bukan melalui SMS Persetujuan.

  18. gan.. setelah sebulan berhasil Flashing Mi4C ke ROM MIUI 9 Global Beta Xiaomi.EU nya, hape ane biasanya normal tp td pas lagi dipake eh, mati sendiri padahal batre masih ada kira2 40%. dihidupin lg cm keluar logo mi abis itu mati lg.. ane coba cargher, hidup, trus ane nyalain, mau nyala.

    tp ga berapa lama hidup, eh ngulang mati lg. ane ulang lg charger, idup, nyalain lg, nyala lg.

    trus ane pikir coba fastboot aja kali, hp yg udah nyala ane matiin.. eh, ane teken fastboot malah ga keluar, yg parah sekarang dinyalain malah kaga nyala, dicharger jg kagak keluar..

    tolong gan, mohon petunjuk?

        • Kyknya hardware deh itu gan.. Apa mungkin baterainya udah soak?

          Ane mgkn udah puluhan kali flashing ke MIUI 9, balik lagi ke MIUI 8, beberapa kali bootloop masih aman2 aja neh sampe sekarang.

          Coba balikin ke ROM aslinya MIUI 8 Stable China aja deh gan. Apapun ceritanya kan itu ROM yang paling cocok untuk MI4C ini.

  19. Terima kasih gan, akhirnya berhasil juga. Petunjuknya begitu detail, bahkan saya yang awam pun bisa update sendiri. Memang harus sabar dan telaten untuk membaca, memahami langkah satu per satu. Nice post. ???

    • Ok bang sip kalau berhasil.. Makasi komentarnya.. 🙂

      Soalnya ada juga yang sering terburu-buru bacanya.. Trus dah error bingung sendiri.. Hehe..

      • Tapi yang saya rasakan setelah pake miui 9 kok baterai malah agak boros ya gan.
        Saya mi4c 2/16GB.
        Biasa bisa buat seharian ini paling 3/4 hari udah lowbatt aja dg jumlah aplikasi dan penggunaan yang sama. Sebelumnya saya pakai MIUI Stable China.
        Apa agan juga begitu?

        • Pengalaman saya, ROM china itu mmg default nya byk aplikasi yg dinonaktifkan background service nya gan. itulah kenapa terkadang notifikasi telat atau ga masuk sblm aplikasi dibuka. tp keuntungannya baterai jadi hemat. kl agan mau kyk gt coba dinonaktifkan aja background service yg ga perlu gan dari baterai & performance.

          terus ga menutup kemungkinan jg krn ini msh rom beta.

        • tergantung pemakaian jg sih gan.. hihi..punya ane baru juga full 3 jam abis.. bwat main game sih.. wkwkwk klo standar pemakaian ya 1/2 hari nututin gan.. hihi

  20. Admin klo pasang twrp tanpa pc bisa gak? Rom 8.5.1 stabel udah ubl blm di root. Udah nge root pake aplikasi kingroot tapi gagal.

  21. Om mau tanya, saat ini posisi ane di rom 8.3 by miui.eu 7.5.25 beta, belum pernah ubl resmi. Kalau mau update ke miui 9 gmn caranya gan?
    Nb: tidak bisa masuk masuk recovery mode.

  22. Kalo dari twrp lolipop sy wipe semua shg “no os installed” trus sy pasang twrp nougat via fastboot untuk install miui 9 bisakah?

    • Ga bisa gan.. Ane udah coba juga dengan cara ini.. Pemasangan TWRP berhasil, tapi setelah flashing ke MIUI 9, bootloop. Mungkin agan punya pengalaman berbeda bisa di share disni..

    • Nougatnya ROM MIUI 8 kan? Bukan MIUI 9?

      Coba ganti TWRP versi di bawahnya.. Ane pernah coba versi 3.1.1-0 dan 3.1.1-1 berhasil asal ROM sebelumnya Nougat MIUI 8.

      • iya gan, nouget rom miui 8 sesuai link diatas,
        Allhamdulillah sekarang berhasil ke miui 9. anyway terimakasih banyak gan.
        kesalahan saya, setelah masuk di miui 8 based nouget, ubl sukses , instal twrp habis itu langsung di reboot, seharusnya jangan di reboot..tapi langsung update miu 9 lewat twrp nya langsung.
        * btw ini cara root nya gimana gan? hehe

  23. gan, ane udah ikutin cara update miui 9 kaya di atas. udah nyaman juga nih make miui 9, terimakasih gan hehe
    tapi pas ane mau update mingguan miui eu dgn cara flash via twrp kok stuck mulu ya gan. ga kelar kelar. kira kira ente bisa bantu ane?
    terimakasih banyak sebelumnya

    • Kl update mingguan rasanya bisa lewat Updater Gan.. Tp memang masuk ke TWRP juga nantinya. Kalau stuck, itu biasanya karena ROM nya corrupt.. Coba diunduh ulang dengan koneksi internet yang stabil..

    • Bisa update ke MIUI 9 China Dev lwt apa Gan? Via Updater atau TWRP? Ane belum berhasil pasang TWRP di MIUI 9 China Dev, jadi kl ane ditnya iya harus downgrade dulu ke MIUI 8 lwt Miflash. Kalau agan bisa pasang TWRP di MIUI 9 China Dev boleh sharing disni gimana caranya.. Trims..

  24. misi gan.. ane udh coba ikutin cara pertama, awalnya ketika flash error kemudian ane coba lagi proses tuh.. eh ditengah jalan error menunjukan kalo transfer failure..
    ane coba flash lagi proses.. tapi kok lama banget gak selesai juga, kenapa ya.. kalo ane paksa stop masalah gak ya..

  25. Gan, saat mau Factory Reset kok masuknya ke TWRP ya?
    Pilih menu apa untuk factory reset di TWRPnya?
    Apa TWRP bisa di uninstall setelah proses ganti ROM selesai?
    Baiknya gimana?

    Thanks.

    • Iya karena Mi Recovery nya udah diganti TWRP.

      Factory Reset di TWRP pilih menu Wipe.

      Bisa diganti ke stock recovery, tinggal cari aja file recovery.img dari ROM fastboot kemudian flashing dengan perintah “fastboot flash recovery recovery.img”

      Baiknya ya sesuai kebutuhan agan, kalau ga pengen ganti-ganti ROM lagi ya silahkan diganti stock recovery. Tp kalau saya ga pernah menggunakan recovery bawaan, kecuali hapenya mau dijual.

  26. Betul sekali, alasan agan bener, rencananya mau dijual sih
    Jadi biar user yang pake nanti ga bingung kalo ga biasa oprek
    Oke, makasih Gan tutorialnya nanti ane coba

  27. manteb gan ane dah upgred dari miui 8.5.1.0 ke miui. eu 7.9.21 sekarang posisi di miui eu 7.11.2,… tapi sekarang batre jd aga boros ya, sama cpt panas

  28. gan mau nanya,, td kan ane ngikutin cara pertama tu ngerubah ke nougat dan udah succes,, nah pas ane cek lagi kok malah ke lock lagi bootloadernya, mohon pencerahanya gann, maklum masih newbee hehe

  29. gan ada masalah ni,, pas ane udah masuk twrp tp kok gk bisa di instal ya…. pas di menu instal kan ane pilih rom miui9nya tuh… masalahnya pas udah gw pilih gak ada tulisan ‘SWEP TO CONNFIRM FLASH’ cuma ada instal zip. pas di klik malah keluar instal image.. gitu aja terus sampe kucing keluar tanduk, :)… plis gan pencerahanya

  30. gan ada masalah ni ? pas ane udah masuk twrp tp kok gk bisa di instal ya? pas di menu instal kan ane pilih rom miui9nya tuh… masalahnya pas udah gw pilih gak ada tulisan ‘SWEP TO CONNFIRM FLASH’ cuma ada instal zip. pas di klik malah keluar instal image.. gitu aja terus sampe kucing keluar tanduk, :)… plis gan pencerahanya..

  31. Mas, tinggal dmn?
    Lgsg minta tlg Mas nya aja deh ? takut bootloop.
    Saya td contact via fb jg ke message.
    Mohon bantuannya, Mas..
    Trims

  32. gan ane skrg lagi pake rom custom global dari mi globe, ane pgn upgrade miui 9, langsung di esekusi di twrp aja gapapa kan gan? gaperlu ikutin langkah install adb usb dll?

  33. Gan Tanya,
    kalo akun mi yang lama sudah di logout, (dipakai di redmi3) sudah pernah sms ubl dan ada balasan verifikasi,
    sekarang akun trsb dipakai di hp mi4c, pengen ubl apa mesti kirim sms persetujuan dulu?…. apa langsung eksekusi?..

    • ROM Xiaomi.eu itu based nya ROM China gan, tp yang berbau China dihilangkan dan ditambah Google Play Store plus Multi Language, tp Bahasa Indonesia g ada.

  34. misi gan, sebelumnya ane terima kasih banyak nih sama tutorialnya, ane praktekin udah berhasil kok, tp kenapa ya sekarang setelah saya upgrade app WA malah sering macet, notif line suaranya ga ada (pdhl udah sya cek pengaturqnya semua) sama dibuat main mobile legend sering force close, pdhl sebelum saya updgrade normal2 aja,mhn pencerahanya gan ,thx

  35. Gan, ane mau tanya. Ane udah berhasil nih pasang ni tutor, cuman ane ragu. Kalo MiUI nya di update versi terbaru apakah TWRP akan hilang? Trus kan ane juga udah di ROOT, kira2 bakal ilang gak ROOT ya? Kalo misalya TWRP & ROOT nya bakal ilang ane gak akn pernah update. Thanks sebelumnya gan…

Leave a Reply

Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar bisa membantu pengunjung yang lain..


*