Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah! | foldertips.com – Pada setiap artikel tentang flashing ROM yang saya tulis, saya selalu menyarankan agar proses flashing dilakukan pada saat kondisi baterai full charged atau minimal 50%. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sebab jika kamu melakukan flashing pada saat kondisi baterai lemah, ini yang bakal terjadi..!

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman pada saat saya melakukan flashing pada smartphone Mi 4C saya dalam mode EDL (karena belum UBL), namun kondisi baterai tidak lebih dari 15%.

Setelah proses flashing selesai dan sukses, MI4C saya tetap tidak bisa menyala. Pada saat saya menekan tombol Power dan menyambungkan HP ke Laptop, terdengar nada “cetung” pada Laptop dan HP tetap terjebak dalam mode EDL (terdeteksi sebagai Qualcomm HS-Loader di device manager).

Apa yang sebenarnya terjadi?

Kejadian ini bermula saat saya melakukan uji coba kembali pemasangan TWRP Non UBL pada Mi 4C saya. Karena bootloader masih terkunci, maka proses flashing saya lakukan dalam mode EDL (Emergency Download).

Sayangnya, saya tidak memperhatikan kondisi baterai…!

Setelah proses selesai, saya baru sadar kalau baterai MI 4C saya hanya tersisa 15% sebelum melakukan flashing. Jika sudah begini, maka yang akan terjadi adalah proses flashing selesai, tapi HP tidak akan menyala dan tetap terjebak dalam mode EDL.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jadi begini..

Pada saat berada di mode EDL, proses pengecasan secara normal tidak akan berfungsi, sehingga meskipun kamu mencolokkan HP kamu ke charger, pengisian daya baterai tidak akan terjadi.

Jadi kalau baterai lemah, daya baterai yang tersisa tidak akan mampu menyalakan HP kamu. Inilah penyebab mengapa HP saya terjebak di mode EDL dan tidak bisa menyala.

Lalu bagaimana solusinya? Lanjut baca artikel ini..


Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Cara Mengatasi Hardbrick / Mati Total / Gagal Flashing Xiaomi (Test Point)

Jika kamu mengalami hal yang sama, hal yang harus kamu lakukan adalah bagaimana caranya agar baterai smartphone kamu bisa memiliki daya, ya tentunya dengan melakukan pengecasan untuk menyalakan HP kamu.

Namun seperti yang telah saya sebutkan di atas, pengecasan secara normal tidak berfungsi dalam mode EDL, pengecasan baterai harus dilakukan secara manual.

Cara pengecasan baterai yang saya tuliskan di artikel ini adalah langkah-langkah amatir karena saya bukan teknisi HP, jadi saya tidak memiliki peralatan yang mumpuni untuk melakukannya..

Karena MI4 C merupakan smartphone yang memiliki baterai tanam, untuk melakukan pengecasan saya harus membongkar HP saya seperti ini..

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Selanjutnya lepaskan baterai dan perhatikan bagian mana titik positif [+] dan negatif [-].

Perhatikan gambar berikut…

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!
Kedua titik tembaga bagian atas merupakan titik positif [+] dan kedua titik bagian bawah merupakan titik negatif [-].
Selanjutnya, korbankan salah satu kabel USB kamu dengan memotong bagian atas seperti berikut..

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Pada kabel USB, kabel berwarna merah adalah kabel positif [+] sedangkan yang berwarna hitam adalah kabel negatif [-].

Perhatikan gambar berikut..

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Sisa kabel lainnya adalah kabel untuk transfer data jadi abaikan saja.

Inti dari langkah ini adalah bagaimana caranya menyambungkan kabel positif [+] pada USB ke titik positif [+] pada baterai, begitu juga untuk kabel negatif [-].

Yang saya lakukan adalah menempelkan masing-masing kabel ke titik pada bagian baterai dan menjepitnya dengan jepitan jemuran.. Hahaha.. 😛 (Sayangnya tidak sempat saya dokumentasikan).

Setelah dirasa yakin peletakan kabel ke titik pada baterai sudah benar, lakukan pengecasan paling tidak 1 jam. Jika baterai terasa panas, artinya pengecasan berhasil. Jika tetap dingin, periksa kembali sambungkan kabel ke titik pada baterai.

Jika dirasa pengecasan sudah cukup, pasang kembali baterai kemudian coba nyalakan HP kamu…

Tadaa..!!

Sekarang seharusnya HP kamu sudah bisa menyala..

Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Jadi..

Inti dari pengalaman saya ini…

Jangan lakukan flashing pada saat kondisi baterai dibawah 50%, jika sudah terlanjur flashing namun HP kamu tidak bisa menyala, pikirkan bagaimana caranya untuk mengecas baterai kamu..!

Kalau kamu tidak mau ribet, ya silahkan beli baterai baru saja..!

Jika setelah pemasangan baterai, HP kamu tetap bootloop, lakukan flashing kembali dengan metode test point seperti langkah pada artikel ini.

Jika masih gagal juga, kemungkinan besar ada hardware yang rusak, misalnya eMMC. Baca artikel Flashing Sukses Tapi HP Tetap Bootloop? Waspada eMMC Lemah (Rusak).

Demikian artikel Flashing Sukses HP Tetap Tidak Menyala? Hati-Hati Baterai Lemah!

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 314 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

19 Comments

  1. Tq gan, atas infonya,
    Hp sy sy ambil dr servicer, soalnya sdh 1 minggu ga baik2,.. Ni matol d saat update bataerai.lemah. akhirnya mati sampe skrg.. D flash bolak balik pake tes poina sdh 10x ga baik2, sdh ganti pake bataerai tetap tdmenyala,.berarti sdh d jamin emmcnya ya gan

    • Flash baterai lemah saat mode EDL atau fastboot? Kl pas difastboot baterai lemah iya bisa berakibat emmc, tp kl flash di mode EDL, ga nyala itu krn baterai habis..

  2. Maaf gan mau tanya,,habis upgrade hp jadi mati ,, kalau dicas led kedip2, masuk mode fastboot bisa ,,, itu gmna ngtasiny gan?

  3. pasang twrp jadi bootlop dan akhirnya mati gan, dan di hidupin ga bisa di cas juga ga bisa, test point ga ke detec gan sama pc, solusi gan

  4. sekedar tambahan aja, kalau habis flash rom sukses tapi mi4c tidak mau nyala sama sekali tapi dicolok ke pc detek sebagai ubl. coba agan pencet tombol power + vol down (mode fastboot) tekan agak lama kurang lebih 5 menit. punya saya alhamdulillah bisa nyala lagi 🙂

    • Sip gan thanks sharing-nya.. Kl masih bisa masuk mode fastboot tinggal flashing ulang lagi..

      Kl kasus yang saya alami memang baterainya sudah habis, jadi ga bisa nyala sama sekali meskipun di cas..

  5. Bang, klo masalah xiaomi note 4x mediatek sudah di flash tapi tercentang preloader, kondisi xiaomi-nya mati total: gx bisa masuk fastboot, recovery, sama dinyalain.
    di flash ulang pakai firmware global stabel sebelum mati masih bisa di flash, setelah mati “ERROR : STATUS_DA_EXEED_MAX_NUM (OXCOO7OOO5).
    pakai firmware global stabel yang develop bisa di flash tapi tetap aja mati, gak bisa nyala ?
    ada solusinya gx bang ?

  6. Hp saya hp samsung v+ waktu itu bootlop lalu saya flash keadaan batrai lemah tapk tetap saya paksakan di flash nya sudah sukses tapk setalh itu hp saya tidak mau menyala sudah saya cas menggunakan dekstop tapi ttp saja tidak menyala apakah itu dari hardware nya atau masalah di batrei nya mohon info nya makasih

  7. gan mau tanya, flashing sukses tpi hp ga idup2, udah di charge manual berasa panas brrti daya masuk ya gan?
    trus klo pncet tombol power 1x pasti getar 1x dst,trus jga bisa msuk fastboot, recovery EDL lewat ADB, yang anenhnya kok ga ada tampilan apa2 dilayar ya gan, lampu led jga ga ada, thanks gan tutornya keren!

    • Kl flashing sukses, tetap bootloop mgkn eMMC udah lemah gan.. Harusnya flashing sukses itu pasti HP nyala kl baterai ada..

      • ane ga bisa nyala gan setelah FLASH EDL, tp di cas ada kedip LED MERAH, apa itu juga tandanya batrai tetap ga ke cas…?
        apa gmn….?

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.