Cara Mengganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM MIUI 9 Bhs Indonesia

Cara Mengganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM MIUI 9 Bhs Indonesia

Cara Mengganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM MIUI 9 Bhs Indonesia | foldertips.com – Sebenarnya saya telah lama mendengar custom ROM yang bernama MultiROM ini dari salah satu pengunjung blog saya. Namun memang saya belum sempat mencobanya karena saya selalu menggunakan ROM dari Xiaomi.EU untuk MI4C saya.

Ada alasan mengapa pengguna MI4C lebih tertarik menggunakan MultiROM dibandingkan dengan ROM Xiaomi.eu, yaitu ada Bahasa Indonesia-nya, sementara ROM Xioami.eu tidak.

Karena alasan inilah maka saya sempatkan untuk mencoba menggunakan MultiROM untuk MI4C saya dan menuliskan artikel ini jika proses penggantian ROM berhasil.

Setelah menggunakan ROM ini selama seminggu, saya langsung jatuh hati dengan ROM ini. Ternyata MultiROM ini memang sangat nyaman untuk dipakai. Selain smooth, tampilannya juga menarik.

Apa Kelebihan ROM ini?

  • Ada Bahasa Indonesia-nya;
  • Tidak ada bloatware, sangat ringan dan smooth serta free RAM-nya banyak sehingga cocok bagi pengguna game berat;
  • Banyak aplikasi yang kurang penting ditiadakan serta penambahan beberapa tweak;
  • Baterai lebih awet;
  • Sudah termasuk GApps Pico (Google Play Service dan Google Play Store);
  • Selain itu, Smartfren 4G LTE dapat berjalan dengan baik pada ROM ini.

Bagaimana cara flashingnya, lanjut baca artikel ini..


Cara Mengganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM MIUI 9 Bhs Indonesia

Cara Ganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM (MIUI 8/9) Bhs Indonesia

Persyaratan sebelum melakukan update :

  • Pastikan baterai Mi 4C dalam keadaan full charged atau minimal 50%;
  • Mi 4C kamu sudah menggunakan ROM Nougat. Kalau belum, update dengan cara di sini atau langkah 4 di sini;
  • Telah memasang TWRP Recovery untuk Mi 4C Nougat » [UBL] / [NON UBL];
  • Jangan lupa backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone kamu jaga-jaga proses gagal atau  mengalami bootloop.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • ROM MultiROM MIUI 9 »
    • multirom_MI4c_8.4.26_v7.0_b18_7c1e582062.zip (developer version) » Official Site; atau
    • multirom_MI4c_V9.1.3.0.NXKCNEI_v7.0.zip (stable version) » Mediafire | Google Drive | One Drive ; (Salin ke Internal Storage, letakkan saja di luar jangan di dalam folder);

Setelah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan di atas, saatnya melakukan pemasangan ROM MultiROM MIUI 9.

Masuk ke TWRP Recovery dengan menekan tombol Power + Vol Up bersamaan.

Lakukan Wipe » Factory Reset

pasang rom multirom via twrp mi4c

Kemudian klik Install dan pilih berkas ROM;

pasang rom multirom via twrp mi4c

Tunggu proses hingga selesai dan Reboot to System.

Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Tada..!!

Sekarang Mi4C kamu telah menggunakan ROM MultiROM MIUI 9.

Cara Ganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM (MIUI 8/9) Bhs Indonesia Cara Ganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM (MIUI 8/9) Bhs Indonesia

Berikut ini score Antutu Benchmark..

score antutu benchmark mi4c multirom

Demikian Cara Mengganti ROM MI4C Ke ROM MultiROM MIUI 9 Bhs Indonesia.

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada smartphone Mi4C saya. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick / Hardbrick Xiaomi MI 4C (Libra) untuk mengatasinya.



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 317 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

168 Comments

  1. Gan posisi rom saya kan masih yg based lolipop, udah ubl dan terpasang twrp juga. Kalau pake cara update firmware nougat via twrp gitu bisa gak ya ?

  2. gan, mi4c pke rom miuipro lolipo gan, twrp and dah ubl jg. nah ap ane musti flasing lg ke nouget dlu bru bsa pasang multirom gan? mohon pencerahannya..

  3. bg posisi udah UBL,TWRP, dan ROOT srta juga udah Nougat. sekarang saya Pakai Multirom versi 7.8.17
    kalau update ke Multirom ini, langsuang via TWRP bisa kah ?

  4. gan kalau langsung falsh via twrp rom multi rom nya, wipe factory aja apa pake pilihan kyk wipe data,system,cache,dalvik gtu?kalau udh root sblmnya di miui 9 7.11.2 nougat tgl flash lagi si root zip nya ya

  5. Untuk notif WA suka pending ga mas? Soal nya pernah pasang miui pro, kalo ada WA masuk pending jadi harus bener2 buka WA dulu baru masuk pesan nya, padahal udah di auto start.
    Terimakasih

  6. mas sekarang saya posisi di ROM MIUI 8.5.1.0 stable Android 7.0 NRD90M….kalau mau ganti ke multirom bisa lewat system updater apa harus lewat TWRP

  7. Gan kalau MIUI 9.1 Stable 9.1.3.0(NXKCNEI) lebih smooth mana…? Dan kalau mo upgrade ke Costum ROM ini apa bisa langsung via TETAP gan..?

  8. Gan kalau mau pasang ROM Xiaomi.eu 9 (nougat) apa bisa pakai Twrp ini? Posisi sekarang Xiaomi.eu 8 (lollipop)….caranya gimna?

  9. dari kemari saya nanya mulu, tapi sekarang mau berbagi sedikit cerita.
    sebelumnya saya pakai rom miui polska (lolipop), berhubung sudah sangat lelet karena data penuh, saya putuskan pindah ke miui 9, dan saya sempat bingung pakai miui.eu atau multirom, akhirnya saya putuskan pilih multirom diatas miui 9 7.10.26
    -pertama daftar unlock bootloader dan setelah 10 menit langsung disetujui, tidak seperti yang saya bayangkan hingga berhari-hari. pesan yang saya gunakan seperti ini “Please Help Me, My Xiaomi MI 4C is brick! and I don’t have anything ways forfix it, and for now I only need unlock code forunlocking my device, and then doing to fastboot my device, thanks Xiaomi team”.
    -kedua upgrade dari rom lolipop ke rom official nougat miui 8 8.5.1.0 via mi flash
    -setelah itu masukan akun mi di hp dan masuk opsi pengembang(developer) aktifkan mi unlock dan usb debuging.
    -download mi unlock tool sesuai alamat yang dikirimkan via sms, setelah itu jalankan dan masuk akun mi tadi, matikan hp masuk mode fastboot (vol- power) dan saya konekan ke pc(harus ada jaringan internet), lalu klik unlock. hanya beberapa detik saja status sudah unlock.
    -saya download twrp diatas dan flash via fastboot.
    -copy supersu 2.82 dan juga rom multirom diatas ke internal hp atau pakai usb otg(saya pakai flashdisk).
    -masuk twrp(vol power)
    -wipe data,chace,dalvik
    -instal rom lalu saya wipe dan langsung saya instal super su 2.82, baru rebort system
    -keluar logo mi dan beberapa saat kemudian 3 titii keluar, liat 3 titik dibawah mi agak lega, saya tinggal mandi daripada saya nunggu,
    -tes ada bug di WhatsApp, led notifikasi tidak nyala dan juga getar tidak jalan di aplikasi WhatsApp, sudah saya seting total tetep saja tidak berhasil, mungkin ada tips atau saran?
    -baterai bener2 boros dari miui 8 polska sebelumnya
    -kelebihanya hp tidak panas untuk aplikasi berat dan super smooth tidak ada lag, anehnya ya itu tadi tidak panas tapi baterai sangat boros, padahal semua seting seperti find device sudah saya matikan, dan banyak firtur sudah saya matikan tetep boros, apakah ada saran juga?
    -next mau coba miui.eu

    sekian cerita pendek tapi lebar dari saya

  10. Gan ane skrg posisi udah di nougat ver 7.12.14 eu. Trus TWRP ane juga udah update di google play, apa bsa flash langsung ke room ini gan?

  11. Saya dari android Lollipop bahkan miui 7, bisa gan di upgrade ke ROM Multi di atas…

    cuman sayang, hp xiaomi saya, lost signal udah 3 bulan ini, punya solusi kah untuk itu.. saya udah bawa ke konter ga ada yg mampu..

  12. setelah baca2 komen di atas ane, baru tau klo mau flash rom custom harus sama versi androirnya. pantes tadi malem gagal terus, udah bootlop 3 kali, makasih informasinya gan

  13. gan punya saya update rom mui 9 lgsnf downlod dri updater dan berhasil, tp verai china, bahasanya english, gmn y cara ganti le rom versi global, tanpa komputer, lgsng downlod file ny lewat recovery bisa gak, mohon infony

  14. ALHAMDULILLAH, TERIMAKASIH MAS,
    MI 4C SAYA AWET BATERAI, BAHASA INDONESIA DAN ROOT AKSES LANCAR, MANTAB
    AWAL MAU BELI MI A1 MALAH SEKARANG GAK JADI BELI GARA-GARA MULTIROOM YG BIKIN BETAH,

    TERIMAKASIH, SEMOGA ILMUNYA BERMANFAAT DUNIA AKHIRAT

  15. gan ane gaptek pokonya android versi 5.1.1 miui 8.0.5.0
    terus langkah awal dan seterusnya gimana gan,mohon dibimbing..kalo ada nomer wa gan biar lebih enak,mohon maaf dan trimakasih

  16. gan miui ane 9 base nougat room china stable. ane da ada trwp yg baru trz da root. kl mw pasang multi room ini bisa langsung aj dr twrp aja apa haruz di turunin dl versi miuinya gan. mohon pencerahnya

  17. gimana ya gan. udah lebih dari 24 jam semenjak dapat sms persetujuan untuk unlock bootloader. tapi kok gagal terus ya pas 50%. udah ikutin semua petunjuk. udah masuk pake akun yg sama dg yg di handphone, udah aktifin OEM sama USB debugging. tapii masih gagal juga. kenapa yaaa???

  18. bang punya saya miui 9 nougat. kalo mau ganti multirom apa harus downgrade ke miui 8 nougat? minta no wa dong gan biar enak tanya2nya. makasih.

  19. Gan punya and udah pake multirom in tapi batre boros mau ganti miuipro bisa langsung pake cara fiatas g?
    Trima kasih sebelumnya

  20. Punya saya malah unik dari Rom abal2 MIUI 8.0.5.0.0 loli langsung install kingroot (sukses root) langsung install root Explorer buat tes hasil ok ..langsung download twrp 3.0.1 atau berapa saya lupa terus instal buat buka ke recovery di play store nama nya lupa .hehe ..langsung ane download Rom di atas yang stabil langsung install twrp dan sukses langsung wipe langsung flas Rom di atas booting lama 15menitan dan sukses multirom nougat cuma jadi root nya ilang sama twrp nya juga ilang

    • Sip om thanks sharingnya. TWRP hilang karena sblm nya lollipop naik ke Nougat.. Kl dari lollipop ke Nougat ROM resmi biasanya bootloop..

  21. mastah mi4c saya pakai rom miui V8.5.1.0.NXKCNED Nougat china stabil udah ubl tapi belum terpasang twrp, bisa gak flash ke multirom miui9 pakai cara diatas?tolong di di jawab ya

  22. mi4c saya pakai rom miui V8.5.1.0.NXKCNED Nougat china stabil udah ubl tapi belum terpasang twrp, bisa gak flash ke multirom miui9 pakai cara diatas?

  23. Gan, diatas disebutin kalau mau instal cusrom harus upgrade lolipop ke nougat atau downgrade miui 9 ke miui 8. Itu penjelasannya kenapa ya?

    Saya mau coba instal multiROM MIUI 9 Stable utk Redmi Pro, apa ada TWRP tertentu utk instal MIUI 9 ini? (Karena saya nyimaknya beda MIUI beda TWRP). Terima Kasih sebelumnya gan.

  24. gan mi4c saya miui 7.0.6.0 stable…android 5 lolipop.. udah UBL misal pasang TWRP langsung instal miui 9 jadi pa bisa botlop gan… trimakasih

  25. mau nanya min..
    saat ini pake rom resurrection remix 5.8.5, mau pindah ke ini multirom bisakan?, 100% kemungkinan gak bootloop? (twrp 3.1.11.1)

  26. Gan, update-an miui versi 9.1.3.0 ini blm ada ya? Sy lagi pake rom ini soalnya,so far sih lancar jaya,cmn mkn ada update-an terbaru,update via OTA jg gak bisa, udh ke forumnya multirom.mu tp gak nemu jg…thx.

  27. Saya sudah ikuti semua langkah diatas n berhasil install romnya…tp pada waktu masuk ke twrp zcx 3.0.2.x mau masuk tp semua menu twrp zcx ga respon kalau ditap. Kira2 apa masalahnya ya? Apa versi twrp ga sesuai?

  28. Gan kok link download multiROM nya pas dibuka “Not Found” ya gan? Mohon pencerahannya segera :’) makasih gan

  29. Pake multirom 9.1|9.1.3.0(NXKCNEI) V7.0 kenapa pas maen mobile legend jadi sering force close ya?
    Mohon pencerahan gan.

  30. Gan. Mi4c saya kan sekarang d posisi rom miui 9 china dev beta. Kalo langsung pasang twrp trus flash ke multi rom ini bisa gak?

  31. Gan mau nanya, kan sbelumnya ane make rom china stable fastboot..koneksi mantap gila.. ane ganti ke multirom jadi biasa aja.. kalau mau ganti ke rom china lagi bisa pake twrp?

  32. tanya dan sharing ya mas
    mas saya mau tanya knapa mi4c miui9 cina kok klo buat game fps down dan baterai jdi super boros , klo untk multitasking okok aj mas, apa karna core yg aktif cuma 4 mas?
    dan pengalaman saya make rom rr dan rom multirom miui9 di hp mi4lte tu buat game fps stabil dan smoth baterai juga super irit ,
    apakah rom rr dan multirom miui9 utk mi4c juga sama seperti itu mas ? soalny baru make mi4c mas hhhh

  33. thx bro for all. smua berjalan dengan baik dan lancar. cuman 1 hal kurang, kenapa sinyalnya jlek, kadang sering hilang atau tidak ada data. intinya sering lost. ini saya bandingkan dengan versi saya sblomnya. mohon bantuannya. dan hp cpat panas. thx. mohon bantuannya. makasih

        • NON-HLOS.bin itu file modem yang ada di ROM Fastboot, agan tinggal ekstrak ada ROM fastboot di dalamnya ada file yang namanya NON-HLOS.bin.

          Cara pasangnya, masuk ke fastboot, buka Command Prompt, ketik perintah “fastboot flash modem NON_HLOS.bin”

  34. Mas saya udah update ke miui9 cina dan udah pasang twrp non ubl dan udah saya seting seperti punya agan ,
    Trus sama mau instal multirom , setelah instalasi selesai dan sukses, saya masuk sitem dan booting agak lama , tapi setelah ngayala bukan multirom yg tampil tapi malah rom miui9 cina yg tampil , itu knapa y mas, udah 2x coba hasil ttp sama,semua tutor udah sama persis kyak di atas ms, padahal udah factory reset sebelum instal rom

    • Maaf komentar baru terbaca, MultiROM ini memang based MIUI 9 China gan, tapi ada bahasa Indonesianya dan ga ada lagi aplikasi China.. Agan coba pilih yang stable multirom_MI4c_V9.1.3.0.NXKCNEI_v7.0.zip pada link di atas..

  35. Saya mau tanya dan sharing
    Saya punya mi4c udah ubl (dengan cara yang ada di artikel ini yang tanpa sms persetujuan) dan pasang twrp 3.0.2 yang support nougat dan lollipop, saya udah banyak baca artikel admin dan artikel lainnya. Saya juga udah banyak cobain custom rom mulai aicp oreo, rr, cm, xosp, du, lainnya lupa, dan sekarang based di los official 14.1 karena yang official di los baru nougat. Saya banyak ganti rom, cuman cari yang ga lag saat main game ML & PUBG, dari semua rom yang saya coba, semuanya harus overclock supaya ga lag, dan itu pun kadang hang atau freeze screen, hanya di los yang ga kaya gitu, tapi tetep harus overclock, saya masih cari cusrom yang stabil main game tanpa harus overclock
    Untuk rom yang ada di artikel ini saya belum dicoba
    Nah apakah ada rekomendasi cusrom yang stabil main game tanpa overclock ? Dan apakah rom di atas stabil main game dan dapet update ? (Nightly/weekly?)
    Btw score antutu saya 51083 based di los overclock (kernel adiutor governor ondemand)

    • Thanks sharingnya sangat bermanfaat gan..

      Maaf ane bukan gamers gan jadi ga bisa merekomendasikan ROM yang cocok untuk game.. Coba agan googling aja ada beberapa blog yang katanya merekomendasikan ROM tertentu untuk ngegame..

  36. terima kasih ilmunya. Saya baru coba dan work 100%. Padahal saya bener2 pemula, dulu aja install dari rom distri ke ori saya bawa ke counter. Nah, sekarang saya iseng2 aja sambil cari rom yg bisa bahasa indonesia. Dan alhamdulillah lancar dan work 100%. Terima kasih banyak, langkah2 yg diberikan sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami.

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.