Apa itu Kernel Android : Cara Pasang, Manfaat dan Fiturnya

Apa itu Kernel Android : Cara Pasang, Manfaat dan Fiturnya | foldertips.com – Kernel adalah perangkat lunak yang merupakan bagian dari OS itu sendiri dan berfungsi untuk melayani berbagai macam aplikasi agar dapat mengakses perangkat keras secara aman.

.. dengan kata lain, Kernel bisa difungsikan sebagai perantara antara software dan hardware suatu perangkat.

Pada kebanyakan sistem, kernel merupakan salah satu dari program yang dijalankan dalam urutan pertama kali saat suatu perangkat dinyalakan.

Kernel inilah yang selanjutnya menangani layanan proses input/output dari program lain, menerjemahkannya ke dalam instruksi-instruksi untuk dieksekusi oleh Processor.

Kernel juga menangani perangkat kerja lain seperti memori, keyboard, mouse, monitor, printer, speaker serta perangkat-perangkat lainnya.

Berikut diagramnya..

Mengenal Apa itu Kernel Android : Cara Pasang, Manfaat dan Kegunaannya

Jika dibagi menurut designnya, Kernel dibagi menjadi 4 bagian berikut :

  • Kernel monolitik » kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
  • Kernel Microkernel » kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut dengan server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
  • Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) » kernel yang persis atau mirip dengan microkernel, akan tetapi ia juga memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya.
  • Kernel Exokernel »kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardware) secara langsung atau hampir-hampir langsung.

Manfaat dan Kegunaan Kernel di Android

Pada Android, kegunaan Kernel menjadi sangat penting adanya karena berfungsi sebagai jembatan penerjemah antara bahasa program dengan bahasa mesin, misalnya menangani kinerja suatu sistem yang bertugas mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian dari perangkat keras, ini biasa disebut multiplexing.

Karena peranannya ini, para pengembang Android membuat kernel yang sudah dimodifikasi dari stock kernel dengan optimasi dan menambahkan fitur yang lebih keren, atau biasa disebut dengan Custom Kernel.

Contoh sederhana kegunaan Kernel di Android :

Misalnya kamu ingin mendengarkan musik dengan menyentuh icon Music Player di layar smartphone kamu, maka kernel akan mendeteksi dimana koordinat titik di layar dan menerjemahkan dalam kode program aplikasi tersebut

.. kemudian melanjutkan perintah ke hardware untuk mencari driver audio, letak file lagu dan sebagainya yang akhirnya akan diterjemahkan dalam bentuk suara yang bisa dinikmati oleh penggunanya.

Jadi, sebuah hardware tidak akan bisa melakukan tugas apapun tanpa bantuan kernel.

Beberapa fitur custom kernel yang bisa kamu nikmati contohnya adalah :

  • Fitur Fast Charging;
  • Interactive governor tuned to achieve maximum performance with best battery life by default
  • Double Tap to Wake Up;
  • Mendukung filesystem NTFS, EXT4, EXT3, EXT2, dll;
  • Penghemat baterai;
  • Sound control untuk Loudspeaker, Mic, dan Earphone;
  • Custom vibration intensity;
  • .. dan sebagainya.

Custom kernel yang banyak digunakan oleh pengguna Android saat ini adalah Radon dan AGNi kernel.

Untuk mengetahui versi Kernel yang kamu gunakan, masuk ke Settings » About Phone;

Cara Pasang Kernel Radon di Redmi Note 3 Pro (Kenzo), Fast Charging & DT2W

.. pada bagian Kernel Version kamu akan menemukan versi kernel yang digunakan saat ini.

Cara Memasang Kernel di Android

Untuk memasang kernel, kamu butuh custom recovery seperti CMW atau TWRP.

Saya sendiri biasanya menggunakan TWRP Recovery, secara umum cara pasangnya di sini.

Unduh berkas Kernel yang sesuai dengan devices dan ROM yang kamu gunakan (biasanya dalam format .zip), kemudian salin ke Internal Storage smartphone kamu.

Contohnya saya ingin memasang Radon Kernel di Redmi Note 3 Pro saya..

Masuk ke TWRP kemudian pilih Wipe » Advanced Wipe;

Cara Pasang Kernel Radon di Redmi Note 3 Pro (Kenzo), Fast Charging & DT2W

Selanjutnya centang Dalvik / ART Cache dan Cache;

.. kemudian Swipe to Wipe.

Cara Pasang Kernel Radon di Redmi Note 3 Pro (Kenzo), Fast Charging & DT2W

Jika sudah, pilih Back hingga kembali ke halaman depan TWRP.

Selanjutnya pilih Install;

Mengenal Apa itu Kernel Android : Cara Pasang, Manfaat dan Kegunaannya

Kemudian ketuk berkas Radon Kernel yang telah kamu salin sebelumnya.

Geser ke kanan pada Swipe to confirm Flash;

Cara Pasang Kernel Radon di Redmi Note 3 Pro (Kenzo), Fast Charging & DT2W

Ikuti tahapan pemasangan Kernel hingga selesai kemudian Reboot System.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memasang Kernel Radon :

  • Pastikan telah membackup system dan boot partition dengan TWRP jaga-jaga devices kamu bootloop setelah pemasangan Kernel;
  • Kalau bootloop, restore system dan boot partition dengan TWRP dan kamu tidak akan kehilangan data-data di devices kamu;
  • Sebelum pemasangan Kernel, sebaiknya Kernel yang digunakan saat ini adalah Stock Kernel agar mendapatkan hasil yang maksimal;
  • Lakukan Wipe » Dalvik Cache dan Cache sebelum pemasangan Kernel;
  • Jika ingin mengganti Kernel, kembalikan terlebih dahulu ke Stock Kernel baru kemudian pasang Kernel yang kamu inginkan;
  • Jangan langsung flash Kernel setelah memasang Magisk, tapi lakukan reboot terlebih dahulu baru kemudian memasang Kernel yang kamu inginkan;

Demikian artikel Apa itu Kernel Android : Cara Pasang, Manfaat dan Fiturnya.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

1 Comment

  1. mau bertanya apakah tanggal yang di tunjukan di kernel di android, merupakan tanggal pertama kali sistem ini bekerja dan dijalankan? notabene misalkan saya membeli hape baru pada tanggal 25 november 2018 dan di jalankan hari itu juga sbgai pemakaian awal. seharusnya kernel version yg muncul adalah tanggal saat pertama kali di nyalakan alias 25 november 2018. aneh nya di hape saya di kernel nya muncul tanggal 1 october 2018 beraerti hape baru yang saya jalankan ini sepertinya sudah pernah pakai? apa mungkin ada tangan2 nakal di manado sini di counter hp, sengaja membuat hp saya tersegel spt baru . Dngn harga jual harga hp baru sndgkn sbnrnya hp bekas.? Karena yg saya beli ini samsung galaxy note 9 dngn hrga 13.5 di manado. Tp pemakaian bru berapa hari sy rasa sprri janggal kurang nyaman battery nya krg srek. 4000 mah rasa boros sprti sudah dipake. Charge 2 jam pemakaian 5 jam sudah habis. Saya jadi was was. Jd hanya sekedar bertanya apakah kernel bisa jadi patokan sebuah unit hp baru, pertama kali di jalankan. Mohon pencerahannya

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.