Cara Install MultiROM MIUI 9 Redmi 4X dan Redmi Note 4X (Mido/Santoni)

Cara Install MultiROM MIUI 9 Redmi 4X dan Redmi Note 4X (Mido/Santoni) | foldertips.com – MultiROM merupakan custom ROM yang dikembangkan oleh MiFans Rusia dan diklaim memiliki performa dan daya tahan baterai yang cukup baik, di sini komunitasnya » https://multirom.me/.

Setelah menggunakan ROM ini selama seminggu, saya langsung jatuh hati. Ternyata MultiROM ini memang sangat nyaman untuk dipakai. Selain smooth, tampilannya juga menarik.

Apa Kelebihan ROM ini?

  • Tidak ada bloatware, sangat ringan dan smooth serta free RAM-nya banyak sehingga cocok bagi pengguna game berat;
  • Menggunakan Android Nougat dan sudah include Bahasa Indonesia;
  • Banyak aplikasi yang kurang penting ditiadakan serta penambahan beberapa tweak;
  • Baterai lebih awet;
  • Sudah termasuk GApps Pico (Google Play Service dan Google Play Store);
  • Selain itu, Smartfren 4G LTE dapat berjalan dengan baik pada ROM ini.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya putuskan untuk membuat tutorial bagaimana cara memasang ROM MultiROM untuk Redmi 4X dan Redmi Note 4X ke MultiROM MIUI 9.


Cara Install MultiROM MIUI 9 Redmi 4X dan Redmi Note 4X (Mido/Santoni)

Sebelum memasang ROM MultiROM untuk Redmi 4X dan Redmi Note 4X, siapkan persyaratan dan bahan-bahan sebagai berikut..

Persyaratan Sebelum Update :

ROM MultiROM MIUI 9 :

Setelah memenuhi persyaratan dan mengunduh bahan di atas, masuk ke TWRP Recovery dengan menekan tombol Power + Vol Up(Jika masuk ke mode recovery berbahasa China, baca langkah 1 pada artikel 3 Cara Masuk Recovery Mode / TWRP / Mi Recovery Xiaomi).

Setelah masuk ke TWRP Recovery, ketuk Install kemudian cari dan ketuk ROM yang telah kamu salin ke Internal Storage tadi.

cara pasang rom multirom redmi 4x

Selanjutnya geser pada Swipe to confirm Flash. Kemudian tunggu proses flashing hingga selesai ditandai dengan notifikasi “…done”.

cara pasang rom multirom redmi 4x

Jika sudah, ketuk Reboot System.

Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Tadaa…!

Sekarang Redmi 4X dan Redmi Note 4X kamu telah berhasil di pasang ROM MultiROM MIUI 9 Nougat.

cara pasang rom multirom redmi 4x

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Berikut score Antutu Benchmark..

score antutu benchmark multirom santoni

Demikian Cara Install MultiROM MIUI 9 Redmi 4X dan Redmi Note 4X (Mido/Santoni).

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah berhasil mengupdate Redmi 4X saya ke ROM MIUI 9 Global Dev dari ROM MIUI 8 V8.5.4.0.NAMMIED. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika bootloop, baca cara mengatasinya pada artikel Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Xiaomi Non UBL (Snapdragon);



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

115 Comments

  1. sy sudah download multi rom 9. tapi harus tunggu 60jam pas UBL ada cara yg cepat gk jdi gk perlu tunggu 60jam, kalau bwt redminote 4 bisa gk om pakai multi rom 9?thanks….

  2. Gan mw tanya… Redmi note4 sy udah unlock, sy mw twrp recovery kok gk bisa ya, udah follow tutorial yh dri agan, pas mw ketik Y kok cmd ny gk jln.

  3. multirom sudah di instal, tp ini memang gak ada gmail-nya ya? terus cara untuk instal gmail gimana ya oom.. ane instal biasa dari playstore bisa instal tp pas masuk gmail ‘gmail has stopped’.. ane coba pake google installer gak bisa juga.. HH ane santoni, ada saran atau solusikah untuk masalah ini oom? thanks

  4. Gan ni ane udh instal rom miui 9 multirom tapi masih yang masmellow , kalau mau intstal miui 9 globa beta multirom yg nouget apa harus root , wape data ,system dll … Makasih gan

  5. Om sy newbie numpang tny. Ini klo udh misal sy instal via twrp hilangkah data yg di in/eksternal, termasuk apk yg terinstal maupun foto” dn segala macem?
    Terimakasih om

  6. gan, kalo rom ini di install d redmi 2 prime bisa nggak? ane udah install miui 9 multirom tp yg lollipop. pingin nyobain yg nougat. thks.

    • Maaf br sempat balas.. Kl ane sih selama masih sama2 “MIUI” terkadang ga pake Wipe dulu, kec pindah ke rom android murni kyk lineage atau RR, atau pixel, baru wajib Wipe dulu. Tp kl ganti Rom ada aplikasi yg force close, tinggal factory reset..

  7. Mw nanya bang, n Rom sama yang global stabel awet mn y battrenya. Trus n ane lg pk MIUI pro bisa nggak langsung install tanpa wipe data. Oh satu lg bang ni Rom size nya berapa ya haha thx

  8. gan pas saya mau install rom nya kan saya wipe system,internal dll
    knp pas sesudah berhasil ke install rom nya internal sya kok jadi gak bisa ya.solusinya gmn gan ?thaks

  9. Kenapa proses download terbilang lambat ya gan? Saya juga coba multirom sebelah , koneksi jadi lambat ? Padahal saya download Rom global malah lancar” aja

  10. gan kalo abis flahsing rom nya, TWRP nya hilang ndak yak, dan kalo semisal seblum flashing rom tuh udah di root, rootnya ilang juga ga ya > thx

  11. Gan saya udah update ke miui 9, tpi kenapa gak ada fitur split screen nya yah? 🙁 #tipe xiaomi redmi note 4 mediatek
    Mohon tanggapannya

  12. Klo ngikutin cara diatas apakah aplikasi yg sudah terinstall masih ada. Kalau tidak ada bagaimana cara biar aplikasi tidak hilang

  13. Kalau orang nanya jawab lah, walau pertanyaannya bodoh sekalipun, mana tau yg nanya udah nunggu gak karuan, nnti hati nya sakit lo…gk jadi gw ngefans sama ni admin :v

    • Pertanyaan sebodoh apapun pasti saya jawab gan, kl engga berarti kelewat.. Yang males itu kl sudah jelas ada di artikel tapi masih ditanya juga, ya karena artikel ga dibaca, cuma baca judul doang..

      Kebayang ga kl setiap hari 200 orang aja yang seperti ini? (blog ini 20rb pengunjung setiap hari)

      Udah pengalaman menghadapi yang kyk gini.. Ujung2nya ya gagal juga dan marah-marah.. Jadi mending didiamkan aja biar berusaha sendiri dan akhirnya baca..

  14. Om numpang tannya ya ane dari rom premium 9.1 mau pindah multi rom yang bener2 nyaman buat gaming dan hh gak mudah panas yang versi brapa ya om

  15. Maaf Min Numpang Nanya,Saya Di Posisi Rom Miui9 Premium Nih,Trus Saya Mau Ganti Ke Rom Bawaan MAMMIEA Miui 8,Kira Kira Langsung Instal Lewat TWRP Atau Gimana Y?

  16. Bang kaan ane pakai miui 9,,ane udah backup app wa sama waktu,kontak,wifi dll,,,kalo ane instal room ini,apakah masih bisa di restore? Ane tkut nya hilang bang

    • Kl backup nya atau udah sinkronisasi via Google ya ga hilang gan.. Nanti bisa direstore saat agan login akun Google nya di ROM ini..

  17. Bang.. Quick replaynya di rom ini ato (versi stabilnya mungkin bang min udah coba) swipe pakai 1 jari ato 2 jari..

  18. Gan minta rom aosp extended untuk redminote 4x mediatek dong. Yg terbaru..
    Sama minta saran biar ga leg main lm sama pubg..

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.