Pasang TWRP Non UBL Mi 4C + Update ke ROM MIUI 9 MutiROM

Pasang TWRP Non UBL Mi 4C + Update ke ROM MIUI 9 MutiROM | foldertips.com – Ada kendala tersendiri bagi pengguna Mi4C yang tidak ingin membuka kunci ootloader mereka. Tanpa unlock bootloader akan sulit sekali untuk mengganti ROM Official Mi4C ke Custom ROM. Padahal seperti kita ketahui bahwa tak ada ROM Global bagi Mi4C, hanya ada ROM China saja.

.. dan sayangnya ROM China ini tidak ada Google Play Store-nya apalagi Bahasa Indonesia.

Bagi pengguna di tanah air, tak ada Google Play Store merupakan bencana terbesar dalam penggunaan smartphone, karena smartphone kamu jadi serasa stupidphone.

Sebenarnya sebelum keluarnya MIUI 9, ada trik mengganti ROM China Mi4C ke Custom ROM tanpa harus unlock bootloader terlebih dahulu. Baca artikel ini Cara Ganti ROM China Mi4C Ke ROM Global (Bhs Indonesia) Tanpa UBL.

Sampai saat ini sebenarnya trik itu masih bisa digunakan, tapi hanya bisa sampai MIUI 8 saja, tidak bisa ke MIUI 9. Hal ini disebabkan karena tak ada TWRP yang bisa menjembatani antara ROM Fastboot Mi4C 6.1.7 dengan ROM MIUI 9, setidaknya sampai artikel ini ditulis.

Saya sudah mencoba beberapa versi TWRP yang ada, tapi gagal semua, selalu bootloop. TWRP A cocok untuk ROM 6.1.7 tapi tidak bisa memasang ROM MIUI 9, TWRP B cocok untuk ROM MIUI 9 tapi tidak bisa dipasang pada ROM 6.1.7, begitu seterusnya.

Kalau sekedar untuk menggunakan ROM MIUI 9 tanpa UBL, bisa menggunakan metode Fastboot Mode EDL, tapi masalah Mi4C ini tak sampai disitu, penggunanya butuh setidaknya ROM MIUI 9 yang ada Google Playstore-nya, artinya ya harus custom ROM, dan memasang custom ROM itu perlu TWRP..

Setelah begadang semalaman akhirnya saya berhasil memasang TWRP Nougat di MI 4C tanpa (UBL) unlock bootloader dan tidak menyebabkan bootloop.

Kali ini saya coba menggunakan TWRP Non Official dari XM – BY untuk Mi 4C yang katanya support dual bootloader yaitu Lollipop dan Nougat.

Kelebihan menggunakan metode ini :

Kekurangannya :

  • Belum saya temukan; 😛

Langsung saja, bagaimana caranya, simak tutorial berikut ini..


Pasang TWRP Non UBL Mi 4C + Update ke ROM MIUI 9 MutiROM

Cara Pasang / Install TWRP MI4C ROM Nougat Tanpa UBL

Sebelum lebih jauh, pahami terlebih dahulu maksud dari artikel ini baru eksekusi. Tutorial ini cocok bagi kamu yang bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Tidak cocok bagi yang masih bertanya bagaimana cara mengekstrak file, bagaimana cara merename file, dst.

Peralatan dan persyaratan yang dibutuhkan :

Bahan yang dibutuhkan :

Jika sudah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan-bahan di atas, ikuti langkah berikut..

Letakkan file recovery.img (ZCX-TWRP-3.0.2-X) ke dalam folder “image” hasil ekstrak ROM MultiROM yang telah kamu unduh di atas tadi.

pasang twrp mi4c nougat tanpa ubl

..akan muncul seperti ini, pilih Move and Replace

pasang twrp mi4c nougat tanpa ubl

Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya..

Install QDLoader HS-USB, klik Next hingga proses selesai.

Install QDLoader HS-USB

Selanjutnya Install MiFlashTools, baca tutorialnya di Cara Flashing Xiaomi Menggunakan Mi Flash Tools [Kupas Tuntas].

Sambungkan Mi 4C ke PC/Laptop dalam mode apapun baik fastboot atau menyala normal (Homescreen) menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas baik.

Jika sudah, jalankan berkas DoubleKlikSaya.bat hasil ekstrak dari FTips_ToolKit_v2.0-Libra.zip..

Cara Pasang / Install TWRP Recovery Mi 4C (libra) Tanpa UBL + ROOT

.. akan muncul tampilan Menu seperti berikut ini..

Cara Pasang / Install TWRP Recovery Mi 4C (libra) Tanpa UBL + ROOT

Ketik “1” kemudian Enter;

Ikuti instruksi selanjutnya maka Mi 4C kamu akan masuk ke Mode EDL secara otomatis ditandai dengan layar mati dan ngeblank hitam.

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan driver Qualcom HS-USB QDLoader telah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.

Cara Flashing ROM China Mi4C Nougat Ke Custom ROM

Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna atau kamu belum menonaktifkan driver signature.

Jika sudah berhasil, lanjut ke langkah selanjutnya..

Jalankan MiFlash Tools dengan cara klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe yang berada di folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash.

Kemudian klik Refresh,

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Maka Mi4C kamu akan terdeteksi sebagai COMx (tergantung dari PC/Laptop kamu, bisa jadi COM3, COM10, dll).

Selanjutnya, klik select dan arahkan ke folder dimana kamu meletakkan hasil ekstrak dari fastboot ROM yang telah kamu unduh pada bahan di atas tadi.

multirom miui 9 bahasa indonesia

Kemudian klik OK.

Pada opsi di bagian bawah Mi Flash, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.

flashing dengan metode fastboot

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

multirom miui 9 bahasa indonesia

Tunggu hingga proses selesai dengan ditandai status “flash done” seperti gambar berikut ini..

multirom miui 9 bahasa indonesia

Jika sudah, jangan masuk ke System dulu..!

Lepaskan kabel dan langsung masuk ke TWRP Recovery dengan menekan tombol Power + Vol Up agak lama hingga muncul logo Mi.

Tadaa..!!

Sekarang MI4C kamu telah terpasang TWRP Nougat seperti berikut ini..

pasang twrp mi4c nougat tanpa ubl

Saat pertama kali masuk, TWRP ini berbahasa China. Ganti ke Bahasa Inggris dengan cara di artikel Cara Ganti Bahasa China ZCX TWRP By BY~XM Ke Bahasa Inggris.

Selanjutnya, masuk ke Setting dan centang Support MIUI Increment OTA agar bisa melakukan update via OTA.

pasang twrp mi4c nougat tanpa ubl

.. kemudian, pilih Mount dan hilangkan centang pada “Mount system partition read-only” agar TWRP tidak hilang setelah reboot.

Trik Update Mi4C Ke MIUI 9 MutiROM + Pasang TWRP Non UBL Nougat

Untuk mencegah bootloop pada saat flashing ROM lain dengan TWRP, unduh bahan di bawah ini :

Kembali ke TWRP, pilih Install;

Selanjutnya pilih berkas noverity.zip yang telah kamu letakkan sebelumnnya ke Internal Storage dan lakukan “Swipe to Confirm Flash”.

Jika sudah, kembali ke halaman depan dan pilih Reboot » System

pasang twrp mi4c nougat tanpa ubl

Pada saat booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bisa tidak menggunakan metode ini dengan ROM fastboot asli Xiaomi? Yaa.. Saya pernah mencobanya, percobaan pertama bootloop dan percobaan kedua flashing sukses tapi recovery tetap Stock Recovery, tidak terganti menjadi TWRP.

Berikut ini score Antutu Benchmark..

score antutu benchmark mi4c multirom

Demikian Pasang TWRP Non UBL Mi 4C + Update ke ROM MIUI 9 MutiROM.

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Mi4C saya. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick / Hardbrick Mi 4C (Libra) untuk mengatasinya.



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

184 Comments

  1. gan aku gagal di bagian ADB FASBOOTnya gak bisa kebaca,,,
    g
    kira2 solusinya gmna?
    apa ada yang kurang juga aku pakai windows 10 32 bit….

  2. kalau mau pake rom lain berarti yang ganti hanya romnya doang ya ? trus isi file recovery.img (ZCX-TWRP-3.0.2-X) itu ya bang ?

  3. tutor brmanfaat bgt serasa mau buat tmpat service sndri wkwk
    btw bang, saya udh gnti rom RR tp lbih enak multirom, krna skornya lbh tnggi entah sy yg slah ambil rom rr nya atau gmna, kalau mau kmbali ke multiroom bisa lngsung via twrp bang ? trus multiromnya di isi lg file twrp yg recovery.img atau gak usah bang ?

  4. om beda ya yg dr atikel ini dgn yg lngsung via twrp ? klo ane gk salah yg dr artikel ini msh beta tp pbih enak, atau cmn prsaan ane aja ya om ? hehe

  5. Bang, ane ane udah berhasil dan sudah masuk ke homescreen rom ini. Kok ngecasnya lama banget yak sampe 4 jam 59 menit. Terus kalo hapenya dimatiin gabisa di idupin lagi. Hehehe terimakasih sebelumnya bang

  6. multirom_images_MI4c_V9.1.3.0.NXKCNEI_v7.0_b39.tgz minta mirror link nya dong..

    minta taruh di Google Drive.. Mediafire lemot

  7. Bang mau tanya.. Ane udah sampe refres mi tools.. Portnya(com & lpt) udah tersambung tidak ada tanda! Udah masuk mi flash ane refresh og muncul tulisan Length cannot be less than zero. Parameter name length.. Gitu.. Trims

  8. Permisi min, 2 minggu lalu ane sukses mendarat di rom ini, kalau boleh tahu, thermal yang cocok dan bisa buat ml an biar ga fc thermal apa ya? Tutorial nya juga gimana

  9. Saya pake cara ini Om tapi g bisa keluar twrp nya, cuma keluar mi recovery, tulisannya bhs cina semua om,
    gmnlusinya om biar bisa d root, UBL nya juga ilang om

  10. nanti langsung otomatis bisa update ota via updater ??
    atau ada folder yg gk bisa di hapus biar bisa update ota ? kaya zcx yg gk boleh hpus folder twrp !!

  11. Bang kalo udah ubl + kepasang twrp yang ini beneran bisa flash rom based aosp/yang lainya gak? Kalo bener bales ya min, soalnya UBL lewat resmi malah malah muncul eror gak jelas

  12. Gan mau tanya saya udh mengunakan room MIUI 9 multirom 9.1.3.0 belum UBL ada cara lain egak om buat install twrp nya

  13. Gan mau tanya ni itu yg ada V9.2.1.0.NXKCNEK udah bahasa indonesia ato blom? Terus kok yg ini msh versi 9.1.3 ato itu yg 9.2.1 blom sempurnah ato gimna? Mending pakek yg 9.1.3? Jelasin bang

  14. gan ane mau tanya, ane udah ngelakuin semua langkah diatas sampek “flash success” dan semua berjalan dg lancar, tapi pas nyampek langkah masuk ke TWRP hp ane sama sekali gak nyala, udah pencet power+up lama banget tapi tetep gak nyala, dilema besar ane gan, apa ini yg dimaksud hardbrick??? jika iya selain cara “test point” ada cara lain gak?
    sebelumnya ane pakek ROM V9.1.3.0.NXKCNEI, belum UBL dan belum pasang TWRP
    makasih gan, ane tunggu jawab agan

        • Colokin ke laptop terdeteksi sebagai mode EDL ga ga? Muncul Qualcomm 9008 di device manager.. MI4C ane prnh matot tp wkt dicolokin ke laptop muncul sprti itu, jadi tinggal flashing ulang..

          Cara ini udah ane uji gan, dan berhasil.. byk jg yg ngasi feedback berhasil..

          • Sip gan thanks feedback-nya, ttp meninggalkan jejak.. Biasanya kl dah sukses diam2 aja jadi kl pengunjung lain baca, isi komentar nya cm masalah melulu.. hehe..

  15. lah ? masukkan noverity.zip-nya ke internal memori kapan yah? kalo sebelum flash bukannya bakal percuma, kan pada saat proses flashing bakal ngehapus semua data di internal memory? terus kalo setelah flashing gimana cara copy ke sdcard-nya? katanya gaboleh reboot dulu??

  16. gan mau nanya kan sebelumnya ane ikutin tutor ubl yang downgrade , nah ane udah berhasi dan udah ubl + instal twrp juga . nah kan ane langusung up tuh ke multirom miui 9 . nah ceritanya ane mau root nih, tapi kok gk bisa masuk twrp lagi ya ? kalo memang udah gk bisa , gimana cara pasang twrp lagi tanpa harus pindah rom ? soalnya cape instal aplikasinya

  17. Terima kasih gan, sekali jalan Alhamdulillah sukses tanpa kendala,semoga sehat selalu gan supaya bisa terus berkarya dan memberikan pencarahan utk yg membutuhkan.joss maturnuwun..

  18. Gan, makasih banget ya ini tutorialnya work ane sukses update dr miui 8 ke miui 9 pake cara ini. Lengkap dengan google assistant pula,,,,, Good Job

  19. Berjalan lancar gan, terimakasih. Walaupun TWRPnya ga bisa jalan tp bisa diakalin install manual ROMnya. Di ektrak dulu di pc trus tinggil copy dan taruh di internal terus tekan power (reboot)

  20. Tutornya canggih bang, work perfectly di hp saya, sempet bingung mau updet ke miui 9 tp trabel di saat ubl stak di 99% terus..akhirnya ketemu artikel ini mantabh djiwa..

    sekalian tanya bang, saya sempet terlewat di step yg centang utk updet via OTA, jd setelah booting pertama kali, saya lsg balik og ke twrp utk centang option itu..pertanyaannya ” emg belom ada ya lanjutan updet dr miui 9.1.3 ini? apa karena step yg terlewat itu..soalnya saya coba check update via OTA not available terus udh coba pake wifi+data juga..

    terima kasih bang..maaf panjang..hahaha

    • Blm ada update nya krn versi Stable biasanya lama update.. Kl ga centang itu ga ada hubungannya sm muncul notif Ota apa engga.. kl ada update Ota ya ttp muncul, cm bedanya kl ga dicentang ga bs update Ota, ga terjadi apa2..

      • ohh gitu bang..

        1 lg bang, setelah nemu artikel ini, saya cari” jga ttg miui 9.2.1 , krn saya butuh versi itu utk main game High Frame Mode..nemu di forum emui, miui 9.2.1 aslinya ver china, tp udh di sulap jd multirom, pertanyaanya, apa bisa saya pasang twrp dgn step by step yg abang terangkan diatas?
        krn saya butuh root jg utk mengatasi thermal throttling mi4c ini..

        terima kasih bang sebelumnya

  21. Gan mw tnya sy flashing rom ini udh sukses tp koq kapasitas internalnya jd cm 8gb y padahal sebelumya internal aslinya 32gb sebelum flash
    Hp sy xiaomi 4c ram 3gb internal 32gb…makasih mohon bantuannya gan

  22. Udh sy cb wipe format data via twrp tp belum kluar smua gan cm kluar 27gb internalnya yg harusnya 32gb..ada solusi lain kah gan
    Mohon pencerahannya

  23. Ni tutorial admin manteppppp banget
    Uda banyak sedoooot rom di sini..

    Kalo ada ma file by pas mi iclound
    Siap donasiiiiii…..

  24. Salam gan. Mau tanya. Mi4c saya udah berhasil pake miui9.
    Tapi permasalahannya adalah sinyal jadi hilang. Ga bisa untuk kedua sim. Imei ada. Kartu terdetek, tp sinyal lost. Udah coba pake china stable, dan multirom (di artikel agan yg lain) ga bisa juga.
    Bisa ga tutorial ini saya gunakan untuk downgrade? Catatan, Twrp udah kepasang di mi4c, dan juga sudah root.

  25. Alhamdulillah setelah saya ikuti langkah demi langkah akhirnya bisa pasang TWRP non ubl + Multi rom miui 9. Kalau mau update rom miui 9 ke versi yg lebih tinggi bisa langsung via twrp kah?

  26. Alhamdulillah….
    Terimakasih kang admin, sukses tutor nya tanpa kendala dan hasil nya sampoerna..hehe

    Saran aj Buat temen2 yg mau eksekusi Mi4c nya:

    1. Baca dulu tutor nya dengan baik
    2. Cermati langkah2 nya
    3. Sabar

    Sukses buat semua….

  27. abis selesai flash dan masuk TWRP mau flash romm RR oreo kok failed ya ?
    haruskah masuk system dulu baru coba lagi ?

  28. Alhamdulillaaah… Terima kasih banget kang admin, malam ini saya sukses tanpa kendala, setelah bolak balik memamah biak tutor nya dengan seksama, step by step di ikuti, akhirnya berhasih sempurna.. kunci nya
    1.Sabar
    2.teliti
    3.fikiran nya Fresh
    4,Jangan lupa kopi nya..
    Sekali lagi Thanks pisan ya kang admin..

  29. gan kok pakai multiroom ini playstore nya dan tema store nya kalau mau downlaod menunggu wifi terus.
    di setelan unduhan mau ubah ke unlimited kagak ada solusinya gimana

  30. satu lagi gan.misal posisi saya udah pkai multi room ini,dan terpasang twrp non ubl.
    misal ganti ke room official mi4c cina stable flash nya lewat twrp non ubl bisa gak.
    soalnya tadi saya coba flash lewat miflash, eror mised hello packet. mau coba pakai mi flash versi 2015.
    pc nya 3 bit soalnya. tolong fast respon.

  31. ada cara kalo pake windows 7 32bit ga min.. soalnya kalo flash “cannot receive hello packet” terus.. kadang error ping..

  32. makasih gan saya sudah berhasil.. tapi ini lampu notifikasi kalo ada notifikasi pemberitahuan tidak nyala ya gimana min? padahal kalo milih warna dipengaturan lampu notifikasi nyala.. tapi klo ada notifikasi malah ga nyala..

  33. ane bingung di noverity.zip nya om .. .?
    sebelum flash hh direset n setelah selesai flash kabel dicabut trus n gak boleh rebot gimana masukin noverity.zip nya ya om . .?

    • Cukup sekali aja om pada saat selesai pemasangan TWRP. Tapi khusus untuk ROM MIUI, tetap lakukan noverity.zip setelah Install ROM.

  34. Om saya pengguna mi4c ram 3/32 seperti ada hal yg ingin sy tanyakan mengenai gps pada mi4c saya tidak pernah akurat selalu 2-3km jarak dr saya titik utama berwarna biru tsb tidak pernah lock di posisi saya dan area biru muda nya terlalu melebar dan tidak pernah mengecil, sbg driver online saya sangat bergantung pd keakurasian gps mohon solusinya atau mohon dibuatkan tutorial fix gps nya mungkin dapat juga membantu user mi4c yg lainnya terimakasih
    Saya tunggu update terbarunya

  35. Kalau setelah selesai instal lewat miflash langsung masuk ke system bakal bootloop apa ngga gan ? jadi ngga perlu masuk ke twrpnya

      • saya coba install pas di miflash kok cuma 1 detik ya gan keterangan sukses tapi rom belom ke install ? driver sudah terinstall , disable driver signature juga sudah nonaktif.

  36. ni website worth banget buat user mi4c, sukses selalu, btw ane mau coba pake costum multirom ini gan, posisi ane di rom nougat china stable, langsung ikutin cara ini bisa gk gan ? ane udah pasang twrpnya tingaal download multirom ini dan eksekusi, kira2 biaa dari rom nougat china stable ? respon ya gan 🙂

  37. oh ia gan untuk kestabilan ama kencengnya hp mi4c ini enak pake lineageos (postingan yg lalu) atau yg multirom ini gan, kira ada saran enak yg mana ?

  38. Numpang tanya bang xiaomi mi4c saya sudah terpasang multirom tapi belum ubl+twrp itu gimana cara pasang nya bang

    • Kl ada TWRP tinggal install via TWRP aja gan tapi Wipe > Factory reset dulu, kl belum ada flashing via Mi Flash Tool dalam mode EDL..

  39. Makasih mas, ^_^
    saya kasih sedikit tips untuk yang gk bisa meskipun sudah di disable signature, usahakan lepi delam kondisi terhubung dengan internet dan hp coba dalam mode fast boot. lepi terkoneksi lalu kemudian buka FTips_ToolKits_v2.0-Libra, ikuti semua seperti yang sudah dijelaskan di atas. lepi akan sendirinya mengupdate driver android (USB-QD Loader)

    Sekali lagi makasih banget untuk tutorial ini ^_^

  40. Om ada cara laen gak dowloadny multiromnya…!! idm koq gak terbaca.
    gagal mulu, kelamaan…..
    terima kasih om..

  41. Om ane perdana mau ngeflash nih mi4c step by step ane sdh lakukan semua. Tiba di titik masalah, ane berkali-kali menonaktifkan driver signature tp tetap logo patung tetap ada jd gak masuk bs ke Miflashnya. Setelah ane restart lg di home lepi ane sdh ada apk Miflash jd ane ulang lg cara seperti diatas langsung ke Miflash dan sukses ngeflash mi4c. Sambil ngopi… Mau masuk mode twrp gak nyala begitu jg dg mode fastboot, di lepi ke detect lihat dr device manager cm led gak nyala begitu jg di charger.
    Mohon om solusi dan jawabannya di tunggu. Terima Kasih

  42. Gan saya sudah success flash ,setelah itu dihidupin gak mau power+up dll, masih ke detek driver nya, saya flash ulang ,success lagi, tapi saya nyalain gk mau juga, driver ttp ke detct kaya masih di mode edl ,gmna solusinay?

  43. Alhamdulillah Done lancar Gan.. + Instal Face Unlock sekalian. Kalau TWRP nya buat instal CusRom lain bisa ga ya Gan? Mau Up ke Oreo Misal..

  44. HS-USB Loader masih tetep ada tanda pentung mas, padalah signature udah disable. Solusinya gimana ya?

  45. Gan ane dah sukses instal multirom_images_MI4c_V9.1.3.0.NXKCNEI_v7.0_b39.tgz tp kl pake 4G setting voice networknya tetep LTE jd susah nerima telepon…kl mau balik miui 8 lolipop bahasa indo caranya gmn gan??tq

  46. Gan, ane udah lancar ngikutin cara diatas. Cuma di mi ane sekarang ga bisa radio offline, sama screenshot layar pake internal sound. Mesti gimana ya gan? Makasih..

  47. Malem om, mau nanya ni om kalo posisi rom saya skrng rom resmi miui 9 china bisa pakek cara ini ga om? Terima kasih om

  48. Malem om, mau nanya om kalo posisi rom saya miui 9.6.3.0(NXKCNFD) China stable Andoid 7 bisa pakek cara ini ga om pusing jga lama2 pakek rom china banya apl bahasa china pengen ganti rom om. Terima kasih

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.