Review, Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5A Terbaru dari Xiaomi

Review, Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5A Terbaru dari Xiaomi | foldertips.com – Setelah sukses mengeluarkan Redmi 4A, Xiaomi tidak mau membuang waktu dan segera merilis varian baru smartphone low budget mereka untuk seri Redmi.

.. adalah Redmi Note 5A.

Kali ini bukan layar 5 inchi lagi namun masuk dalam jajaran Redmi Note berukuran layar 5,5 inchi.

Seri A bisa diasumsikan dalam artian Affordable karena seri A memang untuk smartphone low hingga mid entry level. Redmi Note 5A dirilis dalam 2 versi, yaitu Basic Edition dan Prime Edition. Sementara yang saya review kali ini adalah versi Basic Edition.

Redmi Note Series telah dikenal sebagai smartphone mid range dengan kualitas dan harga yang benar-benar sangat bersaing. Setelah Redmi Note 4X seri MTK dari Redmi Note 4 cukup sukses besar, Xiaomi akhirnya meluncurkan Snapdragon Edition.

Meski belum tahu tanggal pasti kapan Redmi Note 5A ini dirilis secara resmi, namun menurut bocoran yang saya dapatkan dari gsmarena.com, smartphone ini akan tersedia dalam 2 varian memori berbeda. Dimana untuk versi termurah memiliki memori internal 16GB dengan RAM 2GB, sementara versi Prime-nya memiliki RAM 4GB disertai internal 32GB dan 64GB.


Review, Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5A Terbaru dari Xiaomi

Review, Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Redmi Note 5A Terbaru

#1. Unboxing Redmi Note 5A

Penasaran dalemannya?

Cekidot gambar berikut..

Dibalut kotak berwarna merah dengan tulisan Note 5A membuat box Redmi Note 5A ini terlihat sangat menarik.

Unboxing Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Seperti smartphone mid dan low entry pada umumnya, isi dalemannya hanya terdiri dari HP, charger, kabel data, buku manual dan sim ejector. Tidak ada headset yang disertakan.

Unboxing Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

#2. Design Redmi Note 5A

Jika dilihat dari design-nya, Redmi Note 5A ini sedikit menyerupai Redmi 4A mulai dari lekukan pada body hingga bahan yang digunakan pada casing bagian belakangnya.

Namun sayangnya pada versi Basic ini, selain memiliki RAM yang lebih kecil (2GB), juga tidak memiliki fitur finger print seperti Redmi Note 5A Prime. Selain itu, dapur pacunya menggunakan Snapdragon 425 sementara Redmi Note 5A Prime menggunakan Snapdragon 435.

Pada bagian depan terdapat kamera untuk selfie 5 MP yang biasa-biasa saja untuk ukuran Redmi series. Di sebelah kanan kamera terdapat lampu LED notification yang berwarna putih.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Pada sisi bagian belakang terdapat kamera utama dengan sensor 13 MP disertai dengan lampu flash tunggal yang terkadang tidak cukup menyala terang di tempat gelap. Cukup mumpunilah kalau sekedar untuk jeprat-jepret narsis.

Selain itu, pada sisi belakang juga tidak terdapat pemindai sidik jari seperti versi Redmi 5A Prime. Namun casing belakang dari Redmi Note 5A ini terbilang cukup elegan untuk ukuran smartphone low budget. Xiaomi tampaknya mampu mendesign sebuah perangkat smartphone yang cukup membuat terkesan meskipun untuk smartphone seri low mid range.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Pada sisi kanan Redmi 5A terdapat tombol Power serta tombol Volume Up dan Volume Down.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Sementara di bagian atas terdapat jack audio 3.5mm, noise cancellation mic serta IR Blaster.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Di sisi sebelah kiri terdapat slot kartu SIM berukuran nano yang dapat menampung 2 kartu (dual SIM) serta dilengkapi dengan slot kartu MicroSD (up to 256 GB). Akhirnya untuk pertama kalinya Xiaomi merilis smartphone dengan dukungan kartu MicroSD.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Pada sisi bawah sekilas tampak seperti iPhone 6 dengan adanya lubang loudspeaker serta microphone pada kedua sisinya kemudian disertai colokan Micro USB pada bagian tengah. Sayangnya tipe yang diusung oleh Redmi 5A ini belum menggunakan USB Type C.

Design & Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

#3. Dapur Pacu Redmi Note 5A

Redmi Note 5A dilengkapi dengan dapur pacu Snapdragon 425 dan perender grafis Andreno 308 yang dapat melakukan tugasnya dengan baik dalam hal multitasking serta beberapa game online standar.

Berikut ini score pengujian benchmark pada AnTuTu

Dapur Pacu Redmi Note 5A
foto : http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html

Score yang diperoleh pada pengujian AnTuTu adalah 35.110 point. Hasil ini selisih jauh dari versi Redmi Note 5A Prime yang berhasil mencapai score 45.551 point.

Selisih skor hingga 10.000 ini diakibatkan karena prosessor serta GPU pada Redmi Note 5A yang lebih rendah jika dibandingkan dengan versi Prime. Cukup masuk akal karena memang Redmi Note 5A ini untuk yang seri low budget jika dibanding dengan versi Prime-nya.

Pengujian pada game NBA 2K17 terasa agak laggy, namun untuk penggunaan standar seperti browsing, chatting, panggilan telepon hampir tidak ada perbedaan dengan versi Prime.

Smartphone Redmi Note 5A telah mendukung jaringan LTE 4G dengan dual SIM Card yang keduanya aktif (dual standby). Kamu bisa dengan mudah mengganti dari SIM 1 ke SIM 2 sebagai SIM yang digunakan untuk paket data internet.

Dari fungsi multimedia, Redmi Note 5A mendukung hampir semua format video dan audio populer saat ini seperti MP4, M4V, MKV, XVID, WAV, AAC, MP3, AMR, FLAC dan format lainnya.

Pengujian dilakukan untuk menonton beberapa film tidak ada masalah sama sekali baik dari sisi proses rendering gambar hingga suara yang terdengar bagus dan jernih.

#4. Sistem Operasi

Awalnya banyak yang mengira bahwa Redmi Note 5A telah menggunakan MiUI 9 secara pre-installed. Namun ternyata OS pada pengkapalan awal yang terpasang masih menggunakan MiUI 8. Hal ini sama seperti Xiaomi Mi5X yang masih menggunakan MiUI 8.5

#5. Kamera

Redmi Note 5A mengusung kamera depan sebesar 5 MP dan kamera belakang 13 MP. It’s OK lah kalau hanya untuk sekedar jeprat-jepret dokumentasi kamu sambil narsis.

Namun mode manual pada kamera ini cukup terbatas, hanya terdapat pengaturan White Balance dan ISO saja.

Pada kondisi cahaya yang cukup, gambar yang dihasilkan cukup bagus namun pada saat kurang cahaya, kamera depan ataupun belakang Redmi Note 5A ini di bawah rata-rata.

Hasil Kamera Belakang Redmi Note 5A Oleh mitch002

hasil kamera belakang Redmi Note 5A
foto oleh mitch002
hasil kamera belakang Redmi Note 5A
foto oleh mitch002
hasil kamera belakang Redmi Note 5A
foto oleh mitch002

Hasil Kamera Depan Redmi Note 5A Oleh mitch002

review mi note 5a

hasil kamera depan Redmi Note 5A
foto oleh mitch002

#6. Performa Baterai

Baterai yang diusung oleh Redmi Note 5A adalah tipe non-removeable, ini seperti tipe baterai Xiaomi pada umumnya.

Dari sisi performa, Snapdragon dari Qualcomm memang cukup dikenal dengan kemampuan efisiensi dalam penggunaan baterai. Hal ini membuat performa baterai Redmi Note 5A tidak mengecewakan karena mampu bertahan hampir seharian dalam kondisi penggunaan normal.

Setelah diuji dengan PC Mark Battery Stress Test hasilnya memberikan SOT 11 jam dan 7 menit, cukup baik untuk baterai seukuran 3080 mAh. Dengan ukuran kapasitas baterai yang sama dengan Redmi Note 5 Prime, hasil ini lebih unggul 1 jam karena memang Snapdragon 425 mengkonsumsi lebih sedikit daya jika dibandingkan dengan Snapdragon 435 (Redmi Note 5A Prime).

Pada urusan pengisian daya, satu-satunya kelemahan dari Redmi Note 5A ini adalah tidak didukungnya Quick Charge 3.0 dan masih menggunakan pengisian Micro USB.

#7. Spesifikasi Redmi Note 5A

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Redmi Note 5A..

NETWORK Technology GSM / CDMA / HSPA / LTE
LAUNCH Announced 2017, August
Status Coming soon. Exp. release 2017, September
BODY Dimensions 153 x 76.2 x 7.6 mm (6.02 x 3.00 x 0.30 in)
Weight 150 g (5.29 oz)
>SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches (~71.5% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Multitouch Yes
– MIUI 9.0
PLATFORM OS Android 7.0 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
CPU Quad-core Cortex-A53
GPU Adreno 308
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP, f/2.0
FEATURES Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No
– XviD/MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/Flac player
– Photo/video editor
– Document viewer
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Infrared port Yes
Radio FM radio
USB microUSB 2.0
BATTERY Non-removable Li-Ion 3080 mAh battery
Stand-by Up to 264 h (3G)
Talk time Up to 35 h (3G)
Music play Up to 92 h
MISC Colors Silver, Gold, Rose Gold
Price About 120 EUR

Sumber tabel : http://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_5a-8818.php

#8. Kesimpulan

Jika kamu bukan orang yang serius dalam hal fotografi dan sangat mementingkan kamera dan budget bukan masalah bagimu, sebaiknya jangan pilih smartphone ini.

Tapi..

Jika penggunaan kamu hanya untuk yang penggunaan harian biasa-biasa saja, bukan gamers sejati dan tidak terlalu mementingkan pemindai sidik jari, smartphone ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi pengguna yang ingin mendapatkan smartphone terbaik dengan harga 2 jutaan saja dengan spesifikasi hardware yang cukup mumpuni dan dipersenjatai chipset terbaru dari Qualcomm.

#9. Cek Harga Terbaru Dan Beli Smartphone

Smartphone Redmi Note 5A dari Xiaomi ini dibanderol dengan harga di kisaran 2 jutaan di pasaran tanah air.

Demikian Review, Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5A Terbaru dari Xiaomi.

Semoga bermanfaat..!

referensi :
http://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_5a-8818.php
http://en.miui.com/thread-838417-1-1.html



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

3 Comments

  1. Xiomi A5 tidak bisa muncul double di home screenshoot aplikasi ketika di klik aplikasi ganda,tidak seperti note 2 yang pernah saya pakai, jadi saya harus menggunakan Veri berapa agar icon double dihome screen

  2. gan hp sy xiaomi note 5a miui 8.5 stabil NDFMIED apakah ini rom asli?
    tapi kenapa sinyal nya kok hilang2 terus ya????
    sda solusikah gan????

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.