Cara Pasang / Install TWRP dan Root Redmi 4/4X (Santoni)

Cara Pasang / Install TWRP dan Root Redmi 4/4X (Santoni)

Cara Pasang / Install TWRP dan Root Redmi 4/4X (Santoni) | foldertips.com – Root Android adalah suatu proses untuk memberikan ijin kepada penguna smartphone, tablet atau perangkat Android lain agar mendapatkan akses penuh (dikenal dengan “akses root”) di berbagai subsistem di dalamnya.

Dengan mendapatkan akses penuh ini, kamu mendapatkan keuntungan seperti bisa memasang aplikasi di memory card, aplikasi yang butuh akses root, menggunakan Custom ROM dan mendapatkan akses ke berkas sistem Android untuk kepentingan tertentu.

Kalau kamu ingin ngeroot atau flashing untuk mengganti ROM MIUI ke custom ROM, maka memasang TWRP merupakan salah satu proses yang harus dilakukan.

Apa itu TWRP?

TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan software open-source yang berguna untuk memasang ROM pihak ketiga atau untuk melakukan backup / restore ROM smartphone kamu.

Bagi pengguna Redmi 4X dengan base Android Marshmallow dan Nougat, ikuti langkah berikut untuk memasang TWRP dan ROOT device kamu.


Cara Pasang / Install TWRP dan Root Redmi 4/4X (Santoni)

Cara Pasang (Install) TWRP Dan Root Xiaomi Redmi 4X (MIUI 8/9)

TWRP yang saya bagikan disini adalah TWRP dari Cofface yang telah terpasang DM-Verify untuk mencegah bootloop setelah pemasangan ROM MIUI.

Sebelum ngeroot dan memasang TWRP Recovery, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini..

Persiapan sebelum pasang TWRP :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

Setelah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan di atas, saatnya melakukan pemasangan TWRP di Redmi 4X.

#1. Langkah Pemasangan TWRP Recovery Redmi 4X Marsmallow dan Nougat

Sambungkan Redmi 4X ke PC atau Laptop dengan kabel USB Original atau yang berkualitas baik kemudian matikan dan nyalakan dengan menekan tombol Power + Vol Down untuk masuk ke mode fastboot seperti berikut..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Buka folder hasil ekstrak ToolKitTWRP_v2.0-Santoni.zip,

twrp installer redmi 4x

Klik kanan » Run as Administrator pada berkas DoubleKlikSaya.bat, akan muncul kotak Command Prompt seperti berikut..

cara pasang TWRP redmi 4x

Ketik “1” kemudian Enter, selanjutnya ikuti instruksi yang tertera pada toolkit hingga Redmi 4X kamu masuk ke TWRP secara otomatis.

Jika tidak, lepas kabel dan masuk ke TWRP dengan menekan tombol Power + Vol Up bersamaan. (Jika masuk ke mode recovery berbahasa China, baca langkah 1 pada artikel 3 Cara Masuk Recovery Mode / TWRP / Mi Recovery Xiaomi).

Jika ingin mengupdate Redmi 4X ke ROM MIUI 9 dengan TWRP Recovery, baca artikel Cara Update MIUI 9 Global Redmi 4X Dengan TWRP Recovery.


Kalau TWRP ini menggunakan Bahasa China pada saat pertama kali berjalan, ganti bahasanya dengan cara yang sama persis seperti di sini.

Sampai tahap ini pemasangan TWRP Recovery di Redmi 4X selesai.

#2. Langkah ROOT Redmi 4X Marsmallow Dan Nougat

Masih dalam mode TWRP Recovery, pilih Install.

Langkah Root Xiaomi Redmi 4X Nougat

Selanjutnya pilih berkas UPDATE-SuperSU.zip yang telah kamu salin sebelumnya ke Internal Storage.

Geser ke kanan pada “Swipe to confirm Flash”..

Cara Pasang TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi 4X (MIUI 8/9)

Tunggu hingga proses selesai..

Jika sudah, pilih Reboot System.

Setelah selesai restart, akan mucul icon SuperSU di Homescreen.

Cara Root Xiaomi Mi4C Dan Pasang TWRP Recovery

Sampai pada tahap ini, instalasi TWRP dan root Redmi 4X telah selesai.

TWRP Recovery ini berjalan baik untuk mengupdate Redmi 4X ke MIUI 9 Global dan China Stable.

Setelah melakukan rooted, rasanya kurang lengkap jika kamu tidak memasang XPosed Framework. Simak tutorialnya di artikel Cara Pasang (Install) XPosed Framework Redmi 4X MIUI 9 Nougat.

Jika ingin menghilangkan root (unroot) dengan alasan tertentu, baca artikel Cara Menghilangkan Root (Unroot) Android Dengan Mudah.

Demikian Cara Pasang / Install TWRP dan Root Redmi 4/4X (Santoni).

Semoga bermanfaat !

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Redmi 4X saya sendiri. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Xiaomi Non UBL (Snapdragon) untuk mengatasinya.


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 271 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

149 Comments

  1. gan kok ane pas bagian masuk twrp recovery malah bahasa cina?trus ane klik bahasa cina warna biru paling bawah bru restart dan masuk ke home kaya biasa itu gimana ya?

  2. gan gw dah ikutin smua cara dan tapi pas bagian masuk ke TWRP gk masuk ke twrp malah masuk ke mode uji coba(kayanya soalnya ada bacaan CPU,Battre,sound,dll)gk kaya TWRP

  3. SystemLess gan,gk Full Root,apakah semua android sekarang (N+) emang kayak gitu,apakah para developer gk akan kecewa nantinya. android yg seharusnya opensource

  4. extract di folder tanpa spasi maksudnya gman gan
    file NON-HLOS.bin dan twrp6.img
    yang ada di folder ftips tidak ada waktu di extrak
    pemasangan jadi twrpnya failed
    solusi nya gan

    • Hasil ekstrak dari tools ini jangan ditaruh di folder yang ada spasinya.. File yang agan sebut itu mmg hidden, bukan ga ada..

      Kl failed, errornya apa gan?

  5. saat mau ganti bahasa di minta matikan hp…
    kemudian masuk ke mode twrp dengan tombol ON + VOLUME ATAS…
    KEMUDIAN TARAAAAAA,,,,
    tAMPILAN TIDAK SAMA SEPERTI YG DI CONTOH PADA LANGKAH #2
    MENGECEWAKAN

    • Beda apanya? Ente berhasil ga pasang TWRP? Cari artikel lain aja yg ga mengecewakan.. Ente ga bayar ane utk buat tutorial ini..

  6. mas, kok ane habis pasang twrp, telephone sama sms gamau kebuka ya? dia pas dibuka kaya nolak, langsung ketutup lagi. sudah saya restart masih sama

  7. Gan ane udh baca tutorialnya pemasangan twrp dan super SU nya sukses tapi kenapa pas hp reboot cuma ada super SU nya doang twrpnya g ada di layar….

  8. Gan kmren ane nyoba pasang SU via twrp root sukses tp sayang nya simcard gk kedeteksi cek imei mmash ada. Ane pake miui 9 7.8.24 beta ANDROID N device xiomi 4x. Masukannga gan.?! Makash

  9. Ass.wrwb om. ane mau flashing ya kmren udh dpt sms dr mi udh di izinin. cuma masalah hp sy tidk ada Mi unlcok status di opsi pengembang. cuma ada oem unlocking. sy csk xiaomi2 yg lain gt jg mas.

  10. Stah, Di TKP Saya, Pas Di Step Install TWRP Setelah Tekan Y→enter. Di dialog box nya, errot, cannot directory d:/new folder gitu stah.

    • Saya belum pernah coba mas kl pemasangannya di ROM MIUI 9 Global Stable, yang prnh saya coba untuk mengupdate ke MIUI 9 dari MIUI 8..

  11. misi bang admin
    saya mau tanya ?
    tapi sebelum nya saya minta no wa bang admin ?
    kalo kaga save no wa aye 083892576699..
    penting bang

  12. Gan kok berkali kali ane flash supersu tetep ngga ada ya launcher supersu nya… Gimana ni solusinya.. Tapi pas di cek di cpuz udah ke root,gimana ni?

  13. om kok kaya gini,
    ‘fastboot.exe’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file

    udah ubl, udah ngikutin langkah2 nya .. udah instal 15 seconds ADB installer, sudah ganti laptop juga, tapi tetep kaya gitu terus om ..
    solusinya apa nih om ??

  14. Gan ane kan udah sukses pasang twrp nya,,,udah instal cusrom juga,,tp setiap habis instal cusrom twrp nya selalu hilang,,itu solusinya gimana gan?

    • TWRP biasa pada umumnya ga ada DM-Verify jadi harus install lazyflasher lagi, kalau ga bisa bootloop.. Kl Cofface ini sudah otomatis ada DM-Verify.

  15. Saya mau download bahan nya. Adb sama driver kok ada bbrapa file ya min? Rocomend yg mudah penggunaan nya pake yg no brp min?

  16. Gan tanya apakah ini bisa buat instal costum rom sama full backup . Dan apakah artikel ini udah di edit?. Dan nama twrp jadi ToolKitTWRPR4X.zip dan ukuran file 38/39mb kan di tulis artikel 20mb.

  17. Cara instal miui pro dengan twrp ini gmna gan mohon bimbingan nya untuk redmi 4x sekalian link miui pro terbaru nya bro

  18. gan, klo mau pasang twrp aja tp tanpa pasang supersu bisa gak ya. pengennya root pake magisk cm pemasangannya lewat twrp, bisa ndak? thanks

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*