Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Smartfren Di Redmi Note 3 Pro (Kenzo)

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Smartfren Di Redmi Note 3 Pro (Kenzo)

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Smartfren Di Redmi Note 3 Pro (Kenzo) | foldertips.com – Smartfren yang merupakan salah satu ISP (Internet Service Provider) di Indonesia, telah menyediakan teknologi 4G LTE bagi para pelanggan setianya. Jaringan 4G Smartfren tentu bisa dijadikan alternatif pilihan bagi kamu yang butuh koneksi internet cukup mumpuni dengan kuota yang lebih besar namun bisa diperoleh dengan harga yang sangat bersaing.

Selain menyediakan layanan internet, Smartfren juga memberikan produk berupa smartphone ataupun modem MiFi Andromax dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah..

Jika kamu pengguna Redmi Note 3 Pro yang ingin menggunakan jaringan 4G LTE Smartfren tapi tidak ingin membeli modem atau smartphonenya, manfaatkan smartphone kamu dengan mengaktifkan jaringan 4G LTE Smartfren.

Bagaimana caranya?

Ikuti panduan berikut ini..


Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Smartfren Di Redmi Note 3 Pro (Kenzo)

Cara Mengaktifkan (Setting) Smartfren 4G Di Redmi Note 3 Pro

Untuk menggunakan jaringan 4G LTE Smartfren pada Xiaomi, kamu hanya membutuhkan kartu 4G aktif dari Smartfren yang sudah terisi paket data dari Smartfren.

Bila kamu sudah memiliki kartu 4G dari Smartfren, lakukan cara berikut ini untuk menjalankan 4G LTE dengan frekuensi 2300 Mhz milik Smartfren.

Langkah-langkah Mengaktifkan Smartfren 4G LTE di Redmi Note 3 Pro

Cek coverage area, untuk memastikan bahwa daerah kamu memang tersedia jaringan 4G Smartfren;

Masukkan kartu 4G Smartfren ke slot simcard Redmi Note 3 Pro.

Dial ke *#*#4636#*#* untuk masuk ke Phone information;

Pilih Phone information1 jika meletakkan kartu SIM Smartfren pada SIMCard 1, atau Phone information2 jika meletakkan kartu SIM Smartfren pada SIMCard 2.

Contohnya saya meletakkan kartu SIM Smartfren pada slot 1, maka saya pilih Phone information1.

Scroll sedikit ke bawah, kamu akan menemukan pengaturan Set preferred network type.

Pilih LTE Only;

Selanjutnya..

Ketuk Turn off radio, tunggu sekitar 10 detik, kemudian ketuk Turn on radio untuk memicu munculnya sinyal jaringan 4G dari Smartfren;

Setelah itu, masuk ke SIM card settings.

Settings » SIM cards & mobile networks » smartfren;

Pada SIM card settings, ada 3 hal yang harus diatur, yaitu Accesss Point Names, Preferred network type dan Mobile networks.

#1. Access Point Names

Pilih Access Point Names » New APN


Lengkapi isian APN seperti berikut ini :

  • Name : Smartfren
  • APN : Smartfren4G
  • Username : smartfren
  • Password : smartfren

Kemudian klik More » Save;

#2. Preferred netword type

Abaikan..!

Yang saya alami malah setelah memilih “Prefer LTE”, jaringan 4G jadi hilang.

Jadi sebaiknya jangan dikutak-katik.

#3. Mobile networks

Masuk ke Mobile networks » aktifkan Choose automatically;

Setelah melakukan pengaturan di atas, sekarang saatnya memilih kartu SIM mana yang akan dijadikan koneksi Paket Data (dalam hal ini Smartfren).

Kembali ke SIM cards & mobile networks, pada DEFAULT SETTINGS, pilih Internet » Smartfren;

Cara Mengaktifkan 4G LTE Smartfren Pada Xiaomi

Selesai..

Sampai pada langkah ini, kamu telah berhasil mengaktifkan Smartfren 4G LTE pada Redmi Note 3 kamu..

Lihat gambar..

Mengapa hal ini jadi memungkinkan?

Hal ini bisa terjadi bukan masalah GSM atau CDMA, tetapi karena adanya kesamaan frekuensi yang digunakan sehingga perangkat smartphone Xiaomi kamu bisa menggunakan jaringan 4G LTE Smartfren.

Perlu kamu ketahui, kartu Smartfren disini hanya bisa digunakan untuk paket data saja, tidak bisa untuk melakukan panggilan telepon atau SMS.

Mau tau speed-nya?

Ini saya coba dengan speedtest.net di android, lokasi pengujian di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Cara Mengaktifkan Smartfren 4G LTE Pada Xiaomi Mi4C

Wow.. !

Ternyata sangat kencang, tembus hingga 30 Mbps untuk download, dan 1.73 Mbps untuk upload. Tentunya bisa berbeda sesuai dengan lokasi kamu berada.

Catatan :
Saya menggunakan smartphone Redmi Note 3 Pro dengan ROM MIUI 9 Global Beta yang telah unlock 4G mengunakan tutorial Cara Update Redmi Note 3 Pro Ke MIUI 9 Dev (Fix 4G Aman) Tanpa UBL.

Demikian Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Smartfren Di Redmi Note 3 Pro (Kenzo).

Semoga bermanfaat..!


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 271 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

18 Comments

  1. Makasih Om….
    Settingan dah jadi xiomi ku sudah pake Smartfren. Sekarang makin asik internetan pake Smartfren plus KOPI ASIK ?????

    • Ane ga paham kl Redmi 3S, ga pny device-nya gan..

      Biasanya yang berhubungan dengan SIM Card ini kalau ga mslh hilang IMEI ya file Modem NON-HLOS.bin.

  2. Pak, saya mau tanya nih. kira2 jika memakai rom china dev bisa terbaca tidak sinyal smartfrennya? apa wajib harus rom yang global?
    soalnya saya pemakai rom china dev, dan rom saya yang dipakai saat ini, sinyal smartfrennya tidak muncul sama sekali, tadinya saya pingin coba ke rom china dev yang terbaru mungkin saja sinyalnnya muncul, tapi yang ditakutkan hasilnya akan sama.
    Oh iya, type Xiaomi yang saya pakai Xiaomi redmi note 3 pro.

    terimaksih sebelumnya.

    • Saya juga pengguna Redmi Note 3 Pro, sinyal 4G dan sinyal smartfren muncul otomatis pak di Redmi Note 3 Pro saya kl menggunakan ROM China baik Stable ataupun China Dev.

  3. Terimakasih atas balasannya,
    Betul pak, pengalaman saya semenjak memakai china dev tidak ada masalah di jaringan 4g, tidak perlu setting apapun 4g otomatis muncul.
    Tapi masalahnya pada sinyal smartfren ini, saya bingung kok di xiaomi saya tidak muncul sama sekali sinyalnya alias no service (kadang emergency).
    Trus saya coba tutor diatas dengan memasukan apn secara manual, tapi anehnya setiap saya save sesudah membuat apn baru, apn yang saya buat tadi tidak muncul. Seharusnya kan sesudah membuat apn baru ketika selesai (disave) di list apn akan muncul settingan yang sudah dibuat tadi. tapi ini tidak ada sama sekali. berikut screenshootnya pak. https://3.bp.blogspot.com/-pHjKZ0A0Rkw/Wp_JcpWF1TI/AAAAAAAADt4/_bE_uZW8GfEq-jxB6f_9JW_bHise5v0PQCLcBGAs/s1600/Screenshot_2018-03-07-17-53-02-656_com.android.settings.png

    Disitu selalu muncul notif “Acces point name settings are not available for this user”
    kira2 apakah ada settingan yang harus dirubah Pak? agar apn yang saya buat bisa muncul di listnya.
    Mungkin jika apn baru bisa dibuat dan muncul di listnya, sinyal smartfren dapat terbaca oleh xiaomi saya.
    Maaf sebelumnya pak, jika saya bertanya panjang lebar, soalnya sebelum saya pindah rom saya mau coba dulu tips2 dari Bapak, mungkin saja tanpa perlu pindah rom juga sinyal smartfrennya bisa muncul, termiakasih.

  4. sehabis ganti lte only lalu turn on radio. sinyal nya gamau keluar mas. saya pakai redmi 3 pro MIUI 7.9.2.0 stable asli dari baru gk pernah saya ubah (gatau china apa global). pakai telkomsel putus outus 4g nya soalnya. ini mau nyoba smartfren. gmn solusinya gan

    • Kl ada sinyal 4G di Telkomsel kemungkinan itu ROM abal2 gan.. Krn Reno 3 ini hrsnya 4G dikunci.. Cb cek update ada ga? Kl ga ada bener ROM abal2.. Di Reno 3 ane sinyal Smartfren malah lgsg nongol ga perlu setting apapun..

  5. gan saya mau tanya nih, hp saya xiaomi reno pro 3,udah update miu 9 global pengen pake lagi smartfren agar sinyal 4g bisa muncul bisa ga ya?
    dulu saya pake smartfren tp sinyal ga muncul, saya pake alternatif sinyal 4g cdma dgn sms dan telpon nya non aktif tapi pas masih versi miu 8.
    mohon pencerahan nya gan terimakasih

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*