ToolKit Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C

ToolKit Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C

ToolKit Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C | Setelah lama mengoprek smartphone Xiaomi Mi4C dan menulis artikel tentangnya, ada beberapa kendala yang sering dihadapi pengguna Mi4C pada saat melakukan flashing atau pemasangan TWRP Recovery. Kasus yang paling sering muncul adalah “cannot load twrp.img” dan tidak bisa masuk ke mode Fastboot EDL.

Hal ini biasanya disebabkan karena peletakan file image twrp yang salah atau fastboot.exe yang belum support dan terkadang mengalami bug karena versi Fastboot yang tidak mendukung. Lebih jelas baca artikel Error Saat Flashing Dengan Mi Flash Dan Pasang TWRP Xiaomi.

Selain itu, sering sekali terjadi bootloop karena menggunakan versi TWRP yang tidak cocok dengan ROM yang digunakan pada saat melakukan pemasangan TWRP dan flashing ROM.

Oleh karena itu, saya putuskan untuk membuat ToolKits agar bisa mempermudah proses di atas dan tentunya semoga dapat meminimalisir kegagalan pada saat flashing dan pemasangan TWRP pada Mi4C.

Ini dia..

FTips_ToolKits_v1.1 – Libra.zip

Bagaimana cara menggunakannya?

Simak penjelasan berikut…


ToolKit Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C

ToolKits Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C

Menggunakan toolkits ini sangat mudah, menunya pun sangat sederhana. Saya hanya mengkompilasi perintah-perintah ADB Fastboot CMD sehingga kamu tidak perlu mengetik apalagi mengingat setiap perintah command prompt pada saat melakukan pemasangan TWRP.

Unduh dan ekstrak FTips_ToolKits_v1.1-Libra.zip60 MB, letakkan hasil ekstrak pada folder tanpa spasi kemudian jalankan file DoubleKlikSaya.bat.

Maka akan muncul daftar menu sebagai berikut :

  1. Masuk Ke Mode Fastboot;
  2. Masuk Ke Mode Fastboot EDL;
  3. Masuk Ke Recovery Mode;
  4. Cek Status Lock Bootloader;
  5. Pasang TWRP Lollipop Ke Lollipop;
  6. Pasang TWRP Lollipop Ke Nougat;
  7. Pasang TWRP Nougat Ke Nougat;
  8. Reboot Ke Homescreen.

Aplikasi ini berjalan dengan baik jika smartphone kamu telah unlock bootloader.

Pilih menu dengan mengetik Angka 0 – 8 sesuai dengan langkah yang ingin kamu lakukan, akan saya bahas satu persatu..

#1. Masuk Ke Mode Fastboot

Pilih menu ini untuk masuk ke mode Fastboot secara otomatis tanpa menekan tombol Power + Vol Down.

#2. Masuk Ke Mode Fastboot EDL

Menu ini digunakan apabila kamu ingin masuk ke mode Fastboot EDL untuk melakukan flashing ROM + memasang TWRP tanpa unlock bootlader.

Beberapa file fastboot.exe memiliki bug dimana saat ingin masuk ke mode Fastboot EDL selalu gagal yang disebabkan perintah fastboot-edl tidak dikenal. Jika kamu mengalami kegagalan masuk ke mode Fastboot EDL, gunakan menu ini.

#3. Masuk Ke Recovery Mode

Gunakan menu ini untuk masuk ke Recovery Mode dari Homescreen tanpa perlu menekan tombol Power + Vol Up. Tapi menu ini tidak berfungsi jika kamu berada di mode Fastboot atau tidak bisa masuk ke Recovery Mode dari mode Fastboot.


#4. Cek Status Lock Bootloader

Menu ini digunakan untuk  mengecek apakah bootloader kamu dikunci atau tidak.

Lihat keterangan “device-unlock”, jika true artinya bootloader sudah terbuka (unlock bootloader), jika false artinya bootloader masih terkunci (locked bootloader).

#5. Pasang TWRP Lollipop Ke Lollipop

Menu ini digunakan jika kamu ingin memasang TWRP dengan ROM saat ini adalah Lollipop dan akan melakukan flashing ke ROM Lollipop juga.

Contohnya jika ingin menggunakan ROM Xiaomi.EU Bahasa Indonesia (Lollipop).

Caranya tinggal tekan Angka 5 kemudian Enter, maka otomatis TWRP akan terpasang dan Mi4C kamu akan langsung masuk ke TWRP Recovery Mode.

#6. Pasang TWRP Lollipop Ke Nougat

Menu ini digunakan jika kamu ingin memasang TWRP dengan ROM saat ini adalah Lollipop dan akan melakukan flashing ke ROM Nougat MIUI 8.

Contohnya jika ingin menggunakan ROM Xiaomi.EU v8.5.1.0 Nougat.

Caranya tinggal tekan Angka 6 kemudian Enter, maka otomatis TWRP akan terpasang dan Mi4C kamu akan langsung masuk ke TWRP Recovery Mode.

#7. Pasang TWRP Nougat Ke Nougat

Menu ini digunakan jika kamu ingin memasang TWRP dengan ROM saat ini adalah Nougat dan akan melakukan flashing ke ROM Nougat MIUI 9.

Contohnya jika ingin menggunakan ROM Xiaomi.EU MIUI 9 Nougat.

Caranya tinggal tekan Angka 7 kemudian Enter, maka otomatis TWRP akan terpasang dan Mi4C kamu akan langsung masuk ke TWRP Recovery Mode.

#8. Reboot Ke Homescreen

Reboot ke Homescreen merupakan menu tambahan yang berfungsi hanya untuk masuk ke sistem (Homescreen) dari Fastboot Mode.

Mudah kan ya..!

Semoga ToolKits di atas bermanfaat bagi kamu pengguna Mi4C.

Demikian ToolKit Mempermudah Proses Flashing Dan Pasang TWRP Mi4C.

Semoga bermanfaat..!


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 245 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

14 Comments

  1. mastah mau tanya
    setelah saya download smw file untuk mi4c di foldertips ini, sekarang mi4c saya berada pada rom miui 9.1.2.0 china stable ->(firmware dr en.miui.com)
    bisakah pasang twrp dengan toolkits ini?
    atau pakai twrp.img libra/ferrari dari postingan mastah yg sebelumnya?
    terimakasih

    • Gan, bisa naik ke MIUI 9 China Stable pakai cara apa? TWRP ini ga bisa dipasang di ROM MIUI 9 China Stable.. Ane belum nemu Custom TWRP yang cocok..

  2. Gan mau tanya
    mi 4c gw sakarang udah miui9 china stabel 9.1.3.0
    *gw mau pasang twrp libra 3.1.1 sulit sekali yaa?
    *gw salin superSU dr PC ke mi4c “gak mau di copy tau sejenisnya” ?
    saat ini gw ada masalah dengan broser bawaan miui9,doi klo lagi broser selalu di arahin ke negri tiraibambu (pusing jd nya)
    *gw mau ganti ke miui9 multilang kira2 bisa ga ya gan..?
    mohon pencerahannya,,, tks

  3. gan saya coba flash kok malah botlop,.. sudah segala cara ngak bisa cobak di flash pakai mi phone stronge ngak cukup,.. di xiaomi mi4c tolong pencerahanya gan,.. terimakasih

Leave a Reply

Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar bisa membantu pengunjung yang lain..


*