Cara Mengaktifkan / Unlock Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro UBL (Kenzo)

Cara Mengaktifkan / Unlock Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro UBL (Kenzo) | foldertips.com – Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) merupakan salah satu produk Xiaomi yang bisa kamu dapatkan dengan harga cukup terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni. Misalnya memiliki ukuran layar yang besar serta dilengkapi dengan fingerprint.

Namun dibalik kelebihannya, Redmi Note 3 Pro ini memiliki “kekurangan”, yaitu jaringan 4G-nya dikunci oleh vendor. Dikuncinya jaringan 4G ini bukan tanpa sebab, ada aturan dari Kemenperindag yang mengatur bahwa setiap smartphone yang ingin menikmati jaringan 4G di Indonesia, harus lulus TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Kalau kamu membeli Redmi Note 3 Pro baik secara online maupun offline yang bukan bergaransi resmi dan kamu bisa menikmati jaringan 4G, kemungkinan besar ROM yang kamu dapatkan adalah ROM Abal-Abal. Cek disini untuk mengetahuinya.

Sebaiknya ganti ROM kamu dengan ROM resmi demi keamanan dan kenyamanan pada saat menggunakannya.

Namun pahami ini..!

Setelah mengganti ROM resmi, maka jaringan 4G akan lenyap. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini akan saya beri solusinya.

Tutorial ini hanya untuk Redmi Note 3 Pro yang telah melakukan unlock bootloader. Jika belum, ikuti panduan pada artikel Cara Aktifkan Jaringan 4G Hilang Redmi Note 3 Pro Tanpa UBL (Kenzo).


Cara Mengaktifkan / Unlock Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro UBL (Kenzo)

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro Hilang (Unlock Bootloader)

Persyaratan sebelum melakukan flashing :

  • Pastikan baterai Redmi Note 3 Pro dalam keadaan full charged atau minimal 50%;
  • Telah memasang TWRP, baca panduannya pada Cara Pasang / Install TWRP Redmi Note 3 Pro (Kenzo) UBL;
  • Jangan lupa backup terlebih dahulu data-data penting smartphone kamu jaga-jaga kalau proses pengaktifan jaringan 4G mengalami kegagalan.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

Langkah-Langkah Unlock Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro Bagi Yang Telah Unlock Bootloader

Letakkan file Patching_Prefer_4G_Kenzo_MIUI9_UBL.zip ke Internal Storage Redmi Note 3 Pro kamu. Letakkan diluar saja dan jangan diekstrak.

unlock 4g ubl

Setelah itu, masuk ke TWRP Recovery dengan cara matikan smartphone, kemudian tekan tombol Power + Vol Up beberapa detik hingga muncul logo Mi kemudian lepaskan.

Setelah masuk TWRP Recovery Mode, pilih Install;

unlock 4g ubl

Selanjutnya pilih Swipe to confirm Flash.

cara fix 4g kenzo

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Jika sudah, ketuk Back (tanda panah kiri) hingga ke tampilan depan TWRP Recovery, pilih Reboot » System..

cara fix 4g kenzo

Maka smartphone kamu akan reboot otomatis ke Homescreen..

Tadaa..!

Sekarang jaringan 4G Redmi Note 3 Pro kamu telah aktif..

Berikut ini hasilnya..

Berhasil Unlock 4G Redmi Note 3 Pro ROM Global 8.5.6.0 Tanpa UBL

Pada beberapa kasus yang saya alami, setelah melakukan flashing Fix 4G ini, Redmi Note 3 Pro meminta password baik pada saat masuk ke Homescreen atau saat masuk ke TWRP Recovery Mode. Untuk mengatasinya, gunakan Menu 4 atau 5 pada ToolKits Mengatasi Permasalahan Saat Flashing Redmi Note 3 Pro.

Bagaimana Cara Update ROM Terbaru Dan Fix 4G Kembali?

Berdasarkan pengalaman saya, bagi pengguna yang sudah UBL dan menggunakan FIX 4G UBL, aman-aman saja jika melakukan update via Updater (OTA), jadi lakukan update saja seperti biasa.

Demikian Cara Mengaktifkan / Unlock Jaringan 4G Redmi Note 3 Pro UBL (Kenzo).

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Redmi Note 3 Pro saya sendiri dengan ROM Global MIUI 8 dan ROM MIUI 9 Global Beta dalam keadaan unlock bootloader. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi Note 3 Pro (Kenzo) Non UBL untuk mengatasinya.



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 346 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

77 Comments

  1. gan kok pas sukses instal fix 4g-nya pas reboot minta masukan sandi, itu sandi apa yah?
    soalnya di coba sandi mi akun ga bisa.

  2. Gan..setelah ane ikuti sesuai urutan, setelah ane Install via TWRP sampe Reboot System koq terakhir Redminote 3 Pronya ga mau nyala ya?kalau ane sambung ke charger cuma kedip2 nyala merah. Mohon solusinya?
    ini ane beli Hp second, stelah cek via Adb trnyata udah UBL, kemudian ane ikuti Langkah2 Fix 4G UBL ini..mohon solusinya, mungkin ada alternatif lain.
    Trims

  3. ane cek pake Adb Xiaomi
    ketik fastboot oem device-info
    enter & keluar tulisan
    Device unlocked : true
    bukankah berarti dah UBL?
    ane cari2 petunjuknya dr Google juga

    • Iya bener udh UBL gan.. Coba tools yg ane kasi aja biar gmpg.. Abis masuk TWRP lgsg flashing ROM kemudian baru reboot ke system.

  4. Gan,stelah ane buka Toolkit no.6 itu kan petunjuknya memastikan Kenzo dalam mode Fastboot (Y/No).. ini kan Hp.nya dalam posisi mati dengan indikator kedip2 merah. Taunya utk mode fastboot darimana ya?

    Klo misalnya di Flashing dulu pake Miflash Tool agar Hp bisa ke kondisi normal/nyala dulu bisa ga ya?

  5. Gan hp ane redmi 4x miui global 8.5|stabil miui v8.5.2.0 (mammied) signal hilang saat masuk jaringan 3g 4g. Atau cuma ada signal saat prioritas dibuat 2g aja. Apakah rom saya abal”. Versi miui 9 tersedia di pembaruan. Apakah dengan update ke miui 9 bisa mengatasi masalah tersebut. Mohon pencarahan.

  6. Gan, setelah step final nya uda sukses saya lakukan.. proses mau masuk homescreen kan ada logo Mi nya dlu.. menurut agan, Logo Mi nya lama ya buat ke homescreen?

  7. Bang, aku udah sukses pasang twrp dan fix 4G sesuai tutorial nya. Posisi pakai miui 8.5.6.0. Dan tidak ada kendala. Pertanyaannya. Jika mau update miui nya apakah harus download full rom yang terbaru? Misal yang skrg miui 8.5.7.0.

  8. Ane blum UBL, tp udah dapat sms persetujuan UBL,rencana mau UBL + pasang TWRP + Fix 4G, posisi rom miui 9.2 Global Stabil, apakah bisa menggunakan cara diatas gan?

  9. Terimakasih banyak mas tutorialnya. Setelah mempelajari dan menunggu berhari-hari, bolak balik kunjungi web ini serta sampai bookmarks. Dari Redmi Note 3 tidak bisa konek –> UBL –> install TWRP —> fixed 4G. Alhamdulillah skrg sudah bisa berkat tutorial web ini.
    Semoga semuanya jadi amal jariyah.

  10. gan setelah ane flash jamu 4g nya ane stuck di logo Mi nya gan. gk bisa masuk ke homescreen, gimana ini ? padahal posisi ane udh UBL. Please help me

  11. Terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk tips ini. Alhamdulillah berhasil dipraktikkan. Smartphone Xiaomi redmi note 3.

  12. terimakasih tutorialnya.. saya sudah berhasil.. mau tanya, saya coba update OTA ke miui9.. setelah berhasil downlod update miui9 dan reboot malah masuk ke TWRP.. di TWRP saya pilih system – reboot, versi nya tetap di miui8.5.. ada info bang kira2 salah dimana.. terimakasih

      • thanks bro infonya.. tanya satu lagi.. sebelumnya saya pake rom china 8.0.5.. trus saya ganti jadi rom global 8.5.. dan install twrp + fix 4g.. sekarang lcd nya jadi sangat sensitif ya.. mau scroll malah jadi kepencet trus.. ada pengalaman kayak gitu gak.. thanks

  13. Mantap gan tutornya jelas..100% work..saya ikutin mulai dari cara UBL nunggu 6 hari sampe pasang twrp dan fix 4G semuanya jelas..makasih gan bermanfaat banget

      • Gan sorry tanya, ini kan ada update 9.5.1.0 itu bisa update ota langsung via updeter atau download full rom di en.miui. Terima kasih

        • Saya juga mendapatkan notifikasi update 9.5.1.0.. Lalu saya update file nya yang sekarang sekitar 250mb.. Selesai download saya reboot sesuai tulisan yang tertera.. Tapi begitu reboot langsung masuk menu twrp.. Karena tidak tahu apa yang harus dilakukan saya memilih reboot . Dan kembali ke menu home.. Setelah itu muncul kembali notifikasi update.. Tapi ukuranya 1.1gb.. Semoga Bang Admin bisa kasih tutorial untuk update via ota tanpa masuk twrp.. Kenzo saya sudah ubl dan fix ubl resmi. Ikut tutorial disini dengan lancar dan aman.. Tapi ada masalah dengan update Ota..

          • menurut saya sih itu biasa, barusan saya update memang 250mb habis tuh masuk twrp. Setelah selesai akan ada update 1.1gb nah disini kendalanya, setelah saya update prioritas 4g hilang. Jadi terpaksa melakukan Fix 4g melalui twrp. mungkin itu pengalaman saya

          • Thanks sharingnya gan.. Kl sudah UBL bisa harusnya bisa update OTA dengan melakukan Settings di TWRP dulu..

          • Kl sudah ada TWRP pasti masuknya ke TWRP gan (pengganti mi recovery). Di cara pasang TWRP ada ane sebutkan agar support ota masuk ke Settings di TWRP terus harus mencentang Support MIUI Increment OTA. Tp sebelumnya harus pernah flashing full ROM dulu biar untuk survival kalau update OTA gagal.

            Kasus agan itu update OTA-nya ga berjalan makanya tetap minta update lagi.

  14. hehe thank gan ane sudah berhasil fix 4g ubl, thank min semogo rezeqi admin semakin banyak hehe, sering sering ane kunjungi situs ini. thank min

  15. min adakah cara untuk bisa hub admin? saya pengen tanya2 saya masih awam dihp redmi not 3 pro.. saya butuh bimbinganya min.. terimaksihh

  16. Makasih banyak foldertips, sukses 100% 4G saya akhirnya kebuka juga. Muter muter cari web yg bener akhirnya ini yg paling gampang

  17. gan mau nanya
    “Sayangnya,proses com.android.phone terhenti……” muncul terus yah tiap detik, kartu sim juga ga ke deteksi

    setelah semua proses sukses malah begitu gan, ada solusi ?

    • ROM apa gan? MIUI ya? Kl di custom ROM ga perlu pake fix 4g, bakal muncul pesan eror di atas.. Kl di MIUI, coba factory reset, 4G ttp aman harusnya… Kl ttp muncul error seperti itu, berarti eMMC agan udah lemah..

  18. Gan ane pake miui 8.2.1 stable, abis ikutin langkah diatas simcard mlah jadi ga kedetect, baseband version unknown. ada solusikah? trimakasih

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.