Perbandingan Modem Bolt Slim 2 VS Mifi Smartfren, Pilih Mana?

Perbandingan Modem Bolt Slim 2 VS Mifi Smartfren, Pilih Mana? | foldertips.com – Dewasa ini koneksi internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan penguna di tanah air. Majunya perkembangan teknologi membuat modem tipe USB terasa sudah ketinggalan jaman.

Saat ini sudah bermunculan berbagai macam modem Mi-Fi yang memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan tipe pendahulunya.

Dari banyaknya modem yang ada, kali ini saya akan coba mereview perbandingan antara modem Bolt Slim 2 dengan modem Mifi Smartfren M2Y.

Kebetulan saya punya kedua-duanya dan saya telah menggunakan kedua modem ini di area Medan, Jakarta dan Aceh.

Review ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, bisa jadi berbeda dengan pengalaman kamu saat menggunakannya.


Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

PERBANDINGAN
Bolt Smartfren
KECEPATAN INTERNET
Pada kondisi sinyal normal, kecepatan internetnya sangat cepat dibanding smartfren, bisa sampai 16 Mbps Lebih lambat jika dibanding Bolt, rata-rata sekitar 10 Mbps
COVERAGE/JANGKAUAN SINYAL
Tidak seluas smartfren, terlalu banyak blankspot bahkan di kota besar seperti Jakarta atau Medan. *) Jangkauan sangat luas, bahkan sampai ke kabupaten di Aceh, Medan, Jakarta. Jarang sekali blankspot atau hilang sinyal. **)
DAYA TANGKAP SINYAL MODEM
Sangat lemah. Terutama di dalam ruangan. Sinyal langsung drop beberapa bar. Bagus. Modem tetap dapat menangkap sinyal dengan baik walaupun di dalam ruangan.
DAYA PANCAR WIFI
Jelek. Sekitar 5 Meter dari modem, sinyal wifi sudah sangat lemah untuk ditangkap laptop atau smartphone Bagus. Bahkan sampai 10 Meter, sinyal wifi tetap dapat ditangkap dengan baik oleh perangkat misalnya laptop atau smartphone
BOOTING
Booting-nya lambat. Butuh waktu sekitar 6-7 detik baru menyala sempurna dan siap digunakan Booting-nya cepat. Sekitar 3 detik langsung bisa digunakan
DESIGN
Menurut saya designnya kurang bagus, tidak elegan, namun kelebihannya ada layar walaupun sebenarnya tidak terlalu bermanfaat. Designnya menarik, lebih simple dan elegan. Tidak dilengkapi dengan layar, hanya lampu indikator saja.
FUNGSI TAMBAHAN
Ada wifi extender, jadi bisa menerima sinyal dari wifi lain kemudian dipancarkan atau diteruskan kembali oleh modem ini. Tidak ada wifi extender
SLOT ANTENA
Ada, jadi kamu bisa menggunakan antena tambahan (dijual terpisah) untuk meningkatkan kualitas sinyal. ***) Tidak ada slot antena.
SUHU MODEM
Tidak panas, normal Panas, terutama saat di daerah dengan sinyal yang lemah.
PAKET DATA
Buat saya pribadi, bolt lebih baik. 99rb dapat 8GB dan 149rb dapat 13GB tanpa syarat, seharian penuh. Namun pengisian pulsa sedikit lebih ribet jika dibanding Smartfren.

Kuota yang tidak terpakai akan hilang jika tidak menaktifkan fitur perpanjangan otomatis, tentunya harus tersedia pulsa yang cukup untuk perpanjangan.

Kurang bervariasi, 100rb dapat 5GB siang + 12GB malam. Cocok untuk yang suka begadang.

Pengisian paket sangat mudah, tinggal isi pulsa langsung otomatis jadi paket data.

Kuota tetap terakumulasi meskipun masa aktif telah habis.

BATERAI
1500 MAh 2000 MAh. Lebih baik smartfren
HARGA
Sangat mahal, 600rban Lebih murah, sekitar 300rban
LAINNYA
Jika sinyal lemah, modem sepertinya akan berhenti mencari sinyal. Sehingga baterai lebih tahan. Namun kita sebagai pengguna yang terkadang susah sendiri, sinyal ga ada. Hehe.. Pada lokasi yang sinyalnya lemah atau hilang timbul, modem Smartfren akan terus berusaha mencari sinyal, sehingga efeknya baterai cepat ngedrop dan suhu modem menjadi sangat panas.
  • *) Untuk mengecek area (Coverage Area) BOLT bisa dilihat di www.bolt.id/coverage;
  • **) Untuk mengecek area (Coverage Area) yang sudah dijangkau Smartfren bisa dilihat di www.smartfren.com/4g/web/coverage;
  • ***) Antena tambahan hanya berfungsi untuk meningkatkan sinyal pada daerah yang kondisi sinyalnya lemah, bukan untuk daerah yang tidak ada sinyal sama sekali.

Perbandingan Harga Paket Bolt Dan Smartfren

Harga paket Bolt dan Smartfren memiliki variasi masing-masing, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Bolt!

Paket Internet Superflex

Paket Internet Superflex adalah paket yang bisa kamu gunakan selama 24 jam tanpa syarat yang terdiri dari Basic Package, Convenient Packet dan Lite Package.

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Paket Internet Super Bonus

Paket Internet Super Bonus adalah paket dengan bonus kuota besar namun hanya bisa digunakan antara jam 1 – 8 pagi  yang terdiri dari Basic Package, Convenient Packet dan Lite Package.

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2YKelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Paket Internet Super Streaming

Paket Internet Super Streaming adalah paket yang cocok bagi kamu yang suka streaming di Youtube, Netflix, FMX, dan Klikflim dengan mendapatkan bonus kuota sebesar 1GB perhari khusus untuk streaming.

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Sumber : https://www.bolt.id/isi-ulang-paket-internet

Untuk mengisi ulang pulsa dan paket internet Bolt, baca artikel 10 Cara Isi Ulang Pulsa Dan Paket Internet Bolt (Lengkap).

Harga Paket Internet Smartfren

Kelebihan Kekurangan Bolt Slim 2 VS Smartfren Mifi M2Y

Sumber : http://www.smartfren.com/id/pascabayar-smart-plan/

Kesimpulan :

Masing-masing modem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi saran saya sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika butuh internet kencang dan tidak terlalu masalah dengan banyaknya blankspot, atau di daerah kamu tidak terlalu banyak blankspot, pilih Bolt!. Cocok untuk yang tidak suka begadang, karena kuota bisa dipakai kapan saja.

Namun jika butuh internet yang stabil, jangkauan luas, namun kecepatannya biasa saja – sebenarnya sudah sangat cukup untuk browsing dan Youtube tanpa buffering – misalnya untuk Driver Gojek, Grab, dan kamu juga suka begadang, pilih modem Smartfren.

Tapi jika tidak suka begadang, kuota malam yang tidak terpakai terasa sayang.

Demikian Perbandingan Modem Bolt Slim 2 VS Mifi Smartfren, Pilih Mana?.

Semoga bermanfaat.. !



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 346 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

1 Comment

  1. gan mau tanya kalo untuk latency-nya lebih baik yang mana ya soalnya saya lumayan sering main game-online terus pake provider xl waktu awal pemakaian latency saya bisa stabil dibawah 100ms tapi akhir2 ini mentok2 paling di 300ms mohon pencerahannya gan hehe

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.