Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah

Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah | foldertips.com – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instant messenger paling populer dunia setelah Telegram.

Pada update terbarunya, WhatsApp memungkinkan para penggunanya untuk mengirim berbagai jenis dokumen termasuk gambar ke pengguna lainnya.

Meskipun begitu, WhatsApp tetap memberikan batasan dalam kapasitas berkas atau dokumen yang akan dikirim.

Untuk pengguna perangkat Android, pengiriman file diberikan kapasitas maksimal hingga 100 MB, sementara pengguna iOS mampu mengirim hingga 128 MB.

Tak hanya itu, pengiriman gambar di WhatsApp pun akan mengalami kompresi atau penurunan kualitas terlebih dahulu sebelum sampai ke penerimanya.

Hal ini sebenarnya bertujuan agar gambar yang dikirim dan diterima penggunanya segera cepat terkirim dan diterima.

Namun dalam kondisi tertentu, hal ini malah membuat si penerima gambar merasa terganggu karena gambar yang diterima berkurang kualitasnya.

Hal ini terlihat dari gambar yang terlihat pecah, blur hingga teks yang tidak bisa dibaca jika kamu membuat screenshot panjang.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan berbagi tips agar gambar yang dikirim dengan WhatsApp tidak berkurang kualitasnya atau pecah.


Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah

Cara Mengirim Gambar Di WhatsApp Agar Tidak Pecah

Sebelum mengirim gambar dengan kualitas tinggi, pastikan kamu telah menggunakan WhatsApp versi terbaru. Jika belum, segera update aplikasi WhatsApp kamu.

Setelah update, pastikan bahwa HP kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan sinyal yang kuat.

Periksa tanggal dan waktu telah di atur dengan benar. Jika tanggal salah, maka HP kamu tidak akan terhubung ke server WhatsApp untuk mengirim dan mengunduh gambar yang akan dikirim.

Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp,

Klik icon lampiran (attachment),

Selanjutnya, jangan pilih Gallery, tetapi pilih Document.

Cara Mengirim Gambar Di WhatsApp Agar Tidak Pecah

Kemudian cari gambar yang ingin kamu kirim dan klik KIRIM.

Tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Dengan memilih tipe Document, maka kualitas gambar yang dikirim tetap akan seperti aslinya dan tidak mengalami kompresi atau penurunan kualitas.

Selanjutnya, penerima gambar harus mengunduh file gambar tersebut dan membukanya melalui Gallery, jangan melalui aplikasi WhatsApp..

.. jika dibuka melalui WhatsApp, gambar akan terlihat pecah karena sebenarnya itu hanya tampilan saja (preview), bukan tampilan gambar sesuai aslinya.

Nah sekarang sudah tahu caranya kan ya..

Demikian Cara Mengirim Gambar di WhatsApp Agar Tidak Pecah.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 346 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.