2 Cara Mudah Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows

Cara Mudah Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows

2 Cara Mudah Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows | foldertips.com – Setelah melakukan install ulang PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows, biasanya ada sebagian hardware yang tidak terpasang atau tidak memiliki driver, terutama pada PC/Laptop lawas. Biasanya ditandai dengan adanya tanda pentung pada Device Manager. Hal ini terjadi karena Windows yang kamu pasang, bank drivernya tidak include dari hardware pada PC atau laptop kamu.

Padahal driver merupakan salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh setiap hardware pada PC atau Laptop kamu. Ibarat mobil, jika tidak ada supirnya tentu mobil tersebut tidak bisa berjalan. Kalau kamu masih memiliki driver bawaan PC atau Laptop sih ga masalah, namun jadi ribet kalau PC kamu rakitan atau CD Driver dari laptop kamu sudah hilang tercecer entah kemana.

Nah jika setelah menginstall ulang Windows, kamu mengalami hal demikian, ikuti panduan berikut untuk mencari driver yang tepat untuk OS Windows.


2 Cara Mudah Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows

3 Cara Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows

Pada dasarnya Windows – terutama Windows 7 ke atas – memiliki bank driver yang sudah include di dalam OS Windows itu sendiri, namun pada hardware kondisi tertentu, ada driver yang tidak cocok atau tidak ditemukan pada bank driver Windows tersebut, terutama jika PC kamu sudah lawas.

Ada cara mudah untuk mendapatkan driver yang cocok jika kamu mengalami hal demikian..

#1. Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Aplikasi DriverToolKit

DriverToolkit merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengupdate dan menemukan driver yang cocok pada PC atau Laptop kamu secara otomatis sekaligus mengunduhnya langsung. Aplikasi ini bekerja dengan cara melakukan scan driver pada PC atau Laptop secara menyeluruh kemudian menampilkan daftar driver yang perlu di-update atau belum terpasang pada PC kamu secara akurat.

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Aplikasi DriverToolKits

Selain dapat digunakan untuk meng-update driver, DriverToolkit juga bisa digunakan untk melakukan backup driver jika suatu saat nanti kamu melakukan install ulang PC atau Laptop kamu agar mudah untuk merestorenya kembali tanpa perlu mencari atau mengunduh ulang driver PC kamu.

Pada tutorial ini saya tidak akan menyediakan link downloadnya, kamu bisa googling saja banyak yang memberikan link untuk mengunduh DriverToolkit ini.

Setelah memasang DriverToolkit, jalankan aplikasi kemudian pilih Update Drivers;

DriverToolkit akan segera melakukan scanning dan memberikan link download driver yang cocok untuk diinstall.

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Aplikasi DriverToolKits

Kamu akan diberikan daftar driver secara lengkap baik driver yang missing atau corrupt, driver yang sudah uzur serta hardware yang tidak memiliki driver.

Klik tombol Download untuk mengunduh. Jika unduhan telah selesai, silahkan install drivernya.

#2. Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware IDs

Jika kamu tidak ingin ribet harus menginstall aplikasi pihak ketiga, gunakan cara menemukan driver yang tepat menggunakan Hardware ID.

Setiap perangkat keras komputer memiliki ID unik masing-masing sehingga dengan mudah kamu bisa menemukan driver yang cocok untuk hardware tersebut.

Bagaimana caranya, ikuti tutorial berikut ini..


Buka Start, klik kanan pada Computer kemudian pilih Properties.

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Selanjutnya klik Device Manager;

Pada Device Manager kamu akan menemukan hardware yang tidak memiliki driver ditandai dengan tanda pentung seperti contoh berikut ini..

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Klik kanan pada harware yang tidak memiliki driver, kemudian pilih Properties;

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Selanjutnya pilih tab Details, pilih Hardware Ids pada pilihan Property.

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Selanjutnya klik kanan dan Copy value yang paling atas;

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Kemudian buka buka Google, dan pastekan Hardware Ids tadi pada kotak pencarian, maka kamu akan menemukan daftar web yang menyediakan driver dari hardware kamu..

Mencari Driver Yang Cocok Menggunakan Hardware ID

Silahkan unduh dan install driver dari halaman web yang menyediakan driver yang sesuai dengan hardware PC kamu.

Mudah kan ya..

Demikian 2 Cara Mudah Mencari Driver Yang Cocok Untuk Laptop/PC Windows.

Semoga bermanfaat…!


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 271 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*