Cara Mengubah / Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar

Cara Mengubah / Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar

Cara Mengubah / Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar | foldertips.com – Mengubah file PDF menjadi format Word, Excel ataupun PowerPoint biasanya bertujuan agar file tersebut dapat diedit dengan mudah atau untuk kebutuhan tertentu yang memang membutuh perubahan format file PDF tersebut, misalnya untuk bahan presentasi.

Bagi kamu yang sering berkecimpung dengan komputer, smartphone atau tablet, baik dalam pekerjaan kantor ataupun bisnis, pasti sudah terbiasa dengan dokumen yang berformat PDF.

File PDF biasanya digunakan sebagai format pengiriman dokumen digital baik melalui email ataupun instant messenger seperti WhatsApp.

Pada dasarnya semua file PDF di convert ke dalam format Ms. Word, Excel ataupun PowerPoint. Tapi jangan salah, tidak semua file PDF bisa diedit (diubah) meskipun telah menjadi format Word, misalnya file PDF yang berasal dari hasil scan atau gambar. File PDF jenis ini jika diubah ke format Word, maka hasilnya hanya berupa gambar yang ditempel ke dalam Microsoft Word, Excel ataupun PowerPoint, sehingga tetap tidak bisa diedit. Ibaratnya kamu mengedit file foto di Microsoft Word.

File PDF yang bisa diedit setelah dikonvert menjadi format Word, Excel dan PowerPoint adalah file PDF yang berasal dari Text Editor, browser atau aplikasi pengolah kata lainnya. Artinya file PDF yang bisa diedit adalah file PDF yang berada dari teks juga.

Nah..

Bagaimana cara mengubah atau mengkonvert file PDF ke format Word, Excel dan PowerPoint?

Simak tutorial berikut ini..


Cara Mengubah / Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar

Cara Mengubah/Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar

Untuk mengkonvert file PDF ke Word, Excel ataupun PowerPoint, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi berbasis online (web based).

Berikut daftar aplikasi yang sering daya gunakan…

#1. Nitro Pro

Nitro Pro merupakan salah satu aplikasi powerful dalam urusan PDF. Dengan Nitro Pro, kamu bisa mengubah format PDF ke Word, Excel, PowerPoint, Image dan lainnya.

Selain mengubah format, Nitro Pro juga bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu (Combine). Namun memang, aplikasi ini berbayar.

Buka file PDF dengan Nitro Pro, kemudian klik To Word untuk mengkonvert file PDF menjadi format Word. To Excel untuk mengubah format PDF ke Excel, To PPT untuk mengubah format PDF ke PowerPoint dan To Image untuk mengubah file PDF menjadi format gambar.

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

kamu juga bisa mengkonvert file PDF ke dalam format Rich Text (RTF) dengan memilih To Other.

#2. Convert PDF to Word Plus 1.0

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi premium (berbayar), gunakan Convert PDF to Word untuk mengkonversi file PDF ke format Word.

Aplikasi ini memang hanya untuk mengubah file PDF ke Word. Hal yang memang paling umum dilakukan users.

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal drag and drop saja file PDF yang ingin di konvert ke Word atau bisa juga dengan mengklik Add pada tombol kiri bawah. Kemudian klik Convert.

Selanjutnya..

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

  • Source path » meletakkan file hasil konversi ke folder yang sama dengan file PDF sumber;
  • Desktop » meletakkan file hasil konversi ke Desktop;
  • Costom » meletakkan file hasil konversi sesuai keinginan kamu.

Kemudian klik OK.

Hasil konversi akan berupa format Word dengan Rich Text (RTF).

#3. Convertonlinefree.com

Converteronlinefree.com merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi mengubah file PDF ke Word berbasis web, jadi untuk menggunakannya, kamu perlu koneksi internet.

Aplikasi ini hanya bisa mengubah file PDF menjadi Word atau Teks (TXT).

Buka converteronlinefree.com kemudian klik Choose file :

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

Kemudian klik Convert untuk mulai mengkonversi.

File Word akan otomatis terunduh sesaat setelah proses konversi selesai.

#4. Smallpdf.com

Selain convertonlinefree.com, kamu juga bisa menggunakan smallpdf.com untuk mengubah file PDF menjadi Word berbasis web.

Smallpdf merupakan aplikasi berbasis Web yang sangat lengkap dan powerfull. Saya sangat merekomendasikan penggunaan tools ini untuk urusan PDF secara online.

Buka smallpdf.com, pilih PDF to Word, PDF to Excel atau PDF to PPT. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

Drag and drop file PDF yang ingin di konversi atau pilih Choose file, selain itu kamu juga bisa memilih file PDF langsung dari Dropbox atau Google Drive dengan mengklik toolbar FROM DROPBOX atau FROM GOOGLE DRIVE.

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

Kemudian klik Download File untuk mendapatkan file PDF yang telah di konversi ke Word.

Cara Mengubah File PDF (Convert) Ke Microsoft Word

Atau kamu juga bisa langsung memindahkan ke Dropbox atau Google Drive dengan mengklik icon-nya.

Ada kelebihan tersendiri jika kamu menggunakan aplikasi berbasis online, diantaranya :

  • Mendukung semua platform » aplikasi berbasis web bisa berjalan pada semua jenis platform. Tidak masalah jika kamu memakai Mac, Windows, ataupun Linux;
  • Keamanan terjamin » file akan otomatis terhapus secara permanen dari server setelah satu jam. Tidak akan yang bisa mengakses file kamu dan privasinya terjamin 100%;
  • Mudah untuk digunakan » dengan aplikasi berbasis web, kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun, cukup hanya menggunakan browser dan koneksi internet kemudian tinggal drag and drop file kamu, tunggu beberapa detik hingga proses selesai, kemudian tinggal mengunduh saja;
  • Di dalam server Cloud » semua kompresi file dilakukan di server Cloud dan tidak akan memakan kapasitas komputer kamu.

Selain mengkonversi file PDF dengan cara di atas, sebenarnya ada cara lain untuk mengubah file PDF ke format Word, Excel, Powerpoint dan Gambar. Kamu bisa langsung membuka file PDF dengan Microsoft Word, Excel ataupun Powerpoint untuk mengubah atau mengedit file PDF tersebut.

Bagaimana caranya,

Simak tutorial berikut..

Cara Mengedit/Mengubah File PDF

Perlu kamu diketahui bahwa file PDF yang bisa diedit adalah file PDF yang dihasilkan dari Text Editor, Browser dan sejenisnya, bukan hasil dari mesin scanner.

Ada beberapa cara untuk mengubah atau mengedit file PDF, bisa langsung menggunakan Microsoft Word atau menggunakan Adobe Acrobat Pro.

#1. Microsoft Word

Jika menggunakan Microsoft Word, sebenarnya terjadi proses konversi file PDF ke Word terlebih dahulu sebelum kamu bisa mengedit file PDF tersebut.

Buka file PDF menggunakan Microsoft Word, maka Word akan memproses konversi beberapa saat.

Cara Mengedit (Mengubah) File PDF

Ubah file PDF seperti kamu menggunakan Microsoft Word, kemudian Simpan kembali dalam format .pdf jika kamu ingin tetap dalam format PDF atau pilih .docx jika ingin mengubah PDF ke format Word.

#2. Adobe Acrobat Pro

Selain menggunakan Microsoft Word, kamu juga bisa mengubah file PDF langsung tanpa perlu mengkonversinya ke dalam format Word.

Gunakan Adobe Acrobat Pro (premium), tidak bisa menggunakan Adobe Reader versi gratis.

Dengan cara ini kamu tidak perlu mengkonvert file PDF menjadi versi Word terlebih dahulu untuk mengeditnya, tapi bisa langsung di Adobe Acrobat Pro.

Nah jika kamu rasa file PDF terlalu besar, kamu bisa memperkecilnya dengan cara berikut..

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Ada beberapa alasan seseorang ingin mengecilkan ukuran dokumen PDF, misalnya file terlalu besar saat dijadikan lampiran email atau memenuhi internal storage smartphone jika disimpan terlalu banyak.

Untuk memperkecil ukuran file PDF, kamu bisa menggunakan cara online seperti smallpdf.com ataupun aplikasi offline gratis seperti Orpalis PDF Reducer.

#1. Smallpdf.com

Bukan smallpdf.comdrag and drop file PDF ke dalam kotak atau pilih Pilih file,

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Selain itu, kamu juga bisa memilih file langsung dari Dropbox ataupun Google Drive.

Tunggu proses kompresi hingga selesai.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Kemudian klik Unduh File Sekarang, atau klik icon Dropbox atau Google Driveuntuk  menyimpannya langsung ke Dropbox/Google Drive.

#2. Orpalis PDF Reducer

Download dan install aplikasi Orpalis PDF Reducer,

Jalankan aplikasi, kemudian pilih file sumber (Source) dan tujuan penyimpanan (Destination) (sebaiknya letakkan pada folder yang berbeda sehingga file asli tidak tertimpa).

Selanjutnya klik Start Batch, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Kemudian klik OK.

Proses mengecilkan file PDF selesai.

Demikian Cara Mengubah / Convert PDF Ke Word, Excel, PowerPoint Dan Gambar.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 314 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

2 Comments

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.