Cara Isi Ulang Mandiri e-Money/e-Toll Card Via HP Android Berfitur NFC

Cara Isi Ulang Mandiri e-Money/e-Toll Card Via HP Android

Cara Isi Ulang Mandiri e-Money/e-Toll Card Via HP Android Berfitur NFC | foldertips.com – Sejak awal Oktober 2017, pembayaran tol yang ada di seluruh Indonesia sudah harus menggunakan e-Toll Card misalnya e-Money. Hal ini telah diinformasikan secara resmi oleh Bank Indonesia (BI) dan diumumkan di website resminya. Bayar tol dengan e-Toll Card sebetulnya bukan hal baru, hanya saja tadinya hal ini hanya berlaku di tol tertentu saja. Mulai Oktober 2017 ini, semua tol akan otomatis menerapkan sistem pembayaran cashless alias non-tunai, yakni menggunakan kartu e-Toll Card.

Nantinya, kamu tak perlu repot lagi menyiapkan uang tunai untuk membayar tol. Cukup sediakan kartu e-Toll seperti e-money yang sudah terisi saldo tentunya.

Namun masalahnya, pengisian e-Money atau e-Toll ini harus diisi melalui ATM tertentu yang memiliki perangkat scanning kartu atau melalui Indomaret. Bagi sebagian orang, termasuk saya, hal ini jadi merepotkan karena sudah terbiasa melakukan pembayaran dengan Mobile Banking atau Internet Banking.

Untungnya, selain cara-cara di atas, kamu bisa mengisi e-Money atau e-Toll Card melalui HP Android kamu. Namun tidak semua Android bisa melakukannya, kamu butuh hardware yang bernama NFC.

Bagaimana caranya?

Simak penjelasan berikut ini…


Baca Juga:

    Cara Isi Ulang Mandiri e-Money/e-Toll Card Via HP Android Berfitur NFC

    Cara Isi Ulang e-Money / e-Toll Card Dengan Android Berfitur NFC

    Untuk melakukan pengisian ulang e-Money, smartphone kamu harus memiliki fitur NFC. Sampai saat ini hanya smartphone Android tertentu yang memilikinya. Sementara iPhone, NFC-nya hanya bisa digunakan untuk Apple Pay. Untuk daftar smartphone yang memiliki fitur NFC bisa cek di List of NFC-enabled mobile devices.

    Selain itu, kartu e-Money kamu harus sudah mendukung 3D Secure.

    Apa itu 3DSecure?

    3D Secure adalah layanan dari Visa/Mastercard sebagai kode otorisasi tambahan yang dibutuhkan ketika melakukan transaksi online. Jadi ketika kamu sedang melakukan transaksi menggunakan kartu debit yang mendukung 3D Secure, maka kode otorisasi akan dikirimkan ke nomor HP yang sudah terdaftar dengan Bank Issuier kartku kamu sebagai pengaman tambahan. Jika kode otorisasi salah maka transaksi dibatalkan.

    Kartu debit apa saja yang mendukung 3D Secure ini?

    Yang sudah support yaitu :

    • Bank Mandiri;
    • Bank BNI (VCN);
    • Bank BTN;
    • dan Bank Mega.

    Sementara untuk Bank BCA masih belum mendukung.

    Jika kamu melakukan transaksi namun tidak menerima OTP artinya kartu kamu belum terdaftar 3Dsecure.

    Apa itu VCN?

    Virtual Card Number (VCN) adalah nomor sementara yang dapat digunakan untuk transaksi e-commerce. Cara mendapatkannya adalah dengan pendaftaran mobile banking dan permintaan VCS via SMS ke issuer bank kamu.

    Saat ini Bank yang sudah mendukung VCN adalah Bank BNI.

    Karena saya pengguna dari e-Money Bank Mandiri, maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengisi saldo Mandiri e-Money melalui HP Android dengan fitur NFC.

    Langkah-Langkah Pengisian Saldo Mandiri e-Money

    Unduh dan install aplikasi mandiri e-money isi ulang melalui Google Play Store;

    mandiri e-money isi ulang

    Setelah aplikasi terpasang, lakukan registrasi dan aktivasi pada aplikasi ‘mandiri e-money isi ulang’. Lengkapi data berupa Nama, Alamat Email, Nomor HP dan Password.

    Selanjutnya klik Daftar.

    Kamu akan menerima Kode Aktivasi yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Isi kode aktivasi pada kolom yang disediakan kemudian klik Aktivasi.

    registrasi e money android


    Selanjutnya login dengan Email dan Password yang kamu gunakan kemudian klik Masuk.

    registrasi e money android

    Selanjutnya aktifkan NFC pada smartphone Android,

    registrasi e money android

    Kemudian tempelkan beberapa saat kartu Mandiri e-Money di belakang HP Android kamu, akan muncul daftar SALDO KARTU dan Jumlah Nominal untuk pengisian Top UP.

    registrasi e money android

    Pilih nominal Top Up yang kamu inginkan, selanjutnya isi nomor Kartu Debit lengkap dengan masa berlaku dan kode CVV-nya (3 digit angka yang tertera di belakang kartu).

    Kemudian ketuk “Isi Ulang”.

    Akan ada Konfirmasi Pembayaran dan Nominal Isi Ulang serta Fee yang dikenakan ke tagihan kamu.

    isi ulang e money lewat android

    Jika menggunakan Kartu Debit Mandiri, dikenakan fee sebesar Rp. 1.500/transaksi, jika menggunakan Kartu Debit bank lain dikenakan Rp. 4.000/transaksi.

    Selanjutnya kamu akan menerima kode otorisasi yang akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar. Segera masukkan kode tersebut dengan tenggat waktu kurang dari 5 menit.

    cara isi ulang mandiri e-money dengan android

    Angkat kartu dari belakang smartphone, sesaat kemudian tempelkan kembali dan jangan dilepaskan. Proses pengisian saldo sedang berlangsung.

    isi ulang e money lewat android

    Tunggu hingga muncul notifikasi “ISI ULANG BERHASIL!”

    cara isi ulang mandiri e-money dengan android

    Tadaa..!

    Sekarang kartu Mandiri e-Money kamu telah berhasil terisi saldo.

    Cukup mudah kan ya..

    Jika gagal pada saat melakukan transaksi, kemungkinan kartu kamu belum terdaftar 3DSecure atau VCN. Jika terdapat pertanyaan lebih lanjut dan atau keluhan terkait transaksi isi ulang mandiri e-money melalui handphone android berfitur NFC, pemegang kartu dapat menghubungi mandiri call 14000.

    Demikian Cara Isi Ulang Mandiri e-Money/e-Toll Card Via HP Android Berfitur NFC.

    Semoga bermanfaat..!


    ARTIKEL TERKAIT
    About Admin 285 Articles
    Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

    Be the first to comment

    Tinggalkan komentar

    Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


    *