10 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru

Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru

10 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru | foldertips.com – Saat ini smartphone bukan hanya sebagai perangkat komunikasi dan informasi saja, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya.

Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang sering mengonta-ganti smartphone-nya demi memenuhi tuntutan gaya hidup tersebut.

Bagi kamu yang suka mencicipi smartphone terbaru, perhatikan tips-tips setelah membeli smartphone baru berikut ini..


10 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru

10 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru

#1. Kalibrasi Baterai Smartphone

Kita sering mendengar saran dari pedagang smartphone untuk segera men-charge smartphone baru selama 8 jam terlebih dahulu. Sebenarnya ini persepsi yang salah, smartphone sebaiknya dicas hingga benar-benar penuh saja meskipun belum sampai 8 jam, kemudian lakukan kalibrasi.

Bagaimana caranya?

Setelah baterai penuh, gunakan secara normal hingga habis total hingga tidak bisa dinyalakan. Cas lagi hingga benar-benar penuh tanpa terputus sedikitpun.

Pada saat pengisian daya, sebaiknya matikan smartphone dan jangan digunakan sampai baterai penuh kembali.

Lakukan hal tersebut berulang-ulang paling tidak selama 2 minggu pertama. Langkah ini akan membuat baterai mencapai performa maksimal-nya dan menbuat baterai menjadi lebih awet.

#2. Cek Kelengkapan Smartphone

Saat membeli smartphone baru, pastikan kelengkapan dari smartphone beserta aksesoris yang disertakan di dalam paket pembeliannya.

Umumnya aksesoris yang harus ada seperti charger beserta kabel data, buku manual, kartu garansi, dan headset. Untuk headset memang tidak semua tipe smartphone melengkapi, terutama untuk tipe smartphone low budget.

#3. Cek Keaslian Smartphone

Terutama Android – karena merupakan open source – membuat produsen sangat leluasa untuk membuat smartphone baru dengan OS Android. Bahkan tidak jarang produsen nakal yang membuat tiruan dari smartphone asli yang mahal dan branded dengan harga murah.

Smartphone ini didesain sedemikian rupa hingga sangat mirip dengan smartphone aslinya.

Berhati-hatilah saat membeli smartphone baru, pastikan keaslian smartphone yang kamu beli. Setiap vendor – seperti Xiaomi – misalnya, biasanya memberikan cara untuk mengetahui keaslian produk mereka.

Kamu juga bisa browsing untuk mencari tahu cara mengecek keaslian dari tipe smartphone kamu.

#4. Cek Kesesuaian Imei Pada Box dan Smartphone

Imei merupakan nomor identitas dari perangkat smartphonemu. Setiap smartphone baik android atau bukan, yang murah atau yang mahal pasti memiliki nomor Imei.

Cek Imei smartphone dengan mengetik *#06# kemudian Call, sesuaikan antara Imei yang tertera pada perangkat, Box dan simtray (pada iPhone). Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa smartphone kamu benar-benar belum pernah dibongkar dari kemasannya atau belum pernah diganti casingnya.

Kemudian masukkan imei pada situs resmi masing-masing smartphone untuk mengetahui bahwa smartphone kamu benar-benar terdaftar.

#5. Pastikan Fisik Smartphone Tidak Ada Yang Cacat

Meskipun smartphone kamu baru, kamu tetap harus memeriksa fisik smartphone, apakah ada yang penyok, melengkung, pecah, tergores atau ada deadpixel (bintik hitam atau putih) pada layar yang biasanya karena cacat pabrik. Termasuk fisik dari aksesorisnya, apakah ada yang pecah atau rusak.

Segera lakukan klaim garansi jika terdapat cacat pada fisik smartphone.

#6. Cek Fungsi Smartphone Bekerja Dengan Baik

Setelah mengecek fisik smartphone, selanjutnya cek fungsi smartphone. Mulai dari panggilan telepon, loudspeaker, kamera, wifi, bluetooth, GPS, kompas, dll. Kamu bisa mengujinya dengan menggunakan kode-kode rahasia untuk tes hardware android atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Z Device Test.

#7. Perhatikan Setting Paket Data Kamu

Sebelum terkoneksi ke internet, pastikan pengaturan paket datamu sudah benar, terutama bagi yang menggunakan dual simcard. Jika menggunakan wi-fi, pastikan cellular data-nya sudah dalam keadaan off.

Jangan sampai pulsa tersedot habis karena salah pengaturan.

#8. Pasang Pelindung Layar

Hampir semua smartphone saat ini sudah menggunakan layar dari Gorilla Glass. Namun jangan salah, gorilla glass adalah scratch resistant, bukan scratch proof (seperti bullet proof), jadi tetap saja bisa tergores, terutama apabila terkena butiran debu atau pasir halus dalam saku celanamu.

Lebih jelasnya bisa baca pada artikel Gorilla Glass, Seberapa Kuat Anti Gores Ini Sesungguhnya?

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasang pelindung layar.

#9. Update Firmware Smartphone ke Versi Terbaru

Update firmware yang disediakan oleh produsen smartphone tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone kamu. Karena biasanya update bertujuan untuk meningkatkan keamanan atau menutup bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Secara Android merupakan OS open source, membuat banyak cracker lebih mudah untuk menemukan celah keamanan dari Android.

Oleh karena itu, selalu cek update versi terbaru jika tersedia, selain untuk meningkatkan security (keamanan) dari perangkat smartphonemu, update firmware juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

#10. Jangan Install Aplikasi Sembarangan

Hal ini sangat penting. Jangan pernah menginstall atau memasang aplikasi sembarangan pada perangkat smartphone kamu, terutama aplikasi yang bukan berasal dari Google Playstore, karena akan sangat rentan disusupi virus dan malware yang bisa mencuri data bahkan merusak perangkat lunak smartphone kamu.

Kecuali kamu benar-benar yakin dengan aplikasi yang ingin kamu install.

Demikian 10 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Baru..

Share jika bermanfaat..

About Admin 148 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak! Jika masalah kamu terpecahkan atau punya pengalaman berbeda, tinggalkan jejak agar dapat membantu pengunjung lain.


*