Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S / Prime / 3X (Land)

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S / Prime / 3X (Land)

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S / Prime / 3X (Land) | foldertips.com – Salah pemasangan versi TWRP atau penggunaan ROM bisa menyebabkan HP kamu bootloop. Hal ini yang terjadi pada Redmi 3X saya pada saat melakukan ujicoba pemasangan TWRP disini, namun menggunakan TWRP berbeda.

Ada 3 jenis bootloop yang bisa terjadi pada Redmi 3S/Prime/3X, yaitu :

  • Bootloop ringan » ketika HH dinyalakan, HH dapat masuk ke Homescreen namun hang dan restart kembali;
  • Bootloop sedang » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/TWRP;
  • Bootloop berat » ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat mengakses menu recovery/TWRP hingga mati total (hardbrick).

Yang saya bahas pada artikel kali ini adalah mengatasi bootloop pada tingkat sedang dan berat Redmi 3S/Prime/3X selama kamu masih bisa mengakses mode EDL (Emergency Download) (bukan Mode Recovery) meskipun dalam keadaan bootloader terkunci (Non UBL).

Jika hardbrick, baca artikel Cara Mengatasi Hardbrick / Mati Total / Gagal Flashing Xiaomi (Test Point).

Nah jika kamu mengalami hal yang serupa, ikuti panduan berikut untuk mengatasinya..


Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S / Prime / 3X (Land)

Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S/Prime/3X (Land) Non UBL

#1. Mengatasi Bootloop Dengan TWRP Recovery

Jika terjadi bootloop setelah pemasangan TWRP [UBL] / [NON UBL], biasanya karena kamu lupa menonaktifkan (disable) DM Verify, coba masuk ke TWRP kembali dengan cara tekan ketiga tombol Power + Vol Up + Vol Down secara bersamaan hingga muncul logo MI kemudian lepaskan hanya tombol Power saja hingga masuk ke TWRP Recovery.

Setelah berhasil masuk ke TWRP, pilih Advanced » Disable DM-Verify

pasang twrp land

Geser pada “Swipe to Disable Verify..”

pasang twrp land

Selanjutnya Reboot to System.

Setelah melakukan proses ini seharusnya Redmi 3S/Prime/3X kamu tidak bootloop lagi dan bisa masuk ke Homescreen.

Jika tidak berhasil masuk ke TWRP Recovery, lakukan langkah berikut..

#2. Mengatasi Bootloop Dengan Mi Flash Tools

Sebelum memulai langkah ini, siapkan dulu bahan-bahan dan persyaratan berikut ini..

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan :

Setelah memenuhi syarat dan mengunduh bahan-bahan di atas, ikuti langkah selanjutnya..

Install QDLoader HS-USB, klik Next hingga proses selesai.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi4C Tanpa Menunggu SMS Persetujuan

Selanjutnya Install MiFlashTools, baca tutorialnya di Cara Menggunakan Mi Flash Tools di Xiaomi [Kupas Tuntas].

Matikan smartphone kemudian nyalakan dengan menekan tombol Power + Vol Bawah hingga muncul menu berbahasa China seperti ini..

Pilih Download,

cara masuk mode edl

Smartphone kamu akan mati, jangan khawatir Redmi 3S/Prime/3X berada pada mode EDL (Download).

Jika cara di atas malah membuat HP kamu restart dan masuk ke Homescreen (menu utama), coba matikan kembali kemudian nyalakan dengan menekan ketiga tombol Power + Vol Up + Vol Down bersamaan hingga muncul logo Mi, kemudian lepaskan hanya tombol Power saja sampai layar smartphone mati.

Jika berhasil, device kamu sudah berada pada mode EDL.

Selanjutnya sambungkan Redmi 3S/Prime/3X ke PC/Laptop menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas baik.

Redmi 3S/Prime/3X akan terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader9008 pada PC/Laptop kamu.

Pastikan driver telah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda pentung pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop kamu.

mode edl mi4c

Jika ada tanda pentung, artinya driver Driver HS-USB QDLoader belum terpasang sempurna atau kamu belum menonaktifkan driver signature.

Jika sudah terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008, kembali ke Mi Flash dan klik Refresh.

Maka smartphone Xiaomi kamu akan terdeteksi sebagai COMx (tergantung dari PC/Laptop kamu, bisa jadi COM5, COM10, dll).

update redmi 3x mi flash

Selanjutnya, klik select dan arahkan ke folder dimana kamu meletakkan hasil ekstrak dari Fastboot ROM yang telah kamu unduh pada bahan di atas tadi.

mengatasi bootloop redmi 3x 3s prime

Kemudian klik OK.

Pada opsi di bagian bawah MiFlash, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.

flashing dengan metode fastboot

Jika sudah, baca bismillah terlebih dahulu kemudian klik Flash.

Tunggu hingga proses selesai dengan ditandai status “flash done” seperti gambar berikut ini..

update redmi 3x mi flash

Jika sudah, smartphone Xiaomi kamu akan restart otomatis. Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power beberapa saat. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, ini normal.

Jika pada saat booting yang muncul logo Mi tanpa ada tulisan android dengan animasi 3 titik di bagian bawah, berarti smartphone kamu bootloop. Jika tidak, tunggu saja sampai masuk ke Homescreen.

Tadaa…!

Sekarang smartphone Xiaomi kamu sudah berfungsi dengan normal kembali. Silahkan setup ulang perangkat Xiaomi kamu..

Jika setelah flashing HP tetap bootloop, kemungkinan ini » Flashing Sukses Tapi HP Tetap Bootloop? Waspada eMMC Lemah (Rusak).

Demikian Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Redmi 3S / Prime / 3X (Land).

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 322 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

30 Comments

  1. Gan help hh ane bootloop dan tidak bisa masuk download mode, udh gunain berbagai cara tp ttp gk bisa, cuman bisa masuk fastboot doang. Terimakasih sebelumnya gan

    • Masuk EDL dengan cara ini > menekan ketiga tombol Power + Vol Up + Vol Down bersamaan sampe hape mati kembali.. Colokin ke PC pasti terdeteksi sebagai EDL mode..

      • Setelah menekan tombol itu cuman lampu merah kelap kelip gan tp setelah di lepas tombolnya kelap kelipnya hilang lg. Hape saya skrng mati tadi siang cuman stuck logo. Apa itu mati total ya ?

  2. Update gan. Setelah tekan tmbol vol up + down + power malah masuk ke mi recovery 3.0 bahasa china tp bukan download mode yg warna oren itu gan. Ada solusi kah ? Thanks gan sblumnya

  3. Walah maaf gan. Tp klo pencet tombol power + vol up cuman restart doang trs stuck di logo, sebelum bootloop saya pake cara itu tp setelah bootloop cuman restart doang.

    • Coba gan lebih detail kronologisnya, udh UBL blm? bootloop stlh pasang apa dan langkah apa yg sudah dilakukan. Biar ane coba bantu..

      Kondisi edl mode itu layar HP mati.. Ga mesti ada lampu kelap kelip.. dalam keadaan mati coba colokin ke PC, terdeteksi ga sebagai Qualcomm QLoader di device manager.. kl terdeteksi lgsg flash pake mi flash..

      Kalau sudah UBL, ga perlu masuk edl mode, cukup sampai di fastboot aja dan flash dgn mi flash.

        • Cek tanda pentung device manager, nonaktifkan driver signature.. atau hp agan berada di mode diagnostic jadi ga terdeteksi di Mi Flash.. Coba cari tutorial mengubah mode Diagnostic ke mode Qualcomn HS QLoader 9008

  4. Hh saya redmi 3s blm ubl dan rencana mau ganti rom distri ke resmi. Kemarin masuk edl pake cara vol up + power bisa dan saya melakulan flash gan tp setelah itu gagal lupa bacaanya apa tapi kayaknya saya salah pake mi flash soalnya laptop saya 32bit gan. Nah karna saya gak tau saya cabut usb nya kirain gak bootloop eh ternyata bootloop dan skrng susah mau masuk edl nya gan. Apa harus pake test point ya ? Secara buka casingnya aja susah amat

    • Dugaan saya, proses flashing sempat berjalan ya kemudian berhenti? Ini kyknya bootloadernya sudah tergantikan dengan versi yang agan flash (MIUI terbaru). Kl benar MIUI terbaru, mode EDL itu di lock gan kecuali sudah UBL. Jadi ga bakalan bisa masuk mode EDL.

      Tp biasanya, kl kondisi HP hardbrick, pencet tombol Power + Vol Up + Vol Down, bakal muncul logo MI sebentar kemudian mati lagi, itu berada di Mode EDL.

      Kalau ga bisa juga masuk EDL, cara lainnya ya test point (bongkar HP) atau pakai deep flash cable (ga perlu bongkar HP). Tp untuk deep flash cable ini ane belum pernah coba gan.

      Setau saya Mi Flash itu bisa digunakan di 64 bit atau 32 bit gan, jadi kyknya bukan karena ini.

      Apa kemungkinan agan salah donlot ROM makanya bootloop, atau kabel USB atau Port USBnya kurang baik.

      • Benar sekali gan proses flashing sempat berjalan terus gagal .

        Nah klo menggukan kombinasi 3 tombol itu klo gak restart ya masuk mi recovery 3.0 seperti yang saya katakan di atas gan.

        Kalau soal Rom ane download di website nya xiaomi kok gan yang dev china ane milihnya. Nah saya menggunakan yang mi phone gan bukan yg mi flash nya

        Kalau deep flash cable itu yg kaya gimana ya gan ?

        • Nah kalau menekan ketiga tombol malah restart dan masuk mi recovery berarti mode EDL sudah dikunci (kec sudah ubl). Ini terjadi juga pada Redmi 3X saya, mode EDL terkunci setelah saya berhasil update ke ROM MIUI 8 terbaru.

          Deep flash cable itu menggunakan kabel tertentu (hasil modifikasi) untuk nyolokin HP ke PC. Liat di Youtube atau googling aja cara buatnya..

          • Nah saya juga menyangka nya seperti itu gan soalnya baca komen orang miui 8 susah masuk edl.

            Ok gan terima kasih banyak atas info dan bantuannya.

  5. Setelah saya coba upgrade redmi 3 saya ke rom pixel experience oreo hape saya cuma mentok di logo google saja gan. Apakah ini karna proses flashingnya gagal?saya coba masuk ke twrp jg gak bisa. Mohon pencerahanya gan?

  6. Tolong bantuannya gan,Hp saya redmi 3s LAND non UBL, sebelumnya Saya ikuti tutorial di blog ini Cara pasang TWRP dan root redmi 3s land non ubl. Dan berhasil gan, udh 1 minggu normal2 aja, tp sekarang bootloop gan setelah saya matikan HP karna mau ganti SIM card. Kira2 karna apa y gan, padahal sebelumnya normal.. Helpme gaaan

  7. maaf ini hp saya sudah kedeteck loader 9008 … tp di miflash gak muncul
    baru di mode fastbot miflash muncul tp gak ada tulisan COM nya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.