6 Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon)

6 Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon) | foldertips.com – Mode EDL atau Emergency Download Mode merupakan salah satu mode alternatif selain mode fastboot pada saat melakukan flashing ROM pada Android. Mode ini biasanya ditempuh apabila Xiaomi dalam keadaan bootloop atau softbrick namun belum melakukan unlock bootloader.

Selain itu, mode ini juga jalan terakhir bila kamu stuck dengan ROM Distributor sehingga tidak bisa melakukan update melalui Updater, juga tidak bisa melalui mode fastboot karena harus UBL terlebih dahulu.

EDL ini adalah mode dimana Qualcomm Snapdragon berada dalam mode download image dimana mode ini adalah mode terakhir yang akan dideteksi PC/Laptop untuk menolong sebuah perangkat dengan prosessor Qualcomm yang hardbrick.

Jika kamu mengalami kondisi di atas, ikuti tutorial berikut untuk masuk ke mode EDL..

Perhatian!
Tutorial ini cocok bagi kamu yang bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Tidak cocok bagi yang masih bertanya bagaimana cara mengekstrak file, bagaimana cara me-rename file, memasang driver di PC/Laptop dst.


Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon)

Cara Masuk Mode EDL Di Xiaomi Qualcomm Snapdragon

Untuk masuk ke mode EDL (Emergency Download), kamu bisa menggunakan salah satu dari 5 cara berikut ini..

#1. Masuk EDL Mode Melalui Perintah ADB

Untuk bisa masuk ke mode EDL melalui perintah ADB (ADB Command), unduh terlebih dahulu bahan-bahan dan persyaratan di bawah ini..

Nyalakan smartphone dan sambungkan ke PC/Laptop menggunakan kabel USB Original. Jika muncul notifikasi “Allow USB Debugging”, klik OK.

Jika sudah mengunduh dan menginstall kedua bahan di atas, selanjutnya buka folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here..

Cara Backup Dan Restore IMEI (Partisi EFS) HP Android Tanpa PC

Untuk memastikan perangkat Xiaomi kamu benar-benar telah terkoneksi (attached) ditandai adanya kode 8 digit secara acak, ketik perintah..

adb devices

Langkah Pemasangan TWRP Recovery

Jika muncul notifikasi ijin seperti di bawah ini pada layar smartphone, klik OK.

Cara Mengganti ROM China Mi4C Menjadi ROM Global Xiaomi.EU

Selanjutnya ketik perintah..

adb reboot edl

Maka smartphone kamu akan mati dan biasanya ditandai dengan notifikasi lampu berkedap-kedip. Saat ini smartphone kamu telah berhasil masuk ke mode EDL.

#2. Masuk EDL Mode Melalui Perintah Fastboot

Untuk masuk ke Mode EDL melalui perintah fastboot, unduh bahan dan persyaratan yang sama pada langkah 1 di atas.

Selanjutnya, matikan smartphone dan nyalakan kembali dengan menekan kombinasi tombol Power Vol Down untuk masuk ke mode fastboot.

Buka folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here..

Cara Backup Dan Restore IMEI (Partisi EFS) HP Android Tanpa PC

Untuk memastikan bahwa Xiaomi kamu berada pada mode fastboot, ketikkan perintah..

fastboot devices

langkah pemasangan twrp

Jika terdeteksi, artinya Xiaomi kamu berhasil berada pada mode Fastboot.

Selanjutnya ketik perintah..

fastboot oem edl

mode edl mi4c

Dalam sesaat, layar smartphone kamu akan mati. Jangan khawatir, smartphone kamu telah berada dalam mode EDL.

#3. Masuk EDL Mode Dengan Menggunakan Fastboot.edl

Pada Xiaomi tipe tertentu misalnya Redmi Note 3 Pro (Kenzo), ada bug dimana perintah “adb reboot edl” dan “fastboot oem edl” tidak berjalan. Bisa diakibatkan karena perintah tidak dikenali atau terkadang tidak berhasil membuat smartphone masuk ke mode EDL.

Jika terjadi demikian, unduh bahan dan persyaratan yang sama pada langkah 1, kemudian unduh dan ekstrak fastboot_edl.7z.

Letakkan (replace) file hasil ekstrak pada folder c:\adb kemudian matikan smartphone dan nyalakan dengan  menekan tombol Power+Vol down untuk masuk ke mode fastboot.

Selanjutnya dobel klik file edl.cmd seperti berikut..

gagal masuk fastboot oem edl

Maka otomatis smartphone kamu akan masuk ke mode EDL ditandai dengan layar smartphone yang mati dan biasanya ada notifikasi lampu berwarna merah kedap-kedip.

#4. Masuk EDL Mode Menggunakan Kombinasi Tombol

Pada beberapa varian Xiaomi yang saya temui – terutama pada seri Redmi – cara masuk ke Mode EDL bisa berbeda.

Kamu bisa masuk ke mode EDL dengan cara mematikan smartphone dan menyalakannya dengan menekan tombol Power + Vol Up hingga muncul menu berbahasa China seperti berikut ini..

Pilih Download,

cara masuk mode edl

.. maka smartphone kamu akan mati dan berada pada mode EDL.

Pada Redmi 3S/Prime/3X, metode ini tidak berjalan lagi jika kamu sudah terlanjur mengupdate ke ROM MIUI 8 versi terbaru..

#5. Masuk EDL dengan menggunakan Kabel DFC (Deep Flash Cable)

Selain ketiga cara di atas, ada langkah untuk memaksa Xiaomi kamu masuk ke mode EDL dengan menggunakan kabel USB yang telah dimodifikasi.

Sebenarnya Deep Flash Cable ini ada dijual di toko online, namun kamu bisa membuatnya sendiri (do it yourself) dengan cara yang sebenarnya tidak terlalu susah.

Bagaimana caranya, baca artikel Cara Membuat Kabel DFC (Deep Flash Cable), Mengatasi Hardbrick Xiaomi.

#6. Masuk EDL Mode Dengan Melakukan Test Point

Langkah terakhir untuk masuk ke EDL mode adalah dengan melakukan test point. Langkah ini ditempuh apabila smartphone kamu benar-benar dalam keadaan hardbrick yang sama sekali tidak bisa masuk ke mode fastboot atau mode recovery.

Pada artikel kali ini saya tidak memberikan bagaimana cara masuk EDL dengan test point secara detail, karena letak test point masing-masing smartphone bisa berbeda.

Jadi silahkan googling saja cara test point sesuai dengan tipe Xiaomi kamu atau cek disini » Letak test point beberapa devices Xiaomi.

Tapi gambaran umumnya sebagai berikut..

Sambungkan smartphone ke PC dengan kabel USB Original, selanjutnya masuk EDL mode dengan cara membuka casing belakang dan baterai dari Xiaomi kamu dan menghubungkan konektor tertentu dengan pinset.

Masuk EDL Mode Dengan Melakukan Test Point

Buka Device Manager pada PC/Laptop untuk mengecek apakah smartphone kamu sudah terdeteksi sebagai Qualcom HS-USB QDLoader.

Cara Flashing ROM China Mi4C Nougat Ke Custom ROM

Jika terdeteksi, segera lakukan flashing dengan MiFlash Tools seperti biasa.

Nah sekarang sudah tahu kan ya cara masuk EDL mode. Gunakan salah satu dari kelima cara di atas tergantung dari kondisi smartphone kamu saat ini.

Demikian 6 Cara Masuk Mode EDL Emergency Download Xiaomi (Snapdragon).

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 346 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

28 Comments

  1. gan.apa kelima cara msuk ke mode edl di atas pasti terlihat di device manager.port ?? kenapa di laptop saya tidak terlihat bagian port ny di device manager ?

  2. Gan..sama kasus saya seperti teman yang lain..setelah disable driver signature,setting enable usb debug/oem unlock dan install 15second adb dan jga install xiomi android usb.. Sesuai contoh..
    Yang terjadi cuma android bootloader yang tanda seru(pentung)yang kedetek di device manager ..sementara port tempat qualcomm usb ga ada di device ke detek di device manager..
    Saat hp nyala dicolok ke usb,malah hp nya ngecas pula statusnya..gmn next time nehh gan..pls reply

    • Berarti HP nya belum masuk ke mode EDL gan.. Mode EDL tuh HP seperti mati total, layar ngeblank tp bisa terdeteksi di PC sebagai COM..

    • Pada beberapa device tertentu, mode edl dikunci sebelum unlock bootloader. Jadi metode apapun gagal kecuali dengan test point atau mungkin deep flash cable..

  3. Gan punya ane udah ubl tadinya ke detck sma mi flash cuma pas di flash macet di mised hello jadi ane coba lg tes pointa eh mlh jdi ga kebaca di miflashnya tpi port kbaca
    Kondisi hp matu total
    Solusinya gmna gan

  4. Hp udah di flash udah di ubl udah di test poin ada tulisan flash suksesnya, tapi malah gak bisa masuk ke homescreen mentok ke logo mi aja. Gimana itu bro?

  5. Gan Redmi3 sy mati total, ketika di hubungkan ke PC kemudian dinyalain lsng kedetek “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM43)”, ketika sy ketikan perintah “adb devices” tidak ada list devices attached. Solusinya apa ya gan?

  6. Halo bos ku. Sy sudah masuk ke edl pakai edl.7z tp malah com di MI flash gak kebaca.
    REDMI 4x prime. Sy pake fast boot mode kedetek kok hp sy tp pas flash katanyaEror:FAILED (remote:Critical partition flashing is not allowed). Makanya sy coba pakai edl mode. Tp pas sudah masuk edl mode malah gak kebaca hp sy d MI flash. Padahal d device MANAGER Qualcom Nya dah centang hijau. Tlg mas bantuan nya

    • Hp sy kalau dihidupkan hanya muncul logo 1 detik. Titik 3 bertuliskan Android gak muncul, abis itu mati lagi. Apa itu tanda EMMC kena?

  7. Maaf gan, RN3pro masuk EDL tetapi tidak bisa di flash.
    keuar pesan read hello packet,sahara read end bla bla bla.

    HP tidak mau hidup lagi, debugging gak aktif, lock bootloader.
    dipaksa lepas cashing batrei tetap gak mau hidup lagi.

    tolong gan, harus bagaimana lagi saya.

  8. Tiap mau ke mode download restart trus gan? Di miflash cuma nyampe kbaca kode nomber gak bisa comxx? Solinya gan please…

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.