Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Global Xiaomi

Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Global Xiaomi

Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Global Xiaomi | foldertips.com – Saat membeli smartphone Xiaomi dari distributor yang tidak resmi (garansi distributor), hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengecek ROM MIUI yang disematkan pada device kamu.

Mengapa?

Karena kalau kamu membeli Xiaomi selain dari Distributor Resmi (TAM/Erajaya & Trikom), kemungkinan besar ROM yang kamu dapatkan adalah ROM Palsu (Fake ROM).

ROM Palsu atau biasa disebut ROM Distributor (ROM Abal-Abal) adalah ROM modifikasi MIUI yang diberikan oleh distributor untuk disematkan pada perangkat Xiaomi kamu dengan tujuan tertentu. Biasanya ROM ini adalah ROM China yang dioprek sedemikian rupa agar memiliki Google Play Store dan Bahasa Indonesia hingga seolah-olah seperti ROM Global.

Mengapa Distributor menggunakan ROM Abal-Abal?

Alasan mengapa Xiaomi bergaransi distributor kebanyakan memodifikasi ROM China diperkirakan sebagai berikut..

  • Smartphone tersebut tergolong baru (new release) dan belum mempunyai ROM Global, yaitu ROM yang mempunyai Bahasa Indonesia. Dengan alasan inilah maka Distributor memodifikasi ROM tersebut agar memiliki Bahasa Indonesia dan Google Play Store;
  • Distributor tidak ingin banyak refund karena MIUI ROM selalu update per-minggu jika dari ROM Dev atau sebulan sekali dari ROM Stable. Karena alasan inilah maka ROM Distributor umumnya dibuat dengan versi yang sangat tinggi atau bahkah diluar rilisan resmi versi MIUI yang ada sehingga tidak bisa menerima update OTA dari MIUI;
  • Sebagian smartphone Xiaomi belum memenuhi syarat TKDN sehingga jaringan 4G-nya dikunci oleh vendor. Agar tidak banyak komplain dari pengguna awam, maka dibuatlah ROM Abal-Abal agar bisa support jaringan 4G.
  • Menyisipkan bloatware, adware dan mungkin spyware yang mungkin bisa mematai-matai aktivitas kamu.

Untuk mengetahui apakah ROM kamu ROM Resmi atau ROM Abal-Abal, baca artikel Ciri Dan Perbedaan ROM MIUI Global/China, Developer & Distributor.

Apakah ROM Abal-Abal Bisa Di Update?

Bagi smartphone Xiaomi yang mendapatkan ROM Abal-Abal (Distributor), kamu tidak akan pernah mendapatkan push notifikasi update karena memang ini tujuan dari distributor.

Lalu bagaimana solusinya?

Ganti ROM kamu dengan ROM MIUI Resmi dari Xiaomi.


Bagaimana Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Global Xiaomi?

Cara Ganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Resmi Xiaomi

Mengganti ROM Distributor ke ROM Resmi, hasil yang kamu dapatkan bisa berbeda tergantung dari versi “ROM Fake” yang diberikan oleh Distributor. Banyak kasus terjadi kegagalan (Can’t verify update) karena build yang diberikan Distributor benar-benar ngawur.

muncul error "Can't verify update"

Misalnya Redmi 3 diberikan build device ID HO, padahal HO itu untuk Redmi Note 3 Pro. Selain itu, kegagalan update juga terjadi disebabkan karena versi ROM yang diberikan distributor diluar dari rilisan resmi Xiaomi. Misalnya distributor memberikan versi 8.8 sedangkan ROM MIUI resmi saat ini masih merilis versi 8.5 dan langsung ke 9.1

Tapi ada juga yang berhasil mengupdate ROM distributor ke ROM resmi, termasuk saya pada perangkat MI4CRedmi Note 3 Pro SD dan Mi5 karena kode bentukan ROM yang diberikan distributor pada HP saya masih wajar.

Jadi, langkah yang harus kamu lakukan untuk mengganti ROM Distributor ke ROM Resmi adalah…

#1. Mengganti ROM Distributor Via System Update dan Recovery Update

Seperti penjelasan saya di atas, pertama kali coba lakukan penggantian ROM Distributor ke ROM resmi dengan metode ini.

Baca tutorialnya pada langkah 1 dan 2 pada artikel 4 Cara Update (Flashing) ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap.

Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti ini..

Meng-update ROM melalui metode System Update dan Recovery Update

Proses perpindahan ROM ini akan menghapus data-data pada Internal Storage kamu, jadi sebaiknya backup data penting terlebih dahulu.

Jika gagal (Can’t verify update), baca langkah selanjutnya..

#2. Cara Mengganti ROM Distributor ke ROM Resmi via Mode EDL

Jika ROM Distributor pada device kamu tidak bisa diganti dengan update pada langkah pertama di atas..

.. kemudian parahnya lagi, proses update juga tidak bisa dilakukan dengan metode Fastboot Update karena ROM-nya masih locked bootloader, sementara mau meng-unlock bootloader, selalu gagal karena masih menggunakan ROM Distributor.

Nyebelin kan?

Jika sudah begini, maka jalan yang bisa kamu tempuh adalah melalui metode Fastboot EDL Mode Update.

Baca tutorialnya pada langkah 4 di artikel 4 Cara Update (Flashing) ROM Resmi Xiaomi MIUI Official Lengkap.


Namun sayangnya, saat ini Xiaomi telah meningkatkan keamanan devices mereka pada update firmware terbaru dan smartphone keluaran terbaru seperti Redmi 4X dan adik-adiknya.

Apa itu?

Mode EDL hanya bisa dilakukan jika devices kamu telah unlock bootloader..!!

?#?#??*’?

Hal ini bertujuan agar distributor tidak bisa mengganti ROM asli milik Xiaomi tanpa ijin unlock bootloader terlebih dahulu dari Xiaomi.

Gimana mau UBL kalau ROM saat ini ROM Abal-Abal?

Benar-benar ROM Distributor ini adalah ROM kutukan..!

#3. Flashing ROM Xiaomi Tanpa Unlock Bootloader Dengan XiaoMiTools

Baru-baru ini saya menemukan tool yang dikembangkan oleh Francesco Tescari yang saya dapatkan di trit ini. Menurut pengembangnya, tools ini berjalan pada hampir semua smartphone Xiaomi meskipun tentunya belum di uji ke seluruh devices.

Saya berhasil menggunakan cara ini pada Redmi 3X saya.

Tutorial ini bisa digunakan untuk mengganti ROM Xiaomi kamu ke ROM Global atau ROM resmi baik update ROM terbaru atau pun downgrade meskipun dalam kondisi bootloader terkunci.

Ikuti langkahnya di artikel Tutorial Flashing ROM Xiaomi Tanpa UBL (Ganti ROM Distributor Ke ROM Resmi).

Jika langkah ketiga ini masih juga gagal, langkah berikutnya adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan..

#4. Flashing ROM Xiaomi Dengan Metode Test Point

Test point merupakan langkah untuk masuk ke mode EDL pada saat HP kamu mengalami hardbrick, mati total dan tidak bisa masuk ke mode recovery ataupun fastboot.

Ini adalah langkah berat yang harus dilakukan..

Mengapa?

Karena langkah ini adalah proses melakukan short contact pada titik tertentu pada bagian motherboard dari smartphone kamu.

Jadi kamu memang harus membongkar smartphone kamu untuk menemukan titik ini..!

test point redmi 2 prime

Saya sendiri pernah melakukan langkah ini pada Redmi 2 Prime saya di artikel Mengatasi Redmi 2/Prime Hardbrick, Mati Total, Cuma Getar Dengan Test Point.

Langkah secara umum pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanya dimana letak test point pada devices kamu. Ini yang harus kamu ketahui, jadi silahkan googling saja atau untuk devices tertentu sudah saya rangkum di artikel Cara Mengatasi Hardbrick / Mati Total / Gagal Flashing Xiaomi (Test Point).

#5. Cara Mengganti ROM Distributor ke ROM Resmi via SP Flash Tools (Mediatek)

Bagi pengguna SoC Mediatek seperti,

  • Redmi Note 3G;
  • Redmi Note 2/Prime;
  • Redmi Note 3 MTK;
  • Redmi Note 4 MTK;

kamu bisa mengganti ROM abal-abal dengan melakukan flashing ulang menggunakan SP Flash Tools meskipun dalam kondisi bootloader terkunci.

Langkahnya sama persis seperti artikel Cara Flashing / Unbrick Dan Mengatasi Bootloop Xiaomi SoC Mediatek.

Demikian Cara Mengganti ROM Abal-Abal (Distributor) Ke ROM Global Xiaomi.

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada beberapa devices Xiaomi saya. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

Jika terjadi bootloop, ikuti panduan Cara Mengatasi Bootloop / Softbrick Xiaomi Non UBL (Snapdragon) untuk mengatasinya.


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 243 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

87 Comments

  1. Gan mau tanya ni, klo saya mengganti rom abal abal saya ke rom resmi xiaomi apakah jaringan 4G saya akan hilang ?
    Saya pakai xiaomi redmi 4 prime. Dan sepertinya rom saya abal abal ( 8.0.5.0.0 MBECNDG ) dan apakah benar bisa ke rom global stabel ? Thanks sebelumnya.

  2. HP saya redmi note 4 Mtk ROM 8.0.5.0.0 (MBFCNDG), bagaimana cara yang aman untuk ganti ke ROM resmi global stable? Apakah jaringan 4G akan hilang?
    Terima kasih

  3. Gan,ane baru beli mi4c ini. Baiknya pakai cara yg mana buat ganti Rom abal2nya trus Rom apa yg paling cocok sm ni hape. Maaf newbie gan.

  4. gan saya mau tanya .. HP saya redmi Note 4 mediatek sekrand versi 8.2.1.0(MBFMIDL) ada update V8.5.6.0.MBFMIED apa saya update? 4g hilang gk ya ? …

    TERUS SARAN APAKAH mi5 3/64 MASIH LAYAK DI BELI ?

  5. redmi note 4 mtk. MIUI GLOBAL 8.0|STABIL 8.0.5.0.0(MBFCNDG) itu abal2 kah? Soalnya gk bsa update versi jg. Minta solusinya gan. Mks

  6. bang, saya lagi pake redmi pro (dual rear camera) miui 8.0.7.0 itu rom abal ya? soalnya diliat dr miui.com ga ada seri itu
    trs kl diliat di web itu, udh ada miui9 buat seri redmi pro tp diaplikasi updater ga ada update. gimana cara tuh ya?

  7. Om Hp saya redmi 4 pro MIUI global | stabil 8.2.13.0.0(MCECNDG) apakah itu ROM Abal Abal? ?
    Gapernah dapat versi terbaru MUI trus klo main MOBA analog nya suka ga gerak dan pasti cepet panas layar HP nya
    Minta solusinya om yah harus diapain nih hpnya ?

  8. Gan saya kan beli xiaomi redmi note 4 udah agak lama dan udah saya install aplikasi segala macem, ternyata saya baru sadar ternyata ROM saya abal abal versi china.
    Pertanyaan saya :
    1. Kalo di update lewat web resmi xiaomi apakah 4G nya ke lock?
    2. Kalo di update apakah data aplikasi aplikasi akan hilang?
    3. Versi ROM yang cocok untuk hp saya apa (xiaomi redmi note 4)
    4. Itu di update atau di install ulang??
    Mohon bantuannya gan

  9. gan, posisi redmi 3 multiROM 8.1.1.0 stabil, mau pindah ke rom global tapi bootloop terus via TWRP 3.0.2.0. Minta pencerahan nya gan. makasih

  10. Gan punya saya redmi 3pro miui global 8,5/stabil 8,5.2.0 ko tidak bisa pasang twrp ya udh di flash jg ttp gak bisa pake ido tanpa ubl. 4g tidak ada. udh daftar UBL udah ada pemberitahuan jg tidak bisa di miunlock knp ya gan. Apakah hrs ganti rom lg ya yg cocok rom ap gan biar bisa pake twrp….

  11. Gan mau tanya ni, klo saya mengganti rom abal abal saya ke rom resmi xiaomi apakah jaringan 4G saya akan hilang ?
    Saya pakai xiaomi redmi 3s. Dan sepertinya rom saya abal abal (MIUI Global 7.8.21.8 MALCNDE ) dan apakah benar bisa ke rom global stabel ? Thanks sebelumnya.

  12. Gan, mau tanya nih, saya pake redmi 4X,Rom saya itu tulisan nya, MIUI Global 8.2|stabil 8.2.5.0.0 (MAMCNEA),klo saya flash ke Rom Global (bukan Rom China loh) apakah 4G nya akan hilang??? Terima kasih, mohon jawabannya

  13. Gan ane pake redmi note 4x mediatek dengan ROM 9.2.2.0(MBFMIEK)
    Itu ROM resmi gak Gan?

    Kemudian nanya Gan, kenapa SIM 1 nya susah untuk di lock ke 4G ya Gan?
    Gimana caranya?

  14. Gan hp Saya redmi 4x,tpi gk bisa diupgrade ke miui9, sprti postingan agan ad apk bawaan sprti uc dan 9aps,
    Miui global 8.2 stabil
    8.2.7.2.(MAMMIEA) Apkah ini dlm abal2 gan, klo iya tolong dbntu jdi dlm resmi z gan byar bsa dpt notf updter

    • Ga dapet update ke MIUI 9 kyknya krn ROM abal2 gan.. Soalnya Redmi 4X ini udh ada MIUI 9 Stable nya.. Coba aja langkah 1,2,3 secara berurutan gan mana yg berhasil..

  15. Misi om numpang nanya, hh ane redmi 4a abal2 MIUI global 8.0.3.0.0 nah ane udh coba cara pertama buat pindah ke Global dev 8.1.11 tp gk bs, Can’t verify gtu dah tulisannya, nah klo ane ttp maksa install pake recovery bawaan aman gk ya om?

  16. Bang makasi banyak artikelnya. Saya mau nanya, kira kira redmi 3 prime bakal kebagian miumi 9 gak ya? Kalo kebagian, apakah yg semula 4G nya di lock, bakalan kebuka? Sekarang ini saya pake ROM fake, karena gak bisa 4G (terkunci)

  17. Gan, hp sy redmi pro. MIUI global 8.0 stable 8.0.8.2 (LXKMIMA). Apakah itu ROM abal-abal ya? Karena sy tidak bisa upgrade ke versi berikutnya. Terima kasih gan…

  18. Min maaf boleh minta solusinya, sya baru beli xiaomi mi 5x dan kayaknya rom nya abal2. Boleh minta sarannya, baiknya gmn ya? kl mau di ganti ke Rom Global pake cara yg mana? trus kl misalkan di ganti ke Rom Global apa aja yg berubah min? terima kasih sebelumnya, maaf banyak pertanyaannya

  19. Tutorial diatas cuma buat Snapdragon sama mediatek gan, klo ane kan pake mi 5c, surge 1 prosesor nya,,,
    Minta solusinya dong gan,,,

  20. Min hp saya redmi noye 4x rom abal abal kalo di upgrade ke rom resmi apa yg terjadi 4G hilang atau gmana mohon pencerahan nya

      • langkah 1 gagal saya coba “can’t verify update” . Kalau untuk rom fastboot bisa pakai global? saya kurang tahu apa redmi 3 saya ini asalnya global atau cina. trims

  21. Gan yg ane note 3 SD tpi kga bisa ganti dri rom abal abal ke rom global gan. Apa zipnya yg salah ya bang. Kan zipnya banyak pilihannya tu. Ada yg mtk china ada global stable. Ane lamgsung coba pake yg global stable gan yg update miui 9. Apa harus update yg miui 8 dlu baru update yg miui 9 gan ?

  22. mau nanya gan ane pke redmi pro mau ganti rom resmi pake cra yg mana procesor mediatek decacore miui 9 7.12.28|beta mohon dibantu gan cz miui nya bikin boros btre

  23. Misi gan hp ane Redmi 3s, versi ROM : MIUI Global 7.8 | Stabil 7.8.21.8 (MALCNDE) yg sepertinya ROM tersebut adalah ROM abal-abal. Nah pas klik choose update package di Updater muncul tulisan “Instal File Explorer first” padahal ane udah instal ES gile explorer. Kira-kira itu gimana ya ?

Leave a Reply

Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar bisa membantu pengunjung yang lain..


*