Cara Mengatasi “Current account is not bound to this device” Saat UBL

Cara Mengatasi "Current account is not bound to this device" Saat UBL

Cara Mengatasi “Current account is not bound to this device” Saat UBL | foldertips.com – Beberapa waktu lalu saya membeli smartphone Redmi 4X garansi resmi Erajaya di salah satu Mall Jakarta. Redmi 4X yang saya dapatkan berwarna hitam dengan ROM Global versi V8.2.1.0 MAMMIEA. Seperti biasa, hal pertama kali yang saya lakukan adalah melakukan unlock bootloader agar merasa lebih “aman” saat mengoprek dan mengganti custom ROM. Dengan kondisi unlock bootloader, saya bisa mengatasi bootloop dengan mudah.

Selain itu, saya juga ingin mencicipi ROM MIUI 9 Global Developer pada Redmi 4X saya dan menuliskan artikel tentang cara update ke ROM MIUI 9.

Kemudian saya mengajukan permohonan unlock bootloader dengan mengikuti cara di Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Semua Tipe (Lengkap).

Dalam waktu sehari, saya sudah mendapatkan persetujuan dari Xiaomi tepatnya pada tanggal 10 November 2017.

Berikut penampakannya..

sms persetujuan ubl

Selanjutnya saya coba unlock bootloader dengan Mi Unlock. Namun dengan berbagai cara saya lakukan, selalu gagal. Mulai dari menggunakan akun baru, versi Mi Unlock yang berbeda, hingga ganti ke beberapa versi ROM Global/Dev tetap saja gagal dan berhenti di 99% dengan notifikasi “Current account is not bound to this device”.

Berikut notifikasi yang muncul pada saat melakukan unlock bootloader.

Current account is not bound to this device

Kemudian saya coba update Redmi 4X saya ke ROM China Dev atau Stable, ternyata proses update gagal dengan notifikasi “Can’t Verify update”. Jadi satu-satunya cara untuk mengupdate Redmi 4X saya ke ROM MIUI 9 Dev adalah dengan unlock bootloader terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara mengatasi error “Current account is not bound to this device” ?

Mungkin kamu akan kecewa pada saat membaca artikel ini..

.. tapi ya memang cuma ini satu-satunya cara mengatasi error ini.

Saya sudah mencoba berbagai cara dan mencari artikel di forum luar tetap saja tidak berhasil kecuali dengan cara ini.

Bagaimana caranya?

Simak ini..


Cara Mengatasi “Current account is not bound to this device” Saat UBL

Cara Mengatasi "Current account is not bound to this device" Saat UBL

Setelah berselancar di dunia maya, masuk ke forum-forum luar negeri, ada beberapa jawaban yang sama dengan klaim langkah ini berhasil.

Pertama,

Jika muncul error seperti di atas, artinya akun kamu telah mendapatkan persetujuan unlock bootloader namun perangkat yang kamu coba unlock saat ini belum terhubung dengan akun kamu. Jadi silahkan login dengan Mi Account di perangkat Xiaomi kamu terlebih dahulu.

Hubungkan Mi Akun kamu dengan cara masuk ke menu Setting » Additional Settings» Developer Options » Mi Unlock Status;

Current account is not bound to this device


Ketuk Add account and device hingga muncul notifikasi Added successfully, kemudian ulangi proses unlock kembali dengan Mi Unlock Tools.

Jika muncul error error 80623:hardwareId”, abaikan saja (referensi : https://forum.xda-developers.com/redmi-note-4/help/binding-device-t3738323).

Selanjutnya adalah..

Sabar…!!!

Ya jadi memang untuk mengatasi error ini hanya perlu SABAR.

Sepertinya server dari Xiaomi butuh waktu untuk mengupdate database mereka untuk menghubungkan akun yang terdaftar dan telah mendapatkan persetujuan UBL dengan smartphone kamu. Ada yang mengatakan butuh 5 hari, ada juga yang butuh waktu 10 hari hingga 2 Minggu.

Saya sendiri..

Berapa lama yang saya butuhkan?

6 hari..!

Setelah menunggu selama 6 hari, tepatnya pada tanggal 16 November 2017 ini saya berhasil melakukan unlock bootlaoder pada Redmi 4X saya.

Berikut penampakannya..

unlock bootloader berhasil setelah menunggu 6 hari

unlock bootloader berhasil setelah menunggu 6 hari

Ternyata memang benar apa yang disampaikan beberapa user di forum tersebut. Jika kamu mengalami hal yang sama, tunggu saja beberapa hari kemudian coba unlock bootloader kembali.

Baru-baru ini saya mengalami kasus yang sama pada Redmi Note 3 MTK saya, muncul notifikasi “Current account is not bound to this device”, saya menunggu selama 6 hari selanjutnya notifikasi berubah menjadi “after 72 haurs of trying to unlock the device”.

Sudah Pernah Unlock Bootloader, Muncul Couldn't Unlock

Jadi harus sabar lagi menunggu 3 hari (72 jam), setelah itu proses UBL sukses.

Unlock bootloader tidak semudah dulu, hal ini karena banyaknya ROM abal-abal yang beredar. Kabarnya jugamelindungi user apabila smartphone-nya hilang, ada kesempatan 6 hingga 10 hari untuk menemukannya sebelum orang yang mengambil smartphone tersebut melakukan UBL dan menggantinya dengan custom ROM..

Demikian Cara Mengatasi “Current account is not bound to this device” Saat UBL.

Semoga bermanfaat..!


ARTIKEL TERKAIT
About Admin 243 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

52 Comments

  1. Berarti sy harus nunggu beberapa hari kedepan, soalnya kasusnya sama nih gan. Gan sy pengguna Redmi Note 3 Pro (Kenzo), kenapa pd saat cek Setting » Additional Settings» Developer Options, tdk ada pilihan Mi Unlocknya ya gan?

  2. Masgan..mohon pencerahannya nih…kasusnya awalnya ane flash dari ROM Distributor Abal2 ke ROM Official, nah ane gak pake unlock bootloader dulu dan ternyata muncul “This MIUI version can’t be installed on this devices”….kemudian ane mau coba unlock bootloader setelah dapet permissionnya…dan ternyata kendala di “Current account is not bound to this device”…ane mau coba cara agan yg masuk ke menu Setting » Additional Settings» Developer Options » Mi Unlock Status; (tapi kan HP nya udah gitu ada Bootloop gak bisa masuk menu sama sekali..jadi mesti nunggu aja ya mas gan beberapa hari baru bisa proses unlock nya berhasil?
    mohon pencerahannya ya mas gan..terima kasih

    • masuk fastboot msh bisa kan gan? kl bisa masuk dan muncul current account, tunggu aja 6 – 10 hari gan. nanti stlh terunlock baru flashing ke rom resmi.

      • masuk fastboot masih bisa mas gan…
        jadi ane cuma nunggu sekitar 6 – 10 hari trus coba ulang lagi ya mas gan untuk unlock bootloadernya? oke mas gan kalo gitu..nanti ane berkabar lagi ya..

        btw terima kasih ya mas gan, fast respone banget..semoga selalu menjadi manfaat untuk orang banyak…

        salam,
        Wahyudin

  3. gan, pas mau di unlock xiaomi ane ada tulisan current account is not bound to this device. jadi ane ke setting-> dev option-> mi unlock states trus klik add account and devices. dan muncul tulisan “connect network and try again” padahal jaringan ane bagus. mohon solusinya gan.

    • Tunggu aja 6-10 hari gan… add account itu kalau agan pny 1 akun untuk beberapa devices. Kl cm 1 akun untuk 1 devices tunggu aja gan..

  4. Gan Klo Pas Mau Ke Developer option>mi unlock>add account,Tapi Keterangan “Tidak Terverikasi Coba Beberapa Saat Lagi” klo itu knpa Gan?

  5. Untung gw mampir disini, ternyata nunggu bbrpa hari…. Klw gk mampir sini munkin gw udh otak atik ganti Rom keq di forum lain nyuruh gnti Rom biar bisa ubl…. Gk perlu nguras otak, cmn butuh kesabaran hahahaha…

  6. Saya Masih Mengalamin Ini Gan Udah Nunggu Hampir 2 Minggu Posisi Di ROM 8.5.4.0(NCFMIED) Redmi Note 4x Udah Nunggu beberapa lama tetep 86023 terus ? Apakah harus ganti ke dev china ato tetap menunggu ?

  7. apakah jika akun mi saya untuk 2 hp yang satu bootlop dan saya coba unlock tapi muncul status seperti diatas apakah artinya sama nunggu 6 hari juga.

  8. saya dapat error ini di redmi note 3 snapdragon posisi rom 8.0.6.0 tetapi saya cek di developer options tidak ada menu mi unlock status. apakah harus diinstall versi terbaru baru bisa?

  9. sy sudah disetujui utk unlock tapi sudah 10 hari lebih blm bisa diunlock pada saat UBL nya 99% berhenti dan atas tulisanya currnt acoount cannot unlock this device itu gmn y mas solusinya

  10. Dulu mah gampang ubl,5 menit sudah dapat sms approved sekarang mah server nya mungkin bermasalah 2 akun sudah dapat approved sms tp pas coba di unclock “curent account cannot unlock this divice” ?

    • Iya gan.. Sy prnh baca di forum mi, ini akibat byknya ROM abal2.. Jadi dipersulit.. Kabarnya jg melindungi user apabila hp nya hilang.. ada kesempatan 6-10 hari untuk menemukan nya sblm si org yg mengambil hp tersebut melakukan UBL dan mengganti dgn custom ROM..

      • tulisannya Couldn’t verify, wait a minute or two and try again. Baca2 di forum miui katanya pake VPN cina, udah beberapa vpn & proxy cina tetep aja ga bisa, puluhan kali wipe data juga sama. nyoba ganti rom dev 8.2.1 dan stable 9.2.1.0 masih begitu sampe sekarang. nomor yg didaftarkan udah 4 sim, udah ada sms balasan utk unlock. apa mungkin hp saya yg masalah ya gan? klo metode test poin blm brani bongkar cover

  11. saya pas coba bind akun ke mi unlock status kok gagal notif nya “couldn’t verify,wait a minute or two and try again” posisi udh dapet sms dari 3 hari yang lalu

Leave a Reply

Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar bisa membantu pengunjung yang lain..


*