Penyebab Baterai HP Kembung, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Baterai HP Kembung, Bagaimana Cara Mengatasinya? | foldertips.com – Baterai HP kembung memang menjadi momok tersendiri bagi pengguna smartphone baik Android ataupun iPhone. Menggelembungnya baterai biasanya paling sering terjadi pada handphone yang telah lama digunakan atau smartphone lawas. Tapi jangan salah, pada smartphone baru pun bisa terjadi penggelembungan ini jika penggunanya kurang “peka” terhadap penggunaan smartphone yang baik.

Baterai kembung bisa membuat smartphone kamu menjadi bengkak, baterai cepat habis dan tak pandang bulu, bisa menyebabkan ledakan yang akan berbahaya bagi penggunaya.

Jika terjadi kasus seperti ini, mau tak mau kamu harus mengganti baterai smartphone kamu.

Lalu apa sih yang menyebabkan baterai menjadi kembung?

Bagaimana cara mencegahnya?

Simak ulasan berikut ini..


Penyebab Baterai HP Kembung, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Baterai HP Kembung, Bagaimana Cara Mencegahnya

Kondisi baterai yang kembung bisa disebabkan banyak hal, contohnya perilaku-perilaku seperti membiarkan smartphone di-charge terlalu lama, menelepon saat di-charge, membiarkan smartphone berada pada suhu ekstrem, dan faktor usia menjadi penyebab paling umum saat ini yang kemungkinan dapat membuat baterai HP menggembung.

Sebaiknya hindari perilaku-perilaku tersebut, mengingat baterai (terutama Lithium Ion) memiliki struktur yang tidak stabil. Meskipin baterai Li-Ion memang memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan pada berbagai macam jenis gadget, namun ia memiliki kekurangan yaitu celah yang sempit antara sel dengan cover luar.

Selain itu, baterai Li-Ion juga memiliki tekanan di dalamnya.

Cara Mencegah Agar Baterai Tidak Cepat Kembung

Agar baterai HP kamu tetap awet, tidak cepat kembung, ikuti kiat-kiat berikut ini..

#1. Gunakan Charger Asli (Berkualitas)

Sedapat mungkin menggunakan charger asli bawaan dari HP kamu, jangan gunakan charger abal-abal yang tidak jelas. Hal ini bertujuan untuk agar baterai menerima daya yang stabil serta sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan si baterai, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Charger KW atau murahan tentunya berisi komponen dengan kualitas rendah sehingga output daya yang dihasilkan tidak stabil. Artinya tegangan atau arus dari charger KW ini tidak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh baterai.

Jika kamu tidak memiliki charger asli, rusak atau hilang, setidaknya belilah charger yang berkualitas dan tidak murahan.

#2. Gunakan Baterai Original (Berkualitas)

Gunakan selalu baterai original, jangan baterai murahan dengan harga di bawah 50.000 rupiah. Baterai murah pastinya menggunakan komponen dengan kualitas rendah dan bisa sangat berbahaya bagi pengguna, karena dayanya cepat habis, kembung bahkan bisa meledak kapan saja.

Semakin buruk kualitas baterai maka akan semakin cepat baterai tersebut menggembung. Oleh karena itu disarankan agar kamu selalu menggunakan baterai yang original jika kamu membutuhkan baterai baru.

#3. Jangan Menelpon Sambil Nge-charge

Ini merupakan salah satu prilaku buruk pengguna smartphone. Banyak kerugian yang kamu dapatkan jika menelpon sambil men-charge HP kamu. Selain bisa menyebabkan baterai cepat kembung, menelpon sambil men-charge juga bisa meningkatkan radiasi smartphone yang dapat merusak otak kamu.

Bahkan jika dilakukan dalam rentang waktu yang lama, bisa menyebabkan baterai menjadi sangat panas hingga menimbulkan ledakan seperti banyak kasus yang kita baca di internet.

Jadi kalau terpaksa ngecas sambil nelpon, gunakan saat-saat penting saja. Atau lepas charger kamu untuk sementara pada saat menelpon.

#4. Jaga Baterai Tidak Overheat (Kepanasan)

Pada saat melakukan pengecasan, jangan letakkan smartphone dalam kondisi ruangan yang panas atau terkena sinar matahari langsung.

Hal ini pernah saya alami sendiri pada saat mengecas smartphone di dalam mobil dengan kondisi smartphone terkena sinar matahari langsung. Hanya dalam waktu 3 jam saja, baterai langsung kembung dan tidak bisa digunakan lagi.

#5. Ganti Baterai Jika Dibutuhkan

Seiring dengan usia baterai, maka kualitas baterai akan terus menurun. Disarankan agar kamu segera mengganti baterai apabila baterai sudah terasa cepat ngedrop, mulai menggelumbung dan telah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Mengganti baterai dengan yang baru merupakan langkah yang tepat mengingat karena baterai tua bisa mengakibatkan berbagai resiko yang mengintai.

Cara Menangani Baterai HP Menggembung

Apabila baterai smartphone kamu terlanjur menggembung, sebaiknya ikut langkah-langkah berikut ini dalam menangani baterai HP yang menggembung.

#1. Jangan Charge Atau Gunakan HP

Baterai kembung memiliki berbagai resiko pada saat digunakan. Resiko tambah meningkat apabila baterai kembung tetap di charge, karena kondisi komponen bagian dalamnya sudah mulai rusak.

Jika kamu tetap membandel, siap-siap untuk mendapatkan resiko baterai bocor hingga meledak.

#2. Cabut Baterai Dari HP

Segara cabut baterai dari HP kamu jika terjadi penggelembungan baterai. Karena ukuran baterai yang membesar bisa membuat komponen dari hardware smartphone kamu rusak karena baterai akan mendesak rangka dan menekan komponen dari smartphone kamu.

Lebih jauh lagi, baterai kembung akan menjadi bocor dengan sendirinya apalagi jika tertusuk bagian tajam dari casing atau komponen HP kamu.

Jadi sebaiknya segera cabut baterai dari tempatnya.

Apabila smartphone dan baterai kamu bertipe non-removable, sebaiknya serahkan pada ahlinya untuk menggantinya. Jangan coba-coba untuk mencabutnya sendiri, atau garansi akan hilang, bahkan menciderai dirimu sendiri.

#3. Jangan Buang Baterai Sembarangan

Jangan buang baterai sembarangan terutama di tempat sampah. Ini merupakan poin yang lebih penting lagi. Hindari tindakan untuk membuang baterai bengkak secara asal ke tempat sampah. Memang di Indonesia belum ada tempat yang khusus untuk mengolah sampah elektronik, terutama baterai. Akan tetapi bukan berarti kamu bisa membuang baterai malfungsi di mana saja.

Baterai harus diperlakukan khusus, entah itu dibuang secara kolektif atau disimpan secara hati-hati. Tapi ingat untuk tidak membuangnya ke tempat sampah. Apalagi jika tempat sampah tersebut rutin untuk dibakar.

#4. Ganti Baterai Baru

Penggantian baterai merupakan solusi paling baik dalam menangani baterai kembung. Belilah baterai baru yang original atau yang berkualitas. Jangan terkecoh dengan harga baterai murah yang banyak beredar di pasaran.

Tapi jika baterai HP kamu sudah terlanjur menggelumbung dan kamu belum ada dana untuk membeli baterai baru, maka langkah awal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendinginan.

Jangan charge atau gunakah HP, keluarkan baterai dari tempatnya dan masukkan dalam plastik. Masukkan baterai yang telah terbungkus plastic ke dalam freezer selama 1-2 hari.

Setelah 1-2 hari, keluarkan baterai dan tunggu hingga baterai tidak terlalu dingin. Pasang kembali baterai dan charge dalam keadaan HP belum dihidupkan.

Namun cara tersebut tidak sepenuhnya berhasil untuk beberapa kasus.

Demikian artikel Penyebab Baterai HP Kembung, Bagaimana Cara Mengatasinya?



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

4 Comments

  1. Xiaomiku bagian belakangnya menggembung. Padahal baru ganti baterai 3 minggu yg lalu. Dan aq jg menghindari pengisian baterai terlalu lama. Jarang utk tlpon jg. Hapeku xiaomi mi4c. Bahaya tidak ya? Aq khawatir kalo hal yg sama terjadi sama baterainya lg. Mohon infonya min. Makasih.

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.