Cara ROOT Xiaomi dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Cara ROOT Xiaomi dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman) | foldertips.com – Tidak semua TWRP mendukung update OTA, hal ini yang menyebabkan sebagian pengguna Xiaomi tidak menggunakan TWRP Recovery karena user ini tidak butuh custom ROM yang hanya bisa diflashing via TWRP.

Kelebihan cara ini juga bisa menyembunyikan status root sehingga aplikasi perbankan tetap bisa terpasang.

  • Kekurangan metode ini » tidak mendapatkan manfaat dari TWRP sendiri tentunya, jika ini dianggap kekurangan;
  • Kelebihan metode ini » karena tidak memasang TWRP, Update OTA bisa dilakukan tanpa masalah. Selain itu, sampai saat tulisan ini dibuat, setau saya masih belum ada TWRP yang mendukung ROM Oreo 8.1, jadi untuk ngeroot, hanya metode ini yang bisa kamu lakukan.

Tapi kalau Xiaomi kamu sudah terpasang TWRP, bisa menggunakan metode di artikel Mengenal Magisk : Kegunaan / Cara Pasang / Root Serta Modul Magisk.

Bisakah ngeroot smartphone Xiaomi tanpa menggunakan TWRP?

Simak tutorial berikut..


Cara ROOT Xiaomi dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Cara ROOT Xiaomi Dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Persiapan sebelum root :

Bahan yang dibutuhkan :

Setelah memenuhi syarat dan mengunduh seluruh bahan di atas, saatnya melakukan root pada Xiaomi kamu.

Langkah pertama, ambil berkas boot.img dari ROM sesuai build device kamu.

Misalnya Xiaomi kamu menggunakan ROM MIUI 8 versi 8.5.3.0, maka cari berkas ROM ini baik Recovery ROM (.zip) atau Fastboot ROM (.tgz).

Pilih salah satu tipe ROM di bawah ini :

Ekstrak ROM dan temukan berkas boot.img seperti ini..

ROM Recovery (.zip)

Berkas boot.img berada di dalam folder berikut :

ROM Fastboot (.tgz)

Berkas boot.img berada di folder /images berikut :

Cara ROOT Xiaomi Dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Selanjutnya salin berkas ini dan letakkan di folder Download pada Internal Storage Xiaomi kamu.

cara root rom pixel experience

Jika sudah, install MagiskManager-v5.5.5.apk,

Selanjutnya ketuk Install, dan pilih Patch Boot Image File..

root mi a1 oreo

.. arahkan ke Download dimana kamu meletakkan boot.img..

Cara ROOT Xiaomi Dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Selanjutnya Magisk akan mulai mengunduh Magisk-v15.3.zip dan melakukan patching boot.img seperti berikut..

cara root rom pixel experience

.. tunggu proses hingga selesai, kemudian ketuk TUTUP.

Langkah ini akan menghasilkan file patched_boot.img yang terbentuk pada folder MagiskManager di Internal Storage Xiaomi kamu.

Buka folder MagiskManager, dan temukan file patched_boot.img(Jika tidak ada, coba restart HP kamu terlebih dahulu).

cara root rom pixel experience

Salin berkas patched_boot.img dan letakkan pada folder C:\adb hingga hasilnya seperti berikut..

root mi a1 oreo

Jika sudah, matikan Xiaomi kamu dan masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Vol Bawah beberapa saat hingga muncul logo fastboot berikut..

Langkah Pemasangan TWRP Recovery
Fastboot Mode

Selanjutnya sambungkan Xiaomi kamu ke PC/Laptop menggunakan kabel USB Original atau yang berkualitas baik.

Kemudian tekan SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, kemudian pilih Open command window here..

root mi a1 oreo

.. akan muncul kotak Command Prompt.

Untuk memastikan Xiaomi kamu terkoneksi sebagai mode fastboot, ketik perintah berikut..

fastboot devices

.. jika terdeteksi akan muncul kode acak kira-kira seperti ini..

langkah pemasangan twrp

Selanjutnya ketik perintah berikut..

fastboot flash boot patched_boot.img

root mi a1 oreo

Tunggu proses hingga selesai kemudian ketik perintah..

fastboot reboot

root mi a1 oreo

Maka Xiaomi kamu akan restart otomatis dan masuk ke Homescreen.

Setelah masuk ke Homescreen, buka kembali MagiskManager, maka kamu akan mendapatkan akses root pada Xiaomi kamu.

Cara ROOT Xiaomi Mi A1 Android Oreo 8.0 Version Tanpa TWRP

Untuk memastikan apakah devices kamu telah berhasil diroot, install Root Checker melalui Google Play Store dan lihat hasilnya seperti berikut..

Cara ROOT Xiaomi Dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman)

Demikian Cara ROOT Xiaomi dengan Magisk Tanpa TWRP (Update OTA Aman).

Semoga bermanfaat..!

Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada beberapa HP Xiaomi saya. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Xiaomi kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 354 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

142 Comments

    • Di ROM Oreo sampa saat ini cuma dengan metode ini yang berhasil untuk ngeroot, ga bisa pake TWRP.

      TWRP Official ga mendukung update OTA, sehingga harus donlot full ROM yang ukurannya 1 GB lebih, ga semua pengguna mau pake TWRP kl cuma mau ngeroot doang.

      Kl menurut ente ga ada faedahnya ga ada yang maksa ente ikutin tutorial ini.

      • Thx om….ane berhasil pake metodhe ini…MIUI 9.6.8….BETUL BGT pake TWRP mah ngga bisa update OTA….lagian kalo TWRP nya mau di hapus…potensi bootloop…skali lg thx

  1. Min tutor pasang xposed framework systemless nya dong buat Kenzo . Ane selalu bootloop pas flashing xposed d v.16.0 di Kenzo Rom 9.2.4 sudah tpsng twrp zcx . Thx

  2. Gan, ane udah sukses ngikutin cara ini. Terus magisknya ada pembaharuan v16.0
    Untuk update nya bagaimana ya gan. Tutorial nya dong.
    Terima Kasih

  3. Gan mau nanya nih kalau habis di-root bisa pasang twrp GK? Soalnya gagal Mulu nih kalau dari PC. Jadi mau pasang dari androidnya langsung. Bisa GK? kira² my phone Xiaomi Mi5 miui9 nougat.

  4. Bang, kalo XIAOMI REDMI NOTE 3 PRO 2/16 ( KENZO ), td saya instal TWRP non UBL sudah sukses, mau instal Magisk apa bisa? Recomended Magisk versi berapa?

  5. Min tolong dong tutor nya nih magisk sdh terpasang pake cara ini . Tp tiap install sdk23 bootloop terus buat Kenzo . Ditunggu admin pencerahan nya buat pasang xposed systemless nya . Terimakasih banyak tips2 nya

  6. gan untuk tutor d atas bisa buat all type hh ga?
    misal ane pake wiko harry
    yg twrp blm tersedia.
    mohon bantuan nya gan

  7. Gan, misalnya setelah root magisk ane mau pasang twrp bisa gak? Apa pasang twrp nya harus sebelum root magisk? Mohon pencerahannya gan

    • Bisa pasang Twrp stlh root Magisk.. kl mau pasang TWRP ya sebaiknya pasang Twrp dulu baru pasang Magisk.. tutorial ini utk yg mau root dgn Magisk tp ga mau pasang Twrp gan.

  8. Bang, posisi Redmi note 4 saya sudah di root dan sudah terpasang TWRP dan Magisk, kalau saya mau update OTA nya kira” gimana bang?

  9. siiiiippp juragan…!
    BERHASIL! 30 April 2018 jam 3.04 WIB. tanpa kendala di Redmi Note 4 Snapdragon ROM 9.5.8.0 (NCFMIFA) Global Stable. makasih banyak, gan.

  10. Gan, kalo misalnya saya pakai cara ini dan dikemudian waktu saya ingin pasang TWRP, nantinya akan bermasalah tidak?
    Posisi sekarang saya pakai Redmi 5 sudah UBL belum root dan belum pasang TWRP (masih original)

  11. nanya bang, pny redmi note 4 mtk rom abal2 (miui 5digit). udh request ubl 1bln blm dpt sms, mau paksa pasang twrp takut bootloop. udh download rom resmi. solusinya gmn bang? saya baca di artikel sblmnya klo 10hari blm dpt sms hajar aja? betulkah?

  12. minta tutorial buat mi note 3 om
    dari flasihing twrp
    magisk
    enable camera2 API
    sampe install Gcam HDR

    matur nuwun om

  13. Safety net nya false (dual kilometres smuanya false). Trust Cara instal busybox bet Ron toolbox/rootexplorer/DLL nya gmana?
    Fyi : and install the TANPA TWRP Di redmi note 4x.

    Natural nuhun, kang

  14. Gw udh berhasil root di redmi 5 plus ngikuti langkah di atas.. cuman waktu ada update ota dan stlh gw update kenapa root-annya ilang yaa?

  15. Min , untuk antisipasi kalau gagal gimana ? Cara backup tanpa twrp. Jadi gak usah flash ulang Rom

    Terima kasih

  16. sippp makasih om work tanpa kendala. sempat bingung di ADB nya ternyata kalo win 8/10 pakainya yang “Minimal ADB and Fastboot” penyimpananya di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot. tinggal lanjut aja per step

  17. Gan klo untuk redmi 4a dan redmi note 5a bisa pake cara di atas??

    sebelumnya… mohon maaf lahir batin.

  18. gan cara lain ambil boot.img selain dari ngekstrak rom ada ndak? ane punya rom miui v.9.2 tapi habis update ota menjadi v.9.5. Kira kira ane bisa ambil boot.img dr hh langsung gak? lumayan juga kalau hrs download rom lg. tks

  19. untuk mimax2 miui global 9.5.5.0 trik rooting magisk apa masih sama ? soalnya sebelumnya coba rooting pake twrp , pas masang twrp nya OK tapi pas reboot to system malah bootloop , mohon jawabannya

  20. gan, ane pas lagi proses patcjing boot pake magisk, kok ga ada respon sama skali,, ga ngedownload zip dan ga nge patch boot

    itu kenapa ya?

    posisi di miui 9.6.3.0 redmi 5

  21. bwt redmi note 5 bisa om?

    apakah reminote 5 bisa intstal gogle cam mod? apa jg harus intsal nagisk riit dan camera 2 api kyk mi5 ?

  22. Does not work on Redmi 5 Plus Global Beta (Dev Rom) 8.7.19 MIUI 10 Oreo 8.1
    I just get stuck on endless boot (3 dots)

  23. Gan kalau di xiaomi redmi 4x bisa gak gan? Dan kalau gagal pas di mode fasboot itu bisa bootlop atau ngak?
    Mohon dijawab ya gan. Plisss

  24. Gan TS & master² disini, utk redmi 5 plus (vince) dr stock ROM apakah bisa? Status udh UBL.. tp g mau pasang twrp Krn alasan diatas & gmw wipe data

  25. gan saya sudah hampir selesai tapi pas ngetik fastboot rebootnya kok gak masuk menu, dia masuk fastboot terus

    #Redmi 5 plus

  26. gan gua udah hampir berhasil, tapi pas fastboot reboot kok ga masuk menu, di restart pun malah ke fast reboot
    aku pakai redmi 5 plus

  27. Gan mau nanya device ane redmi 3S posisi MIUI 9.6.1.0 global stabil (terbaru), kalo pake cara ini aman ga? Hp ane mau di-root buat benerin Baseband nya ilang (not available)

    • Masuk fastboot lagi dan balikin boot.img aslinya om.. Langkahnya sama saja cuma bedanya filenya bukan patched_boot.img tapi file boot.img.

  28. klu mau fastboot flash boot patched_boot.img
    error cannot load patched_boot.img
    kenapa ya gan
    redmi 5a sudah ubl
    PKI window 10 32bit
    tolong pencerahannya

    • File patched_boot.img nya tidak ditemukan, salah letak folder mungkin dan jangan letakkan pada folder dengan spasi, biasanya saya letakkan di c:\adb

  29. Setelah merasa frustasi dengan file update yang selalu tembus 1gb karena kondisi hape sudah terpasang TWRP, akhirya nemu thread yang sangat bermanfaat ini.
    Makasih gan !
    Sekarang hape ane sudah dalam kondisi ROOT tanpa perlu TWRP, jadi aman pasang aplikasi yang membutuhkan akses root dan tetap aman untuk update OTA.
    Setelah update OTA kan root hilang, langsung tancepin tutorial ini. AMAN !!

  30. Sorry nih bang meluruskan saya sudah coba cara ini hp saya sudah ubl tapi gak bisa karna versi miui saya sudah 9.6.3.0
    Waktu saat fastboot flash boot patched_boot.img failed dia…. Tapikalo di versi miui bawahnya ini bisa. Karna di versi miui saya click tombol buka kunci oem gak bisa di clik. Thank you. Mungkin ada cara lain atau harus di downgrade ke versi miui lawas hehe

    • Makasi sharingny gan.. Kl sudah UBL dan pengen downgrade ke versi lama bisa via Mi Flash dengan ROM fastboot gan.. langkah 3 di sini >https://www.foldertips.com/android/cara-flashing-rom-official-xiaomi/#langkah3

  31. Terimakasih kak atas tutorialnya. berkat tutorial ini ane jadi bisa intall magisk dan mendapatkan akses root di resmi 5 plus saya tanpa pasang twrp berkat tutorial kakak.

  32. Gan Saya ingin bertanya saat sya flash boot img nya ko saat reboot ada tulisan”your system has been destroyed press power button to shutdown ” saya menggunakan boot img miui 9 tapi pakai boot img miui 8

  33. bukannya harus sama ya file boot.img nya, yg mau di-patched boot.img nya harus se-versi sama boot.img di room hp yang dipake. cmiiw

  34. gan ini untuk miui 10 global stable bisa apa tidak sih sebenarnya?
    misalnya nih, saya flash miui 10 pkai fastboot rom, kemudian setelah sukses flashing & set hal lainnya, saya patched boot lewat magisk ambil file boot.img dari miui 10?

  35. Salam gan, setelah saya reboot knp ya g abs kembali ke homescreen?? Loading terus. Diflash ulang pun ga bs. Mohon pencerahannya. Thanks

  36. Trik ini bisa diterapkan di Redmi 5A MIUI 10 Global Beta
    meskipun file boot.img dari ROM yang beda build device nya.
    sudah terbukti saya menggunakan file boot.img yang sudah di patch dengan Magisk v17.1
    file boot.img dari ROM MIUI 10 Global Beta ROM 8.10.11
    saya terapkan di ROM MIUI 10 Global Beta ROM 8.10.18 bisa lancar juga,

  37. Gan, driver, adb interface, adb composite, adb bootloader, semuanya driver tersebut tidak terinstal dengan baik dilaptop saya masih ada tanda pentung, error kode 10,driver signature udah disable(test mode).
    Klo instal boot patched visa g melalui twrp, aman g?

  38. Mau nanya nih, ane udh instal adb nya. Tapi pas di cek di folder C, gak ada folder adb nya. Itu gmn yah? Saya pake windows 10

  39. Gagal mazter! Di redmi 5 plus custom ROM FireHound Oreo. Ubl
    “error:cannot load ‘patched_boot.img’.
    Apa metode itu tdk berlaku untuk ROM custom ? Sy coba pake metode ini krn gagal di Redwolf Recovery. Mohon info nya Mazter! Tx….

  40. mi max aku udah ubl, dan setelah di update ke miui 10, twrp udah gak bisa di install lagi untuk ngeroot. tapi akhirnya sukses nge root pake metode ini.. thanks min..hehe

  41. Bang ane mau tanya nih.. root magisk sudah berhasil 100% di HH ane. Posisi 9.6.3.0 .. tapi beberapa hari kemudian ada pembaruan system ke V10.1.1.0.NCFMIFI. solusi? Jika diPerbarui bakal bootlop atau tidak ??

  42. 100% work di HH redmi note 4 V9.6.3.0 .. tapi ada pembaruan lagi ke V10.1.1.0 .. solusi bang??? Di up bootlop atau ngga.. dan jika sudah di up root akan hilang?? Atau di ulang lagi rootnya?

  43. Kalo mau Twrp nya bisa update OTA, pake REDWOLF recovery ataupun ORANGEFOX recovery, recovery ini base nya juga TWRP tapi recovery ini suport OTA update MIUI, selamat mencoba….

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.