6 Cara Mengatasi Memory Internal Storage Penuh di Xiaomi

6 Cara Mengatasi Memory Internal Storage Penuh di Xiaomi | foldertips.com – Seperti iPhone, saat ini banyak perangkat Xiaomi yang tidak memiliki slot untuk memory card, mungkin karena memory eksternal dianggap kurang stabil dalam menyimpan data.

Hal ini terbukti dari banyaknya kasus terjadi dimana tiba-tiba data hilang atau corrupt jika disimpan pada memory eksternal. Selain itu, aplikasi juga kadang terasa menjadi lebih lemot saat loading.

Ini yang membuat MIUI tidak mengijinkan pemasangan aplikasi pada memory eksternal meskipun tipe Xiaomi kamu memilikinya.

Memory internal sendiri, menjadi salah satu faktor dari harga smartphone yang kamu beli..

.. semakin besar kapasitasnya, semakin mahal harganya.

Tak jarang akhirnya banyak pencinta gadget yang membeli tipe Xiaomi dengan kapasitas terendah untuk menekan harga, misalnya Xiaomi dengan Internal Storage 8 GB sampai dengan 16 GB.

Kapasitas sebesar ini memang dirasa amatlah terbatas jika dibandingkan kebutuhan pengguna smartphone saat ini yang terus meningkat misalnya untuk menyimpan video, foto hingga game yang banyak menyita space.

Bagi kamu pengguna Xiaomi dengan internal storage 8GB hingga 16GB, mungkin sering mendapatkan notifikasi “insufficient storage” pada saat akan melakukan instalasi aplikasi atau merekam video.

Jika terjadi demikian, coba atasi dengan langkah-langkah berikut ini..


Memory Internal Xiaomi Kamu Kepenuhan? Atasi Dengan 6 Cara Ini.

Memory Internal Xiaomi Kamu Kepenuhan? Atasi Dengan 5 Cara Ini

#1. Gunakan Cleaner di Security App

Security App merupakan salah satu kelebihan dari MiUI yang saya sukai. Aplikasi ini benar-benar powerful dan benar-benar dibutuhkan.

Salah satu manfaat dari Security App yang bisa kamu gunakan adalah Cleaner.

Gunakan Cleaner di Security App

Dengan Cleaner, pengguna MiUI tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master atau aplikasi sejenisnya. Fitur ini terbukti efektif untuk membersihkan data-data sampah (junk data) dan meminimalisir penggunaan space pada internal storage Xiaomi kamu.

Bisa jadi ternyata ada data yang sebenarnya sudah tidak kamu butuhkan lagi atau banyaknya data sampah (junk) pada Xiaomi kamu.

Ketuk Cleaner, maka aplikasi ini akan melakukan scanning data-data sampah dan cache yang tidak dibutuhkan lagi.

Setelah proses scanning selesai, kamu akan diberikan daftar untuk memilih secara manual berkas apa saja yang ingin dihapus dan tidak.

Gunakan Cleaner di Security App

Saya pribadi, saya akan pilih semuanya untuk dihapus.

Ketuk Clean Up untuk memulai proses bersih-bersih hingga muncul notifikasi “No trash” yang artinya smartphone kamu sudah bersih dari data sampah.

Setelah proses Clean Up di atas, smartphone kamu sekarang udah mulai sedikit lega karena biasanya space yang berhasil dibersihkan tidak tanggung-tanggung, bisa sampai 1 GB tergantung dari berapa lama kamu tidak pernah membersihkan smartphone kamu.

#2. Lakukan Deep Cleaner

Jika kamu merasa masih kurang lega, lakukan Deep clean.

Masih pada aplikasi Cleaner, setelah selesai melakukan Clean up, kamu akan disuguhkan pilih untuk melakukan deep clean.

Ketuk Deep clean,

Lakukan Deep Cleaner

Dengan Deep clean, kamu bisa meminta aplikasi untuk melakukan scanning terhadap foto, video yang dianggap duplikasi atau mirip, serta berkas-berkas berukuran besar hingga mendeteksi aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Lakukan Deep Cleaner

Foto Duplikat

Pada foto, ketuk Clean now untuk membersihkan secara otomatis, maka aplikasi Deep clean akan menyisakan satu buah foto yang dianggap paling baik dari sisi kecerahan dan ketajaman.

Fitur ini cocok untuk kamu yang suka menjepret foto sekali banyak namun terlalu malas untuk menghapus foto dan memilih mana yang terbaik.

Lakukan Deep Cleaner

Jika kamu ragu, kamu bisa memilih secara manual dengan memilih masing-masing item dan menghapusnya.

Konten Video

Sama halnya pada konten video, Deep clean akan mendeteksi file video dari yang berukuran paling besar hingga yang paling kecil.

Lakukan Deep Cleaner

Pilih video yang menurut kamu tidak dibutuhkan lagi, kemudian pilih Delete selected videos untuk menghapus.

Big Files

Pada Big Files, Deep clean akan mengidentifikasi file apa saja yang berukuran sangat besar.

Contohnya saya menyimpan file firmware Xiaomi.EU sebesar 0.99GB, kemudian dilanjut dengan berkas video berukuran besar lainnya.

Lakukan Deep Cleaner

Pilih berkas yang kamu anggap tidak berguna lagi, kemudian ketuk Delete selected files untuk menghapus.

Apps

Pada Apps, Deep clean secara otomatis mengidentifikasi aplikasi apa saja yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan.

Lakukan Deep Cleaner

Pilih aplikasi yang kamu rasa tidak dibutuhkan lagi, kemudian Uninstall untuk menghapusnya.

#3. Membersihkan Cache

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara. Cara ini bertujuan agar meningkatkan kecepatan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut.

Jadi pada saat aplikasi membutuhkan data yang sama, misalnya Facebook, Browser atau Twitter, tidak perlu mengunduh ulang data yang sama tersebut sehingga bisa lebih cepat.

Pada dasarnya cache ini sangat bermanfaat, tapi kalau terlalu lama tidak dibersihkan, bisa menumpuk di storage kamu dan memakan banyak memori internal.

Untuk membersihkannya, masuk ke Setting » Storage

Membersihkan Cache

Kemudian ketuk Cached data, pada saat muncul notifikasi Clear cached data? pilih OK.

#4. Simpan atau Pindahkan Foto, Video dan File Media lainnya di Memori Eksternal

Foto dan video selalu menjadi biang utama kamu kehabisan memori internal. Apalagi jika kamu seorang fotografer HP atau suka merekam setiap momen di setiap kesempatan.

Bagi pengguna Xiaomi yang memiliki fitur memori eksternal, sebaiknya pindahkan file foto dan video ke memori eksternal kemudian atur agar setiap perekaman video atau pengambilan foto secara otomatis akan tersimpan di memori eksternal.

Masuk ke System apps » Camera » Settings, pilih Save to SD Card.

Simpan atau Pindahkan Foto, Video dan File Media lainnya di Memori Eksternal

Jika kamu juga tipe orang yang bosenan sehingga suka gonta-ganti tema (themes), atur agar semua data tema tersimpan di memori eksternal.

Simpan atau Pindahkan Foto, Video dan File Media lainnya di Memori Eksternal

Ini karena tema termasuk salah satu aplikasi yang membutuhkan space yang besar.

5. Hapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Penting (Bloatware)

Menghapus aplikasi bawaan atau biasa disebut bloatware, ternyata cukup ampuh untuk memberi ruang lebih di Internal Storage Xiaomi kamu.

Baca caranya di Cara Menghapus Aplikasi Bawaan / Bloatware Xiaomi Secara Permanen

6. Pengaturan Media di Instant Messenger

Secara default, pengaturan penyimpanan media yang dikirim atau diterima oleh Instant Messenger, contohnya WhatsApp adalah di memori internal. Karena itu, atur agar aplikasi WhatsApp tidak otomatis mengunduh foto atau video yang diterima.

Ini bertujuan agar memory kamu tidak kepenuhan karena terlalu banyak menerima foto dan video yang sebenarnya tidak kamu inginkan. Misalnya saja dari group OL shop dan sejenisnya.

Masuk ke pengaturan WhatsApp dengan mengetuk titik tiga pada pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih Data usage.

Pengaturan Media Pada Instan Messenger

Selanjutnya pada pilihan When using mobile data, When connected on Wi-Fi dan When roaming..

Hilangkan semua centang..

Dengan cara ini, foto dan video tidak akan otomatis terunduh jika ada seseorang yang mengirimkan file media tersebut ke kamu sehingga tidak memenuhi memori internal kamu. Jika ingin melihatnya, kamu harus mengunduhnya secara manual.

Mengapa Tidak Ada Pilihan Memindahkan Aplikasi ke Memory Eksternal?

Menurut marcus_keong, salah satu super moderator di Forum MiUI, memindahkan aplikasi ke memori eksternal sangat tidak disarankan.

Tidak seperti android murni (AOSP), ada beberapa alasan mengapa MiUI tidak mengijinkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal, diantaranya :

  • Penyimpanan aplikasi pada memori eksternal membuat aplikasi berjalan lebih lambat jika dibandingkan pada memori internal, hal ini disebabkan karena kecepatan baca tulis (read/write) pada memori eksternal lebih lambat dibanding memori internal.
  • Banyak aplikasi pihak ketiga juga sudah tidak mengijinkan jika aplikasi mereka diinstal di memori eksternal karena bisa menyebabkan banyak masalah
  • Kemungkinan kerusakan pada memori eksternal lebih besar daripada memori internal, apalagi jika penggunakan dalam jangka panjang. Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya data-data penting terkait aplikasi yang dipasang di memori eksternal.

Demikian 6 Cara Mengatasi Memory Internal Storage Penuh di Xiaomi.

Semoga bermanfaat.. !



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 353 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

60 Comments

    • Engga gan.. Update ROM ga buat memori internal cepat penuh krn pada umumnya file ROM itu ga terlalu signifikan perbedaan ukuran nya.

  1. Kak sy menggunakan Xiaomi note 5a.bagaimana cara setting penyimpanan default ke external(SD card).dan mengapa sy tdk BS memindahkan ayo mengcopy file ke SD card melalui aplikasi ketiga(es file),thanks.

    • Skrg android ga mengijinkan lg penyimpan utk aplikasi tertentu dgn alasan tidak stabilnya memory card eksternal. Kecuali agan udh root HP nya..

  2. gimana ya gan cara wipe cache di xiaomi redmi 4x.. saya habis up dari miui 8 marshmallow ke miui 9 nougat terasa internal agak penuh

  3. Min.. aku tadi coba salin foto sma vidionya ke eksternal.. tapi masih juga penuh aja min.. itu bakal ngaruh ga min.. apa data”nya bakal ke hapus? Teus min…aku harus apain dong biar g kyk gtu?

    • Kl pake Xiaomi bisa dibersihkan pake aplikasi Security, tp kl bukan Xiaomi coba pake Clean Master.. Kl masih kurang lega juga berarti mmg aplikasinya terlalu banyak sementara Internal Storage kapasitasnya minim.

  4. Nagus gan artikel nya…
    Tp untuk other file itu sbnrnya apa gan?? Misal d hapus ada effeknya gk??
    Trus data sprt .log, trus kdg file cb jsbsv73874 la itu jg kdg ukuranyya bsar, kalau d hapus bs ngrusak data gk?? Tnkz sblmny gan..

    • Dalam system gan, intinya itu file yg tidak dikenali ekstensi nya.. bukan foto, video, apk, dokumen, dll. Jadi bisa dimana aja yg jelas di dalam sistem android.

  5. Kak, mau tanya.
    Sisa memori internal xiaomi aku kan 1,6 gb, pas aku colokin ke laptop ternyata sisa memori aku cuma 1 gb, itu gimana ya? Jadi bingung dan susah kalo mau download tiba2 ada pemberitahuan kalo memori aku penuh 🙁

  6. Gan, hp saya xiaomi 3 pro, penyimpanan internal 32gb, untuk other file 21gb, gimana cara isi filenya, udah coba beberapa apps ga bisa ditemukan isinya, terakhir pake file manajer +, ditampilan beranda penyimpanan utama 22,5gb/25gb tetapi dianalisa ternyata penyimpanan other file hanya 150mb, gimana cara menghapus sisa datanya. Semua cara udah dilakukan, sesuai anjuran diartikel.

  7. Ka,semua nya udah ak lakuin tpi kenapa msh ya?foto**,video**,musik,aplikasi ak udh dkit banget foto cman 43 video cuma 4 musik cuma 199 aplikasi yg ak download cuma 10 tapi kenapa msh penuh juga semua foto** ku udh aku hpus,,pdhal memori internal nya 16gb kak,tlg donk kak,lah solusinya

  8. Saya mau nanya ane kan pke 4x 16gb dan ane mau nghapus file lainnya ada 4/,5gb and tapi ko g bisa di hapus hapusnya gimana gan soalnya foto” juga dikit,video ga ada,aplikasi cuma yang gede ada ml 800 mb COC 150 MB dan internal ane udah penuh jadi bingung mau hapus file apaan musik juga nggak ada sama sekali minta solusi dong gan
    Makasih

  9. Gan… Hape gue xiaomi redmi note 5 blm ada sebulan tp slalu ada pemberitahuan penyimpanan hampir penuh… Udh banyak yg gue apusin video, foto, apl .. Tp masih bgtu aja.. Knpa yaaa…??? Thx

  10. Gan, jika sudah masuk ke deeper clean, kan biasanya paling atas keluar file Xiaomi yang ukurannya hampir 1gb, apakah itu gapapa dihapus? Atau bagaimana? Sarannya…
    Hp saya Xiaomi 5A

  11. gan, hp ku xiaomi mi max, memory 64 gb, udah mau penuh, ak sdh tambahin sd card 32 gb, trus klo mindahin foto dan video di galery ke sd card gimana caranya yah, apa perlu aplikasi pihak ketiga? thx

  12. adakah cara tertentu agar foto2 dari whatsaap, telegram bisa tersimpan otomatis ke memory eksternal?
    pake custom room atau trik apa gitu? saya pakai redmi note 3 16 gb..
    terimakasih sebelumnya..

  13. Gan hape redmi note 5a ane masalah sejak beli. Memory dianggap penuh pdhl gak, terus disuruh matikan penyimpanan USB pdhl ga lagi USB an. Trus mau foto ga bs dr camera WA. Dengan tulisan penyimpanan eksternal dibutuhkan, mohon cabut USB gt. Pdhl ga ad USB. Kenapa ya gan? Mau liat atau donlot foto wa juga ga bisa. Kaya memory full. Aneh gan
    Trus update aplikasi sistem juga ga bisa. Memory ga cukup sama hal nya update miui.

  14. Min mau nanya,.saya menggunakan mi4i dan selalu dapat pemb3ritahuan untuk pembaruan ke miui 9 namun setiap kali saya coba dan setelah selesai pasti ada instruksi gagal karena memori penuh..gimana solusinya min

  15. halo saya pakai xiaomi 4x, tadinya fine2 aja sampe saya download apk dualspace buat keperluan olshop. tapi setelah itu malah memori saya jd penuh pdhl sudah hapus cache,foto2,apk dan video yg lain. kira2 gimana ya?

  16. punya saya redmi 6a dari pertama aktifin memory internal 16Gb kok jadi 8Gb padahal aplikasi baru sedikit,,,di tulisan sistem makan 5gb sendiri

  17. Hp saya xiomi redmi 4x ,file sdikit ko bisa y memori penuh trs .sampai foto cmn py 30 tok ttp ajah full.pdhal g ada video musik offline .gmn y cara nya

  18. Hp saya Xiaomi redmi 5 baru 4 bulan tapi sering ada pemberitahuan penyimpanan hampir penuh itu kenapa ya? Padahal udah di hapusin data2 yg ga pentingnya

  19. Hp saya Xiaomi redmi 5 tapi kenapa iya sering apa pemberitahuan penyimpanan hampir penuh,padahal data data dan aplikasi yang tidak digunakan udah saya hapus tapi kenapa masih ada pemberitahuannya terus??

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.