Awas! Menggunakan WhatsApp dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif

Awas! Menggunakan WhatsApp dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif | foldertips.com –  Murahnya kartu perdana serta mudahnya melakukan registrasi melalui SMS ke 4444 dengan data yang tidak valid membuat banyak pengguna di tanah air selalu bergonta-ganti nomor.

Apalagi kartu perdana dengan paket internet lebih murah harganya dibanding mengisi ulang paket internet dengan kartu yang ada.

Sayangnya lagi..

Ternyata nomor-nomor yang sudah tidak aktif tersebut, diaktifkan dan dijual kembali oleh provider dalam bentuk kartu perdana. Mungkin mereka hanya bertujuan untuk memanfaatkan nomor yang sudah tidak terpakai lagi atau ada tujuan lainnya, saya kurang tau.

Ternyata ini bisa buat masalah..!

Apa masalahnya, simak ulasan berikut..


Awas! Menggunakan WhatsApp dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif!

Awas! Menggunakan WhatsApp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif!

Jika kamu pernah menggunakan nomor untuk WhatsApp atau instant messenger lainnya yang menggunakan nomor telpon dan saat ini nomor tersebut sudah tidak aktif..

Hati-hati..!

Berbahaya..

Hal ini terjadi pada salah satu rekan kerja saya.

Jadi begini kronologisnya..

WhatsApp pada saat pertama kali diaktifkan, akan mengirimkan kode rahasia melalui SMS atau panggilan telepon ke nomor yang kamu daftarkan.

Nah..

Setelah aktif, selama aplikasi WhatsApp tersebut tidak di-uninstall atau dihapus, maka akan tetap aktif meski kamu sudah mengganti nomor yang kamu gunakan pada smartphone yang menggunakan WhatsApp tersebut.

Kemudian..

Karena nomor tersebut tidak pernah diisi pulsanya, akhirnya hangus.

Oleh provider, nomor ini diaktifkan kembali dalam bentuk kartu perdana yang kemudian dibeli oleh pelanggan baru. Pelanggan baru ini kemudian menggunakan WhatsApp dengan nomor yang pernah digunakan oleh rekan saya itu.

Akhirnya seluruh group dan kontak yang tersimpan pada akun WhatsApp rekan saya, masuk ke si pelanggan baru ini. Dengan leluasa dia bisa memposting ke group-group keluarga, group tempat bekerja dengan kata-kata kotor yang sangat tidak pantas.

Saya jadi teringat, begitu banyaknya kasus penipuan saat ini dengan modus berpura-pura sebagai teman lama, mengaku keluarga, hingga memberikan kabar bohong bahwa salah satu anggota keluarga kita mengalami kecelakaan.

Mengetahui hal demikian, akan muncul kekhawatiran bagaimana jika nomor tersebut digunakan untuk penipuan? Atau digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab dan kebetulan jatuh ke rekan atau kerabat yang masih menyimpan nomor tersebut?

Kekhawatiran lainnya bagaimana jika nomor tersebut kita gunakan sebagai data di perbankan atau kartu kredit yang banyak sekali menawarkan pinjaman dengan berbagai cara?

Bayangkan jika hal ini terjadi pada kamu?

Jadi saran saya..

Jika kamu pernah menggunakan WhatsApp dengan nomor yang sudah tidak aktif lagi, sebaiknya segera ganti nomor WhatsApp kamu dengan nomor yang baru.

Bagaimana caranya?

Ikuti panduan berikut ini..

Langkah Mengganti Nomor WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp,

Ketuk titik tiga pada ujung kanan atas WhatsApp untuk masuk ke Setelan (Settings),

Selanjutnya pilih Akun (Account) » Ganti Nomor (Change number).

Awas! Menggunakan WhatsApp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif

Selanjutnya..

Klik Lanjut (Next),

Awas! Menggunakan WhatsApp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif

Kemudian masukkan nomor telepon lama dan nomor yang baru.

Jika sudah klik Selesai (Done).

Selanjutnya tunggu SMS verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor baru. Jika nomor baru berada di HP yang sama, maka WhatsApp akan otomatis memverifikasi.

Tapi jika nomor baru terpasang pada smartphone berbeda, maka kamu harus memasukkan kode verifikasi secara manual.

Untuk memastikan proses penggantian nomor berhasil, coba masuk ke Setelan (Settings), kemudian ketuk foto profil kamu.

cara mengganti nomor whatsapp

Jika terdapat nomor baru yang telah kamu daftarkan, maka proses penggantian nomor WhatsApp berhasil.

Pertanyaan Yang Sering Muncul

#1. Apakah setelah mengganti nomor WhatsApp, akan mengeluarkan kamu dari group?

Tidak..

Jika kamu mengganti nomor WhatsApp, nomor kamu secara otomatis juga berganti pada group tersebut tanpa keluar dari group.

Tapi, setelah mengganti nomor, sebaiknya kamu memperkenalkan dirimu kembali dengan nomor baru tersebut.

#2. Apakah akan menghilangkan atau menghapus kontak?

Tidak.

WhatsApp menyimpan kontak teman-temanmu pada akun yang kamu gunakan sebelumnya. Jadi apabila kamu mengganti nomor WhatsApp, maka kontak tersebut akan ikut tersimpan pada nomor yang baru..

Selain itu..

Kontak juga disimpan pada smartphone yang kamu gunakan dan disinkronisasikan dengan akun Google kamu. Jadi jangan khawatir jika kontak kamu akan hilang.

#3. Apakah bisa mengembalikan ke nomor lama?

Bisa..

Jika kamu berubah pikiran, kamu bisa mengganti nomor WhatsApp kamu ke nomor yang lama selama nomor tersebut masih aktif.

#4. Kalau ada yang mengirim chat ke nomor lama, apakah akan masuk ke nomor baru?

Tidak.

Meskipun kamu melakukan migrasi, namun chat yang dikirim ke nomor lama tidak akan masuk ke nomor yang baru.

#5. Apakah bisa melakukan panggilan ke nomor yang lama?

Tidak bisa.

Jika ada seseorang yang melakukan panggilan WhatsApp ke nomor lama kamu, maka orang tersebut akan diarahkan melakukan panggilan biasa karena nomor tersebut sudah tidak terdaftar lagi di WhatsApp, telah diganti.

#6. Kalau saya adalah admin group, kemudian saya mengganti nomor WhatsApp, apa yang terjadi?

Tidak terjadi apa-apa.

Kamu tetap menjadi admin group namun sudah menggunakan nomor yang baru (berganti nomor).

Tidak ada salahnya bila kita memberitahukan kepada seluruh rekan atau kerabat bila hendak mengganti nomor ponsel, sehingga rekan atau kerabat dapat menghapusnya dari daftar kontak dan bila kelak nomor tersebut digunakan orang lain, maka rekan atau kerabat sudah mengetahui bahwa nomor tesebut bukan milik kita lagi dan dapat berhati-hati.

Demikian artikel Awas! Menggunakan WhatsApp dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif.

Semoga bermanfaat..!



ARTIKEL TERKAIT
About Admin 346 Articles
Pecandu IT, pencinta seni fotografi dan penikmat kopi.. :)

36 Comments

  1. Android saya tiba2 ke restart ke settingan awal, saat akan login wa ternyata nomor tidak aktif lagi dan saya tidak bisa masuk ke wa. Saya sudah ke provider dan dikatakan nomor wa sy tidak bisa digunakan lagi, bagaimana ya solusinya, saya mau ganti nomor tapi akan kehilangan grup dan contact

  2. Setelah saya mengikuti petunjuknya di bawah ini ↓
    Buka aplikasi WhatsApp,

    Ketuk titik tiga pada ujung kanan atas WhatsApp untuk masuk ke Setelan (Settings),

    Selanjutnya pilih Akun (Account) » Ganti Nomor (Change number).

    ( dapat keterangan : masukkan tidak cocok dengan akun anda nomor telepon anda masukkan tidak cocok dengan alun anda ) .

    # minta tolong bantuannya nah , saya ingin nomor hp ku yang sudah lama mati lama gak pernah di isi ,habis massa aktifnya itu gak bisa terpasang akun wa ku lagi 🙁 🙁
    Minta solusinya dan siapa tau ada cara lain bisa terpasang lagi ke akun wa ku ini nomor saya 0821 5875 0210

    Sekali lagi minta tolong bantuannya nah ..
    Please

    Terimakasih atas perhatiannya 🙂

  3. kalau no WA lama sudah terganti dengan No WA yang baru, WA yang baru sudah Aktif. lalu No Wa yang Lama Didaftarkan baru Akun WA lagi. sehingga mempunyai 2 Akun . yang lama dan yang baru..
    Apakah itu Bisa?

      • Kalau nomer lama yang sudah diganti didaftarkan WA yang baru lagi, nanti otomatis masuk grup yang lama lagi atau dihitung sebagai nomer fresh baru daftar WA gan?

          • Maksud ane nomer yg uda diganti ane pake daftar di hp lain, nanti dia otomatis masuk grup yang dulu pernah diikutin atau jadi fresh kaya nomer baru? mudeng ga gan..hehe..

  4. Hari ni saya baru sadar ternyata simcard saya udah angus, tp blm beli atau ganti nomor wa saya, saya masih barusaha untuk reaktivasi melalui cs provider simcard saya, mudah2an bisa d reaktivasi.

  5. halo kaka .
    apa benar ya nmor kita yg sudah tidak aktif lagi bisa di aktifkan kembli sama provider ??
    punya saya simcard sudah hilang dan nomornya sudah hangus, tpi nomor itu masih saya gunakan untk nmor WA smpe hari ini,,apa itu benar ya nnti bisa di aktifkan kmbli simcardnya dn dijual llu di gunkan org lain lagi ?? Saya takut nnti ad org lain yg pkai nmor saya itu .
    apa saya bisa mngaktifkan kembali ke provider atau grapari bgtu kk ??
    mohon bantuan pnjelasannya kk…
    terima kasih ..

  6. Saya mengalami seperti itu nomer wa saya sudah lana tak aktif ,tapi ini kembali aktif dan berkata tidak baik gimana solusinya?

    • Cm bs memberitahu kerabat lah mas kl nomor WA tersebut sudah digunakan orang lain.. Krn kita tidak bs berbuat apa2 lg..

  7. Kalo pake verifikasi 2 langkah itu gimana gan,, soalnya punya saya hangus,,padahal nomer utama dan dipake terus,,verifikasi kayaknya buat lock no wa biar ga bisa dipake orang lain

  8. Kasus yg sama gan no saya sdah angus tetapi masih aktif WA nya..apakah bisa di gunakan terus walaupun sdah angus no tsb(ada batasan waktu untuk kasus ini)..dan resiko yg di dapat cuma provider mengeluarkan no yg sama dan kmungkinan dipakai plnggan baru untuk Aplikasi WA?..trims..

  9. Mau tanya nih, klo sdh di ganti ke nomer yg baru, hp msh sama, apa chat2 lama msh akan tetap ada atau terhapus?

  10. Saya dulu pernah ganti nomor wa. Terus sekarang saya mau daftarkan lagi no wa yg lama. Tapi ga bisa nih, verify kodenya ga masuk, padahal nomernya masih aktif. Solusinya gimana ya?

  11. asalammualikum wrb. Min dr yang kau sebutkan diatas sekarang saya yang mengalaminya jadi gini cerita no kartu gue kan sekarang diblokir gegara tidak pernah saya isi habisitu tu wa masih aktif selang beberapa bulan ku buka wa sya eee tiba tiba no nya sudah dimili oleh orang lain. Dr yng agan sebut sy lupa belum ganti nomor jadi solusi yng pantas buat saya katanya agan itu bisa jadi sangat bahaya selain ganti nomor, ni kasusnya saya lupa ganti nomor. Tolong min bantu ane

    • kasus saya sma akaya gini.. apa benar orang tersebut dapat mengakses kontak dan group kita yang ada dinomer lama saya itu? bahaya dong ya. solusi terbaiknya apa ya..

  12. Gan.. mau nanya. Kalo kita sudah masuk menu akun dan ganti nomor lama ke nomor baru. Berarti nomor lama otomatis sudah Non-aktif ya?? Jadi gak perlu di hapus akun lama nya ya?

  13. Gan, ada tips kah, cara agar wa lama tetap aktif kembali menggunakan nomor baru di hp yg berbeda, soalnya nomor wa beserta hp nya hilang,,mohon bantuannya

  14. teman saya mengirimi saya pesan terus menerus ke nomor WA lama saya yang sudah tidak aktif dan centang 1. Apakah jika nomor itu didaftarkan WA lagi pesan tersebut akan masuk?

  15. gan mau nanya nih, klo saya punya kartu sim digunakan untuk akun wa orang lain sedangkan kartunya masih ada pada saya, bagaimana cara blokirnya akun wa itu
    jadi dia punya wa registrasinya pakai kartu aku

  16. Ane juga bro. Nomer ane xl, sudah mati (melewati masa tenggang) trus saya ke Cost Serv. Katanya untuk mrngaktifkan kembali harganya 250 ribu. Atau ikut paket data wajib selama setahun. 165rb/bulan. Saya langsung permisi aja. Itu kan pemerasan. Kita pelanggan harusnya jadi raja y? Mending ane ganti kartu provider lain aja. Gimama min?

  17. Kalau hp yg ada wa dengan no lama sdh terverikasi hilang bersama dengan nomornya, berarti tinggal minta no hp lama dengan simcard baru di gerai providernya. Apabila no hp lama hangus dan hp lama dgn wa terverikasi no lamanya hilang, maka tdk ada cara utk mengembalikannya.

  18. Assalamu’alaikum kak. Saya juga mengalami hal demikian. Tapi alhamdulillah akunnya belum dipakai oleh orang. Kira kira solusinya apa? Apa saya harus minta ke provider untuk dibuat nomor yang sama ?

  19. Kejadian saya juga sama gan, nomer wa yg saya pakai sudah nggak aktif trus ada pemberitahuan kalo nomer saya sudah tidak dapat di gunakan lagi. Setelah saya ganti nomer saya, ternyata nomer saya yg sudah tidak aktif tersebut digunakan oleh pengguna yg lain gan. Cara mengatasinya gimana gan??

Tinggalkan komentar

Pahami isi artikel sebelum bertanya. Jika tutorial ini bermanfaat atau kamu pny pengalaman berbeda, silahkan dibagikan atau tinggalkan jejak agar membantu pengunjung yang lain. Komentar yang tidak relevan dan sudah ada jawabannya di artikel tidak akan diterbitkan..


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.